Daripada Dikirain Sombong, Coba Cek Telingamu. Jangan-Jangan Ada Penyakitnya!

Jadi kamu harus sering cek telingamu ya!

Coba cek telingamu via unsplash.com/@powerdigitalmarketing
0 383

Ketika kamu mengobrol dengan seseorang, kadang kamu kelihatan kurang fokus atau tak merespon obrolan tersebut. Bahkan kadang orang lain mulia mengira bahwa kamu adalah orang yang sombong. Sebenarnya kamu tak berniat untuk sombong, hanya saja mungkin ada yang salah dengan pendengaranmu. Lagian kamu sadar betul bahwa tak perlu sombong dengan yang kamu miliki, itu hanyalah titipan Allah.

Nah, daripada kamu masih dianggap orang sombong. Coba lah sesekali mengecek pendengaranmu. Atau jangan-jangan ada yang tidak beres dengan telingamu. Tak perlu khawatir, karena sekarang sudah banyak klinik atau bahkan konsultasi online dengan dokter yang sudah ada di beberapa aplikasi.

Karena kamu sadar betul bahwa kesehatan itu penting, tak ada salahnya kamu juga mengetahui jenis-jenis penyakit yang ada di bagian-bagian telinga. Mulai dari gendang telinga sampai dengan gambar telinga lainnya. Simak yuk!

1. Selain Menyebabkan Gatal dan Bau, Penumpukan Kotoran Telinga Juga Ternyata Berbahaya.

Baca Rekomendasi :   Konsumsi Buah-buahan Ini Biar Kamu Gak Kelamaan Jomblo

Siapa yang tidak pernah mengorek telinga untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang ada di telinga. Meski ada yang bilang, jangan terlalu sering membersihkan kotoran telinga dengan cutton bud karena bisa merusak bagian telinga lainnya jika salah.

Kotoran telinga atau biasa disebut serumen adalah zat lilin yang secara alami dihasilkan oleh kelenjar khusus di bagian luar telinga. Zat lilin ini berguna untuk mencegah debu dan partikel kecil lain masuk ke dalam telinga. Normalnya, kotoran telinga akan mengering dan keluar dari telinga dengan sendirinya. Namun, terkadang kotoran telinga justru menumpuk dan menyumbat saluran telinga.

2. Terlalu Sering Naik Pesawat Juga Ternyata Bisa Mengakibatkan Penyakit Telinga yang Disebut Dengan Barotrauma.

Bagi kamu yang suka traveling ke berbagai kota di Indonesia pasti kamu sering naik pesawat. Misalnya saja, ketika kamu ingin menikmati wisata sumatra barat. Tentu saja jika kamu dari Jakarta menggunakan jalur udara untuk menghemat waktu. Iya maksut saya pasti kamu memilih dengan naik pesawat.

Baca Rekomendasi :   Jangan Lewatkan Mengkonsumsi Buah-buahan Ini Agar Bisa Membuat Senyum Kamu Semakin Indah

Nah, Barotrauma adalah kerusakan jaringan pada telinga akibat dari tekanan dalam tubuh dan tekanan udara atau keadaan di sekitarnya. Barotrauma sering terjadi saat melakukan perjalanan dengan pesawat atau saat berenang.

3. Lumayan Sering Terjadi Jika Tak Pandai Merawat Telinga, yaitu Insfeksi Telinga.

Selain kotoran yang menumpuk pada telinga, salah satu yang sering terjadi pada telinga adlah insfeksi telinga. Ini merupakan jenis penyakit telinga yang paling umum terjadi, setiap bagian telinga bisa mengalami infeksi, mulai dari telinga luar, tengah, dan telinga dalam.

Sebenarnya insfeksi telinga bisa terjadi karena berbagai hal. Seperti yang disebabkan oleh kuman, bakteri dan virus. Insfeksi telinga sendiri terdiri dari beberapa jenis, tergantung bagian telinga mana yang kena dan tentu saja cara mengobatinya juga berbeda-beda.

Pada umumnya infeksi telinga bisa terjadi pada bagian luar (insfeksi telinga bagian luar – Otitis Externa) dan Infeksi Telinga Tengah (Otitis Media).

Baca Rekomendasi :   Buah-buahan Ini Cocok Bagi Pacar Kamu yang Suka Marah-Marah

4. Kanker Telinga.

Kanker salah satu penyakit yang sangat ditakuti bahkan bisa menjadi pembunuh yang berbahaya. Tak jarang kita mendengar bagaimana ganasnya penyakit kanker ini. Banyak kisah pilu dan haru tentang perjuangan melawan kanker. Nah, ternyata telinga juga bisa mengalami kanker loh.

Kanker telinga biasanya terjadi pada kulit bagian luar telinga. Kanker telinga dapat juga bisa tumbuh di telinga bagian dalam, tapi ini sangat jarang terjadi. Jika kamu masih membutuhkan penjelasan tentang penyakit telinga, kamu bisa langsung konsultasi ke dokter-dokter yang ada di halodoc.

Kamu bisa langsung download aplikasinya melalui smarphone kesayangmu. Oh iya, sebagai informasi bagi kamu. Di halodoc ada banyak menu yang bisa menjawab semua kebutuhan kesahatan kamu. Mulai dari konsultasi sama dokter melalui tanya dokter, beli obat, cari dokter dan lain sebagainya.

Nah, itulah beberapa jenis penyakit yang bisa terjadi di telinga. Jadi tetap jaga kesehatan ya!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page