Jangan Membenci Masa Lalu, Sebab Sejatinya Ia Adalah Pelajaran Berharga

Allah maha pengampun, Allah tidak pernah melihat bagaimana kamu di masa lalu, tapi Allah melihat seberapa gigih niatmu untuk memperbaiki diri

Jangan membenci masa lalu via instagram.com @aula_photography1
0 475

Tidak ada yang tahu bagaimana kehidupan kita akan berjalan menuju masa depan, semua tersirat dalam suratan takdir ilahi, tapi tugas kita adalah menerima dan menghargai apapun persembahan Allah, dan sudah sepantasnya kita terima dengan penuh syukur serta berbaik sangka. Lalu bagaimana dengan masa lalu? Adakah di masa lalu kalian keadaan yang tidak disangka-sangka terjadi dan membawa keterpurukan hingga masa sekarang kalian?

Mungkin sebagian akan berkata iya, dan sebagian lagi akan berkata tidak. Tapi untukmu yang mungkin pernah mengalami masa lalu kelam, ntah itu dalam hal yang menghinaka atau keadaan kelam lainnya. Tetap semangat melanjutkan hidup, setiap orang memiliki masa lalu, ntah itu masa lalu buruk ataupun sebaliknya. Dan apapun masa lalumu percayalah bahwa Allah selalu adil menyambut kehidupanmu yang sekarang, Dia tidak pernah menutup pintu untukmu bisa kembali kepada-Nya, maka pastikan kamu tahu dan sadar yang demikian.

Jangan Biarkan Masa Depanmu Jadi Sulit, Karena Masih Menyimpan Luka Dari Masa Lalu

Manusia? Iya lagi-lagi manusia mungkin menjadi salah satu penyebabmu tetap dalam bayang-bayang masa lalu yang menyesakkan, tapi untuk apa memikirkan manusia? Untuk apa kamu perdulikan mereka yang selalu risih dengan masa lalumu? Kenapa harus sibuk dengan penilaian mereka? Kenapa harus selalu merasa kesal ketika manusia menyinggung masa lalumu?

Ingat, hidupmu yang sekarang, masa lalumu, atau bahkan masa depanmu nanti adalah milik Allah, sedangkan manusia? Dia hanya pernak-pernik yang dikirim Allah agar kamu tahu caranya belajar banyak hal dalam menjalani apa yang harus kamu jalani dengan garis yang telah Allah persembahkan.

Belajar Mengikhlaskan Luka Dari Masa Lalu, Agar Nikmat Hari Ini Lebih Mudah Untuk Di Syukuri

Pembelajaran seperti apa? Yaitu tentang kesabaran, keikhlasan, dan bersyukur. Lalu apa hubungannya dengan manusia yang selalu saja risih dengan hidupmu? Allah menyuruhmu belajar 3 hal yang telah disebutkan diatas melalui mereka. Maka, tugasmu sekarang adalah tela’ah baik-baik apa yang telah kamu lalui di masa kemarin, kemudian kamu renungkan baik-baik sebagai alasan untukmu meng-upgrade dirimu.

Ingat, kamu masih punya masa sekarang, kamu masih punya banyak kesempatan untuk semakin memupuk dirimu menjadi lebih baik, lantas jangan hiraukan apapun menuju masa depanmu. Yakin dan percaya pada janji Allah, jika kamu mampu memperbaiki diri karena-Nya, insyaallah kebaikan demi kebaikan akan menghampiri kehidupanmu.

Sekali lagi katakan pada hatimu, Allah maha pengampun, Allah maha baik, Allah maha adil, dan Allah tidak pernah melihat bagaimana kamu di masa lalu, tapi Allah melihat seberapa gigih niatmu untuk memperbaiki diri agar lebih baik dan dekat dengan-Nya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page