Tak Perlu Keluar Negeri, Ini 35 Destinasi yang Ciamik di Ranah Minang

Selain rendangnya, padang juga memberikan pengalaman traveling yang sangat menarik

Lembah Harau Sumatra Barat via instagram.com @tomybudiarto
0 350

Berbicara masalah Sumatra Barat, pasti akan teringat langsung dengan rendangnya yang sangat lezat. Sebenarnya Padang bukan hanya soal cita rasa kulinernya yang nikmat, tapi lebih dari itu. Sumatra Barat yang dipagari dengan gunung yang menjulang tinggi dan hamparan pantai yang menawan selalu menarik untuk dikunjungi.

Sumatra Barat di hiasi dengan warisan masa lalu serta keramahtamahan penduduknya menajdi daya tarik sendiri bagi pendatang. Jika wisata Jogja selalu memberikan kenangan yang manis bagi siapapun yang bertandang ke Tanah Sultan Hamengkubowono ini. Tak jauh berbeda dengan ranah minang, kamu akan selalu terngiang-ngiang dan teringat akan kenangan romantis dengan bumi andalas ini.

Nah, berikut ini Bapermulu.com memberikan referensi destinasi wisata sumatra barat yang membuatmu berkata, oh ini syurgawi yang tercipta di ranah minang.

Bagi kamu Pecinta Sunset, ada baiknya kamu 8 Spot Terbaik Menikmati Senja di Padang, Sumatra Barat. 

1. Janjang Seribu, Tempat Terbaik Berburu Senja di Bukit Tinggi

Jenjang seribu merupakan deretan anak tangga dengan jumlah seribu buah. Sehingga dalam bahasa padang di sebut sebagai Janjang yang berarti tangga. Tapi jika kamu ingin memastikan sendiri berapa sebenarnya anak tangganya silahkan hitung sendiri ya.

Janjang Seribu Bukit Tinggi
Janjang Seribu Bukit Tinggi via instagram.com @kiddrock85

2. Jembatan Siti Nurbaya, Bukti Abadi Kisah Cinta Legendaris Dari Padang

Jembatan Siti Nurbaya Padang
Jembatan Siti Nurbaya Padang via instagram.com @beyubaystory

Jembatan Siti Nurbaya merupakan salah destinasi yang wajib dikunjungi bila ke Kota Padang. Tempat ini menjadi salah satu spot favorit saya hunting foto di Kota Padang. Dari atas jembatan ini dapat melihat Kota Tua Padang dari sudut lainnya. Begitu juga dengan panorama alam yang dapat dinikmati segala waktu. Bisa melihat sunrise, sunrise atau kelap kelip lampu malam yang memberi kesan romantis.

3. Pesona Danau Maninjau, Keindahan di Ranah Minang yang Menawan

Danau Maninjau
Danau Maninjau via instagram.com @beyubaystory

Keindahan Danau Maninjau yang berada di Kabupaten Agam ini menjadi incaran para wisatawan. Panorama alam yang mempesona membuat semua orang terkagum-kagum. Tidak banyak tempat yg bisa menikmati keindahan danau Maninjau, salah satunya di Lawang Adventure Park. Spot terbaik melihat seluruh danau dari ketinggian 1250 mdpl.

4. Menyapa Senja di Pantai Nirwana, Indahnya Sungguh Memukau

Tahukah kamu bahwa salah pantai paling indah di Indonesia adalah pantai waikiri yang ada di sumba. Banyak yang bilang bahwa seorang traveler belum bisa di akui sebagai penjelajah belum melangkahkan kaki ke Sumba. Memang menjelajahi sumba sungguh sangat menakjubkan.

Pantai Nirwana Padang
Pantai Nirwana Padang via instagram.com @beyubaystory

Bagi kamu yang ingin menikmati ala-ala pantai waiikiri sumba, kamu bisa langsung datang ke Pantai Nirwana Padang, karena disana juga mempunyai spot yang mirip dengan Pantai Waikiri sumba.

5. Pantai Parkit Padang, Panggung Senja Nan Menawan di Sumbar

Pantai Parkit Padang
Pantai Parkit Padangvia instagram.com @beyubaystory

Pantai Parkit  tidak begitu ramai dikunjungi dan tidak begitu terkenal ketimbang Pantai Padang dan Pantai Air Manis. Ketenangan di pantai ini dapat menjadi pilihan untuk melepaskan penat. Masyarakat disini memanfaatkan ombak yang cukup aktif ini untuk bermain selancar. Ada juga satu tempat yang menarik untuk dikunjungi yaitu Ruang Fine Art. Tempatnya tidak jauh dari pantai dan memiliki spot-spot foto yg Instagramable.

6. Puncak Bukit Air Manis, Spot Menikmati Senja Terbaik di Padang

Puncak Bukit Air Manis
Puncak Bukit Air Manis via instagram.com @beyubaystory

Mungkin tak banyak alasan yang harus kamu buat untuk berkunjung ke Puncak Bukit Air Manis ini. Namun bagi kamu pecandu matahari tenggelam dengan gradasi yang menawan, itu sudah lebih dari cukup menjadi alasan kamu untuk mengabadikan momen paling manis di sini.

7. Melepas Senja di Pantai Muaro Lasak Padang, Sumatra Barat

Pantai Muaro Lasak Padang
Pantai Muaro Lasak Padang via instagram.com @beyubaystory

Pantai Muaro Lasak menjadi salah satu tempatnya. Disini terdapat Monumen Merpati Perdamaian dan tagline Pantai Muaro Lasak. Sambil melepas senja, dapat menikmati kuliner khasnya Langkitang Cucuik, Jagung dan Pisang Bakar atau Soto Ceker.

8. Pantai Pasir Jambak Padang, Spot Melepas Senja Terbaik di Sumbar

Pantai Pasir Jambak
Pantai Pasir Jambak via instagram.com @beyubaystory

Pantai Pasir Jambak merupakan salah satu pantai di Kota Padang yang dapat menjadi referensi untuk melihat matahari terbenam. Objek wisata berpotensi ini memiliki pantainya dengan garis pantai yang luas.  Berpasir padat dan berwarna kecoklatan dengan ombak yang cukup aktif.

Baca Rekomendasi :   Curug Sawer, Air Terjun Nan Ciamik di Kaki Gunung Pangrango

Nah, itulah destinasi yang ciamik untuk pecinta sunset, tapi aku ingin menikmati pantai di pagi hari atau siang hari. Tenang saja, ada pantai-pantai yang cocok buat kamu berenang dan menikmati waktu bersama sahabat.

9. Puncak Mandeh, Pesona Raja Ampat Ala Ranah Minang

Wisata puncak mandeh
Wisata puncak mandeh via instagram.com @eja.am

Kawasan wisata Mandeh terletak di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, dan berbatasan langsung dengan kota Padang. Puncak Mandeh terletak kurang lebih 56 Kilometer dari Kota Padang dan dapat ditempuh menggunakan mobil selama 1-2 jam perjalanan. Kawasan wisata Mandeh sendiri mempunyai area seluas kurang lebih 18.000 Ha dan meliputi 7 desa dari 3 nagari yang penduduknya bekerja sebagai nelayan, beternak, dan bertani.

10. Pantai Muaro Padang, Destinasi Religi Sambil Mantai di Padang

Pantai Muaro Padang
Pantai Muaro Padangvia instagram.com @beyubaystory

Pantai Muaro Padang tidak begitu landai, berpasir kecoklatan dan dengan ombak yang cukup aktif. Dari sini akan terlihat hilir mudik kapal-kapal nelayan dan penumpang dari dan menuju kepulauan Mentawai.

11. Pasumpahan Island, Destinasi Paling Ciamik di Padang

Pulau Pasumpahan
Pulau Pasumpahan via instagram.com @adventure_sumbar

Pulau Pasumpahan terletak di kecamatan Bungus, Teluk Kabung. Oleh karena itu lebih mudah mengunjunginya melalui Teluk Bungus, Padang dan hanya berjarak sekitar 200 meter dari Pulau Sikuai. Taukah kamu bahwasanya Pulau Pasumpahan, Pulau Pagang, Pulau Sikuai, Pulau Pamutusan dan masih banyak pulau-pulau lainnya disekitar masuk dalam kawasan Pulau Mandeh.

Puas dengan wisata pantai dengan segala keindahannya, saatnya kamu mencari udara yang sejuk dan segar sambil bisa bermain air dengan puas. Apalagi jika buka air terjun dan pemandian alami di sumatra barat.

Nah, berikut ini 5 Air Terjun dan Pemandian Alami di Sumatra Barat, Sejuk Semuanya

12. Rasakan Sensasi Segaranya di Pemandian Alam Lubuak Paraku Padang

Pemandian Alam Lubuak Paraku Padang
Pemandian Alam Lubuak Paraku Padang via instagram.com @beyubaystory

Nama dari lubuak paraku ini diambil dari sumbur mata airnya yang berasal dari hulu sungai lubuak paraku. Berada di ketinggian 700 mdpl, merupakan bagian dari daerah perbukitan bukit barisan dan termasuk dalam kawasan Hutan Lindung Taman Hutan Raya Bung Hatta.

13. Jembatan Akar Bayang, Sisi Lain Destinasi di Padang Sumatra Barat

Jembatan Akar Bayang
Jembatan Akar Bayang via instagram.com @beyubaystory

Jembatan akar bayang di Pesisir Selatan ini lebih panjang dari jembatan akar yang ada di perkampungan Baduy, Banten dan jembatan akar yang ada di Jepang. 100 tahun yang lalu ini memiliki nilai sejarah yang tinggi.

14. Air Terjun Proklamator, Curug yang Cantik di Kaki Gunung Singgalang

Air Terjun Proklamator
Air Terjun Proklamator Sumatra Barat via instagram.com @tomybudiarto

Air terjun Proklamator yang berada dikawasan jorong Aia Mancua, Kenagarian Singgalang, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat, merupakan satu dari tiga air terjun yang baru ditemukan disepanjang jalur pendakian menuju gunung Tandike via jalur Mega Mendung.

16. Air Terjun Nyarai, Tempat Asyik Bersantai dan Menenangkan Diri di Padang

Air Terjun Nyarai Padang
Air Terjun Nyarai Padang via instagram.com @tomybudiarto

Air Terjun Nyarai setinggi 8 meter dan terletak di kawasan Hutan Gamaran Salibutan Lubuk Alung Cagar Alam Nasional Bukit Barisan I. Air terjun ini dikelilingi oleh pepohonan yang rindang dan bebatuan yang sangat besar.

5. Lubuak Bonta, Spot Terbaik Menenangkan Pikiran di Pariaman

Lubuak Bonta
Lubuak Bonta via instagram.com @beyubaystory

Lubuk Bonta salah satu dari 6 destinasi unggulan di Kabupaten Padang Pariaman. Air terjun ini terletak di Korong Tarok, Kenagarian Kapalo Hilalang, Kecamatan 2 X 11 Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman. Memiliki pesona alam yang tidak kalah menarik dari air terjun lainnya.

Ah rasanya masih pengen menikmati wisata barat ini. Tenang saja lah, karena masih ada Destinasi Sumatra Barat bagi kamu pecinta sejarah dan budaya. Jangan sampai kelewatan ya!

17. Istana Rakyat Selaras Alam, Tempat Asyik Menenangkan Diri di Sumbar

Istana Rakyat Selaras Alam
Istana Rakyat Selaras Alam via instagram.com @kiddrock85

Istana Rakyat Selaras Alam merupakan area atau kawasan yang dibangun oleh masyarakat Dusun Paniang Paniang Kenagarian Lasi Tuo, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam. Semula, kawasan ini digunakan sebagai tempat beristirahat masyarakat Paniang Paniang setelah lelah beraktivitas seharian.

18. Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau Nan Mempesona

Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau
Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau via instagram.com @beyubaystory

Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM) merupakan salah satu museum di Sumatra Barat yang menampilkan banyak informasi seputar Minangkabau. PDKIM ini berlokasi di Kota Padang Panjang, salah satu kota terdingin di Indonesia. Letaknya dekat jalan Lintas Padang-Bukittinggi, sekitar 1 jam dari Kota Padang.

Baca Rekomendasi :   Keindahan Desa Mbuang-Mbuang, Desa Nan Indah yang Jarang Di Ekspose

19. Mengintip Keindahan Kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG) Solok

Kawasan Saribu Rumah Gadang
Kawasan Saribu Rumah Gadang via instagram.com @beyubaystory

Saribu Rumah Gadang  (SRG) yang saat ini menjadi ikon pariwisata Solok Selatan, mulai populer di kancah nasional sejak sepuluh tahun terakhir. Puncaknya, pada tahun 2017, kawasan SRG mendapat prediket sebagai “Kampung Adat Terpopuler” hasil penilaian Kementerian Pariwisata. Dan, pada Ferbuari 2018, saat puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di Padang.

20. Istano Tuanku Rajo Bagindo Balun, Istanan Nan Ciamik di Solok, Padang

istano rajo balun solok
istano rajo balun solok via instagram.com @beyubaystory

Banyak yang tidak menyetahui bila Kabupaten Solok Selatan memiliki sebuah kerajaan yang dipimpin oleh 4 raja sekaligus dengan fungsi dan tugasnya masing-masing. Salah satunya Raja Tuanku Rajo Bagindo. Raja ini berasal dari Suku Kampai 24 yang berfungsi sebagai Rajo Adat yang berwenang dalam menangani urusan adat, ekonomi, danTambo Alam.

21. Jelajah Kota Tua Padang, Ini Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan

Kota Tua Padang
Kota Tua Padang via instagram.com @beyubaystory

Seperti Jakarta dan Semarang, Padang juga memiliki kawasan Kota Tua yang menarik untuk dikunjungi. Selain melihat-lihat bangunan tua yang bersejarah di sini, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru.

22. Wisata Sejarah dan Misteri di Lubang Mbah Soero Sawahlunto

Lubang Mbah Soero Sawahlunto
Lubang Mbah Soero Sawahlunto via instagram.com @beyubaystory

Lubang Mbah Soero memanjang di bawah kota Sawahlunto sejauh 1,5km. Akan tetapi, lubang yang berada di kedalaman 15 meter dari permukaan tanah ini baru dipugar sepanjang 186 meter. Bagian tersebut telah dilengkapi dengan saluran udara dan aliran air serta lampu untuk kenyamanan pengunjung. Sebelum turun ke lubang, pengunjung akan dibekali dengan helm dan sepatu, serta pemandu yang akan bercerita banyak tentang lubang legendaris tersebut.

23. Istano Paraguyung, Destinasi Apik Dibalut Nuansa Alam dan Budaya di Minang

Istana Paraguyung
Istana Paraguyung via instagram.com @vinayulizaoktaviana

Istana Pagaruyung terletak di Nagari Pagaruyung, Kecamatan Tanjung Emas, Kabupaten Tanah Datar, dan 108 kilometer dari Ibu kota Sumatera Barat, Padang. Sedangkan dari pusat kota Batusangkar  sebagai ibukota Kabupaten Tanah Datar lebih kurang sekitar 5 kilometer. Jika Anda melewati jalur Bukittinggi akan melewati Baso dengan jarak sekitar 45 Kilometer, jarak dari kota Payakumbuh sekitar 40 Kilometer dan dari kota Solok berjarak 55 Kilometer.

Sumatra Barat juga menyimpan segudang destinasi yang sangat sejuk dengan pemandangan lascape yang menarik. Ini daftarnya.

24. Kebun Teh Danau Kembar, Perpaduan Teh dan Danau di Tanah Minang

Kebun Teh Danau Kembar
Kebun Teh Danau Kembar via instagram.com @thio.rades

Kebun teh danau kembar terletak di Alahan Panjang Kabupaten Solok Sumatera Barat, memberikan panorama yang indah seperti hamparan belundru yang membentang luas menghijau.

25. Menikmati Keindahan Puncak Gagoan di Solok, Padang

Puncak gagoan Solok
Puncak gagoan Solok via instagram.com @beyubaystory

Tenang saja, karena ada Puncak Gagoan di Solok yang bisa kamu sambangi dengan penuh perjuangan. Jiwa petualangmu akan terbayar tuntas jika berkunjung ke Puncak Gagoan ini. Puncak Gagoan memiliki landskap alam menawan. Suasana pepohanan yang rimbun dan view danau Singkarak menjadi pemikatnya.

26. Padang Mangateh, New Zealand yang Tersesat di Ranah Minang

Padang Mangateh
Padang Mangateh via instagram @kiddrock85

Padang Mangateh adalah sebuah daerah peternakan yang terletak di Mungo, Luak, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Jaraknya dari Kota Padang lebih kurang 136 km dan dari Kota Payakumbuh sekitar 12 km. Daerah ini menjadi terkenal lantaran pemandangan padang rumputnya yang mirip dengan peternakan padang rumput di Selandia Baru. Peternakan ini secara resmi dikelola oleh Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT) Padang Mengatas di bawah Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

27. Pesona Tebing dan Air Terjun Lembah Harau, Taman Wisata Alam Kelas Dunia di Sumatera Barat

Lembah Harau Sumatra Barat
Lembah Harau Sumatra Barat via instagram.com @tomybudiarto

Lembah Harau merupakan cagar alam di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Lembah Harau saat ini berstatus taman wisata dengan luas 27,5 hektare, berada di kawasan cagar alam dengan luas 298 hektare.

28. Lembah Taruko, Surga Tersembunyi di Ngrai Sianok Sumatra Barat

Lembah Tarako Padang
Lembah Tarako via instagram.com @tomybudiarto

Lembah Taruko sendiri merupakan area yang seolah dikepung bukit-bukit besar. Meski begitu, tak bisa dipungkiri jika deretan bukit-bukit tersebut tetap terlihat memesona dari bawah. Di Lembah Taruko, kamu juga bisa menemukan sungai yang bernama Sungai Taruko. Sungai ini cukup dangkal dan tenang, sehingga dapat dipakai wisatawan untuk menyejukkan diri barang sejenak dan bermain air.

Baca Rekomendasi :   Gunung Kawi, Gunung Dengan Keindahan yang Luar Biasa

Aduh, ternyata destinasi sumatara barat memang tak ada habisnya. Simak Yuk Danau-Danau di Sumatra Barat Berikut Ini.

29. Danau Tarusan Kamang, Danau Nun Eksotis di Sumatra Barat

Danau Tarusan Kamang
Danau Tarusan Kamang via instagram.com @harrysulistio

Danau Tarusan Kamang ini terbilang unik karena menurut warga air danau bisa datang dan pergi tak kenal waktu. Bila di telaga tak ada air, yang tinggal hanya berupa padang rumput hijau. Tak diketahui kapan air akan susut atau naik. Saat musim panas pun air bisa tinggi, lalu menyusut tanpa diketahui mengalir ke mana.

30. Menikmati Keindahan Danau Talang, Telaga Sunyi di Ketinggian

Danau Talang
Danau Talang via instagram.com @mad_try

Danau Talang namanya, sebuah destinasi cantik nan tersembunyi di Nagari Aia Batumbuk, Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok, Sumatera Barat yang menawakan panorama yang sangat indah baik di pagi hari maupun sore hari. Meskipun tempatnya tidak terlalu luas, perairan di Danau Talang terlihat begitu tenang. Selain itu lokasinya dikelilingi bukit hingga suasana sekitarnya terasa sangat nyaman.

31. Danau Biru Sawahlunto, Danau Ciamik Di Bumi Andalas yang Memukau

Danau Biru Sawahlunto
Danau Biru Sawahlunto via instagram.com @berly.caniago

Seperti di kutip dari kenasih.com, Akses menuju Danau Biru Sawahlunto ini berupa jalan terjal dan berbukitan yang berliku-liku. Danau yang berlokasi di Parambahan Kecamatan Talawi ini berjarak sekitar 13 kilometer dari pusat kota Sawahlunto, menuju ke arah Istana Pagaruyung yang berada di Kabupaten Tanah Datar. Pintu masuk menuju danau biru adalah Simpang Napa, Desa Tumpuak Tangah, kecamatan Talawi.

32. Menjenguk Indahnya Panorama Danau Diateh di Solok

Danau Diateh
Danau Diateh via instagram.com @beyubaystory

Danau Diateh berada di pinggir jalan lintas Sumatera Barat – Muaralabuh, Solok. Dari Kota Padang, arahkan kendaraan ke selatan menuju ke kawasan Sitinjau Laut. Di jalur ini kamu akan melalui PT Semen Padang, pabrik semen tertua dan terbesar di Indonesia.

Bagi Kamu Pecinta Olahraga Esktreme Atau Pendakian, Sumatra Barat Juga Memilihmu Untuk Bertandang Kesana ya!

33. Olahraga Ekstrem dan Mencicipi Kuliner Istimewa di Ngarai Sianok

Olahraga di ngarai sianok
Olahraga di ngarai sianok via jogiesuaduon.co

Di samping dikenal sebagai kawasan wisata alam, Ngarai Sianok juga merupakan tujuan bagi penggemar olahraga ekstrem seperti arung jeram, kayak, kano, sepeda gunung, dan trekking. Kamu juga bisa berjalan-jalan di kawasan Taman Panorama, Gua Jepang, Rumah Rumput, dan Janjang Koto Gadang.

34. Pesona Gunung Talang, Gunung Berapi di Solok yang Punya Danau Eksotis

Gunung Talang
Gunung Talang via instagram.com @maulana.m.ibrahim19

Pendakian ke puncak Gunung Talang dapat dilakukan dari dua jalur yaitu jalur Batu Bajanjang dan Air Batumbuk. Jalur yang paling banyak diakses yaitu Air Batumbuk, sekitar 3 jam perjalanan ke timur dari Kota Padang. Jalur ini merupakan jalur paling populer dan paling mudah ditemukan, juga selalu ada penjaga yang dapat menjaga kendaraan di sekitar basecamp.

Terakhir, jika kamu seorang muslim. Tak ada salahnya kamu melipir ke wisata masjid raya padang atau masjid lainnya.

35. Masjid Baiturrahmah, Salah Satu Tempat Wisata Religi di Padang

Masjid Baiturrahmah
Masjid Baiturrahmah via via instagram.com @beyubaystory

Masjid Baiturrahmah ini berada di Universitas Baiturrahmah di kawasan By Pass, Aie Pacah, Kota Padang. Masjid ini memiliki gaya arsitektur Timur Tengah. Masjid ini sebenarnya berwarna putih. Namun pengelola mendesaian pencahayaan berwarna hijau pada malam hari. Sehingga tampak megah dan indah. Masjid ini juga tampak asri. Ada tarian air mancur di bagian depan masjid. Interior masjid pun terlihat mewah. Ukiran kaligrafi terlihat menghiasi setiap sudut masjid ini.

Sebenarnya masih banyak lagi destinasi di sumatra barat yang sangat mengangumkan. Tapi diantara sekian banyak, destinasi wisata yang kami paparkan tersebut sungguh menawan loh. Jadi kapan traveling ke Sumatra Barat?

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page