Kenali Bahasa Tubuh Sederhana yang Bisa Membantumu Membaca Pikiran Orang Lain!

Berikut adalah beberapa bahasa tubuh sederhana yang dapat membantumu untuk mengerti apa yang orang lain pikirkan.

Bahasa Tubuh via unsplash.com
0 503

Bahasa tubuh adalah respon alami yang dikeluarkan oleh tubuh ketika kita sedang memikirkan sesuatu. Biasanya kita tidak dapat mengontrol bahasa tubuh yang keluar dari dalam diri kita karena bersifat spontan dan tidak bisa dikendalikan.

Bahasa tubuh umumnya dapat keluar karena kondisi sesuatu tertentu yang dihadapkan pada kita. Berikut adalah beberapa bahasa tubuh sederhana yang dapat membantumu untuk mengerti apa yang orang lain pikirkan.

1. Mengangkat Alis

Jika lawan bicara kamu menangkat alisnya maka tandanya dia sedang terkejut mendengarkan apa yang telah kamu ucapkan. Jika dia menangkat alis lebih tinggi maka ada tanda-tanda bahwa dia tertarik dengan apa yang kamu sampaikan.

Umumnya, orang akan mengangkat alisnya pada sesuatu yang benar-benar membuatnya tertarik. Nah, jika pria yang tengah Anda incar seringkali menunjukkan ekspresi mengangkat alis ketika tengah berhadapan dengan Anda, berbahagialah! Karena itu artinya si dia memiliki rasa ketertarikan lebih pada Anda.

2. Mengerutkan Alis

Jika dia mengerutkan alis dan ditengah-tengahnya ada kerutan vertikal maka tandanya dia sedang marah padamu.

3. Tatapan ke sudut kanan atas

Jika tatapannya sedang mengarah ke sudut kanan atas bisa jadi dia sedang mengarang mengenai sesuatu yang sedang dia ucapkan padamu. Sehingga dia sedang mencari formula yang tepat untuk berbohong. Nah, jika orang-orang disekitarmu menunjukkan bahasa tubuh seperti itu, jangan langsung percaya ya.

4. Tatapan ke sudut kiri atas

Nah kali ini berbeda. Jika tatapan matanya sedang mengarah ke sudut kiri atas maka dia sedang berusaha mengingat sesuatu dan apa yang ingin dia sampaikan tidak ingin terlewat maka dari itu dia  berusaha mengingat sehingga dapat memberitahukan atau menceritakan sedetail mungkin berdasarkan ingatannya pada saat itu.

5. Tatapan ke bawah

Tatapan kebawah disertai gerakan kepala yang juga menunduk maka menandakan dia kurang memiliki percaya diri dalam menghadapi sesuatu, gugup, atau bisa juga merasa bersalah.

Gerakan ini merupakan isyarat untuk Anda berbicara dengan lebih lemah lembut. Biasanya hal ini sering kali dilakukan oleh anak kecil untuk mencari respons orang tuanya. Jika seseorang melakukan hal ini, maka kemungkinan besar ia sedang mencari empati Anda. Maka, bersikaplah lebih lembut padanya.

6. Kontak mata dengan lawan jenis

Kontak mata dengan lawan jenis selama 7-10 detik itu adalah hal normal yang dilakukan oleh sebagian orang. Namun jika dia tidak berkedip maka kita diharuskan untuk berpikir jernih terlebih dahulu sebelum mempercayai ucapannya. Jika matanya tertutup, maka dia bisa jadi sedang melindungi dirinya darimu. Itu berarti dia tidak ingin melihatmu atau berbicara denganmu pada saat itu.

7. Kedua ujung bibir tertarik kebawah

Cobalah berusaha untuk peka, ketika ada orang yang kedua ujung bibirnya tertarik kebawah berarti dia sedang mengalami kesedihan atau sedang sedih. Beberapa orang akan menyangkal bahwa itu adalah kesedihan namun bahasa tubuh terkadang tidak bisa dibuat-buat dan tidak bisa berbohong meskipun dia menyangkal namun kenyataannya adalah dia sedang bersedih.

8. Menggigit bibir

Jika ada seseorang yang menggigit bibirnya, maka dia sedang merasa cemas dan ingin menyelamatkan diri dari situasi tersebut. Bahkan beberapa orang bisa saja saat itu sedang merasa tertekan.

Menurut psikolog Carol Kinsey Goman, bahasa tubuh ini menunjukkan kalau kita sedang merasakan tekanan atau merasa canggung. Perilaku menggigit bibir ini kita lakukan sebagai bentuk menenangkan diri sendiri.

9. Menggigit benda selama percakapan

Jika dalam sebuah percakapan, seseorang menggigit benda seperti bingkai kacamata maka dia sedang mencari rasa aman. Bisa jadi karena ucapan kalian membuatnya merasa terganggu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page