5 Air Terjun dan Pemandian Alami di Sumatra Barat, Sejuk Semuanya

Air terjun dan pemandian alami di Padang, yang mana kesukaanmu?

Pemandian Alam Lubuak Paraku Padang via instagram.com @beyubaystory
0 355

Selain terkenal dengan rendangnya yang sangat lezat. Sumatra Barat juga menawarkan destinasi alam yang sangat ciamik. Terlepas dari pantainya yang sangat indah dan menjadi spot terbaik menikmati senjad di Padang. Ada juga air terjun dan pemandian alam yang sangat mudah ditemukan di tanah minang ini.

Nah, bagi kamu yang ingin menikamti udara segar sekaligus mandi di air terjun dan pemandian alami di hutan. Cobain yuk ke destinasi berikut ini.

1. Rasakan Sensasi Segaranya di Pemandian Alam Lubuak Paraku Padang

Pemandian Alam Lubuak Paraku Padang
Pemandian Alam Lubuak Paraku Padang via instagram.com @beyubaystory

Nama dari lubuak paraku ini diambil dari sumbur mata airnya yang berasal dari hulu sungai lubuak paraku. Berada di ketinggian 700 mdpl, merupakan bagian dari daerah perbukitan bukit barisan dan termasuk dalam kawasan Hutan Lindung Taman Hutan Raya Bung Hatta.

Baca Rekomendasi :   5 Kemolekan Temanggung yang Bikin Kamu Pengin Balik Lagi

2. Jembatan Akar Bayang, Sisi Lain Destinasi di Padang Sumatra Barat

Jembatan akar bayang di Pesisir Selatan ini lebih panjang dari jembatan akar yang ada di perkampungan Baduy, Banten dan jembatan akar yang ada di Jepang. 100 tahun yang lalu ini memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Jembatan Akar Bayang
Jembatan Akar Bayang via instagram.com @beyubaystory

Konon, jembatan ini dibuat oleh seorang ulama bernama Pakih Sokan bergelar Angku Ketek, untuk menghubungkan dua kampung yang dipisah oleh sungai batang bayang. Jembatan dibangun tahun 1890, tetapi baru bisa digunakan masyarakat lokal pada tahun 1916. Dengan kata lain, proses merajut akar menjadi jembatan ini membutuhkan waktu lebih lama 26 tahun.

3. Air Terjun Proklamator, Curug yang Cantik di Kaki Gunung Singgalang

Air terjun Proklamator yang berada dikawasan jorong Aia Mancua, Kenagarian Singgalang, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat, merupakan satu dari tiga air terjun yang baru ditemukan disepanjang jalur pendakian menuju gunung Tandike via jalur Mega Mendung.

Baca Rekomendasi :   Menjelajahi Sumba (Part 2), Dari Air Terjun Lapopu Sampai Bukit Ikonik Sumba
Air Terjun Proklamator
Air Terjun Proklamator Sumatra Barat via instagram.com @tomybudiarto

Diberi nama Proklamator, karena air terjun ini ditemukan pertama kali oleh Mahasiswa Pecinta Alam Proklamator, Universitas Bung Hatta, saat membuka jalur pendakian dikawasan tersebut.

4. Air Terjun Nyarai, Tempat Asyik Bersantai dan Menenangkan Diri di Padang

Air Terjun Nyarai Padang
Air Terjun Nyarai Padang via instagram.com @tomybudiarto

Air Terjun Nyarai setinggi 8 meter dan terletak di kawasan Hutan Gamaran Salibutan Lubuk Alung Cagar Alam Nasional Bukit Barisan I. Air terjun ini dikelilingi oleh pepohonan yang rindang dan bebatuan yang sangat besar.

5. Lubuak Bonta, Spot Terbaik Menenangkan Pikiran di Pariaman

Lubuak Bonta
Lubuak Bonta via instagram.com @beyubaystory

Lubuk Bonta salah satu dari 6 destinasi unggulan di Kabupaten Padang Pariaman. Air terjun ini terletak di Korong Tarok, Kenagarian Kapalo Hilalang, Kecamatan 2 X 11 Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman. Memiliki pesona alam yang tidak kalah menarik dari air terjun lainnya.

Baca Rekomendasi :   Wisata Siang Malam di Alun-Alun Kidul Yogyakarta

Nah, itulah tempat pemandian alami dan air terjun di Padang. Yang mana kesukaanmu?

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page