Jangan Mengeluh Terus, Ingat Tuhan Tak Suka Dengan Orang yang Mengeluh

Jangan mengeluh terus karena tak ada gunanya, lebih baik kamu bersyukur bukan?

Desa sidomukti luwu utara via instagram.com @qang.jaka
0 391

Salah satu sifat yang tidak baik untuk dirimu dan orang lain adalah mengeluh. Tak ada gunanya kamu mengeluh terus karena hanya membuat pikiranmu semakin kacau balau. Lagian dengan mengeluh pun tak akan mengurangi beban yang kamu hadapi. Jadi bukankah lebih baik kamu bersyukur?

Hampir semua orang memang pernah merasakannya. Kadang mengeluh juga membuat diri ini menjadi malas untuk berbuat sesuatu. Bukan hanya malas, kadang kita juga merasakan kurangnya bersyukur, kurang bersyukur atas apa yang telah diberikan oleh Allah SWT, jadinya saling menyalahkan siapapun. Daripada kamu semakin terpuruk karena sering mengeluh, cobalah lakukan hal produktif bersama sahabat.

Bukan cuma itu tapi kamu juga jadi merasakan bebannya hidup dalam menghadapi ujian.

Hidup ini memang butuh banget yang namanya perjuangan, jika hanya berdiam diri saja tanpa melakukan sesuatu sampai kapanpun kamu akan terus mengeluh, dan ujung-ujungnya malah menyalahkan keadaan.

Satu hal yang harus kamu ketahui, bawha menyalahkan keadaan tak akan membuat masalahmu selesai. Jadi cobalah menyelesaikan masalahmu dengan kepala dingin. Atau tanyakan pada dirimu sendiri, sudah seberapa sering kamu bersyukur? Karena bisa jadi kamu mengeluh terus karena rasa syukurmu yang menipis dan bahkan kurang.

Mencoba untuk melangkah dan maju itu hal yang bisa dilakukan, meskipun awalnya sulit, tapi apa salahnya jika mau mencoba.

Kadang merasa mengeluh membuat jadi malas untuk berbuat sesuatu, membuat jadi tak bersemangat dalam melakukan aktivitas, membuat jadi gagal fokus dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Dan menaruh semua beban tersebut kedalam pikiranmu, itu hanya akan mempersulit dirimu dalam melakukan apapun.

Jika kamu benar-benar sedang berada difase bawah banget, jangan sampai kamu mengeluh. Cobalah untuk selalu bersabar, setiap ujian yang sedang kamu hadapi ini pasti akan ada hasil yang memuaskan jika kamu bisa melewati rintangannya. Tak usah menyalahkan sekitar, cukup kamu memperbaiki dan koreksi dirimu itu adalah hal yang harus kamu lakukan.

Yakinlah bahwa setiap ujian yang sedang kamu hadapi ini pasti semua untuk menjadikan dirimu menjadi lebih baik lagi, bukan untuk ingin menjatuhkanmu.

Allah SWT memberikan ujian kepadamu hanya ingin tahu seberapa kamu kuat dalam menghadapinya, seberapa kamu sanggup dalam melewatinya, dan seberapa kamu mau mencoba lagi ketika diberi ujian.

Bersabar memang saja sangatlah sulit untuk dilakukan, tapi jika kamu selalu menanamkan kesabaran itu pada dirimu, pasti kesabaran itu akan selalu ada didalam dirimu. Seberapapun berat ujiannya, seberapapun besar cobaannya, kamu akan selalu terus bersyukur. Bersyukur masih ada orang yang ujiannya lebih berat darimu, bersyukur ada orang yang tak bisa menjadi sepertimu, dan bersyukur jika kamu bisa melewati semua ujiannya.

Dengan cara kamu selalu bersyukur kamu jadi merasakan arti kesabaran dalam cobaan hidup yang kamu rasakan.

Kamu jadi merasakan betapa tenteramnya hidupmu, betapa damainya hatimu. Jika ujian selalu datang menghampirimu tetaplah untuk selalu tersenyum dan selalu berpikir positif. Selalu percaya bahwa di setiap kesulitan pasti ada kemudahan, semangat terus ya dalam menjalani hidup.

Kamu adalah kamu, kamu adalah yang terbaik dalam hidupmu, kamu adalah contoh terbesar untuk orang lain. Jadikan semua yang sedang kamu hadapi ini adalah pelajaran dalam hidupmu. Walaupun kadang sulit untuk menerima cobaan ini, tapi apa salahnya jika kamu mau mencoba untuk menghadapinya, semoga bermanfaat ya untuk kalian semua. Aamiin.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page