Liburan Asyik dan Anti Mainstream di Pantai Nglambor, Yuk!

Mulai snorkling sampai camping, semua bisa kamu lakukan di pantai Nglambor Yogayakrta.

Pantai Nglambor via instagram.com @pantai_nglambor
0 345

Gunung Kidul sudah lama dikenal sebagai kabupaten yang memiliki potensi wisata alam terbaik di Yogyakarta. Kalau kamu mencari destinasi wisata pantai, Gunung Kidul memiliki banyak pilihan pantai yang menarik.

Namun, salah satu rekomendasi tempat wisata pantai paling anti mainstream di Gunung Kidul adalah Pantai Nglambor. Kira-kira apa saja yang ditawarkan oleh pantai yang terlindungi dua batu karang raksasa ini?

Pesona dan aktivitas seru yang bisa dicoba di Pantai Nglambor

Pantai Nglambor merupakan destinasi wisata andalan Yogya yang berada di Desa Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul. Kalau mau ke sana bersama kawan-kawan, kamu bisa memilih sewa kendaraan pribadi. Pasalnya, akses transportasi umum menuju ke Gunung Kidul masih terbatas dengan medan yang cukup sulit.

Setelah membayar tiket masuk 5 ribu rupiah di pos retribusi Pantai Siung, kamu bisa menyusuri jalanan kurang lebar menuju ke lokasi wisata. Jalan yang agak sempit tidak cukup dilewati oleh bus atau mobil pribadi sehingga kamu bisa memakai kendaraan roda dua. Tenang saja, ada ojek yang akan menawarkan jasa mengantarkan kamu ke tempat wisata atau pilih jalan kaki saja. Capek? Duh, rasa lelah kamu bakal terbayar begitu tiba di pantai, kok.

Berikut aktivitas seru yang akan menebus semua perjalanan lelah kamu selama 2-3 jam dari pusat Yogya.

1. Snorkeling

Aktivitas paling dinanti banyak turis di Nglambor adalah snorkeling. Ya, kamu bisa menyewa alat snorkeling 50 ribu saja untuk menikmati keindahan alam bawah laut. Kamu bisa mengikuti instruksi dari guide agar bisa leluasa menikmati keindahan biota laut tanpa harus merusak keberadaan terumbu karang di Nglambor. Selama kamu mengikuti arahan dan berenang di batas aman, ombak pelan Pantai Nglambor sanggup memberikan sensasi tersendiri selama aktivitas snorkeling.

Pantai Nglambor
Pantai Nglambor via instagram.com @pantai_nglambor

Jangan lewatkan untuk mengabadikan aktivitas snorkeling kamu dengan foto underwater yang keren. Paket snorkeling menawarkan layanan jasa foto underwater untuk kamu yang tidak membawa kamera underwater. Kedengarannya seru dan menyenangkan, ya?

Baca Rekomendasi :   Grojogan Lepo Dlingo, Air Terjun Tersembunyi di Mangunan Jogjakarta

2. Berjemur dan berenang

Pantai di Gunung Kidul identik dengan ciri pasir putih yang eksotis. Kamu bisa puas bermain pasir atau sekadar menikmati waktu santai dengan berjemur. Suasana angin semilir khas pantai akan semakin membuat kamu ingin berlama-lama di sini. Kalau mau berenang, sebaiknya kamu tetap mengutamakan keselamatan diri sendiri, ya!

3. Menyusuri keindahan pantai

Berjalan-jalan di sekitar Pantai Nglambor bisa menghilangkan semua penat akibat rutinitas harian. Kalau kamu bergerak terus ke timur, bakal tiba di Pantai Wedi Ombo sedangkan arah barat akan membawa kamu menuju ke Pantai Jogan, Pantai Ngetun dan Pantai Timang. Namun, kamu harus tahu bahwa stamina fisik harus prima sebab ada perbukitan menjulang yang harus dilewati.

Baca Rekomendasi :   Melihat Eksotisme Kebun Bunga Matahari Pantai Samas yang Berpadu dengan Lautan

Menikmati keindahan di Nglambor tidak cukup berada di bibir pantai saja, kamu wajib mencoba ke pulau dengan melewati jembatan penyeberangan. Panorama alam yang luar biasa dari ketinggian akan membuat kamu jatuh cinta. Keindahan tebing-tebing di sekitar pantai menjadi daya tarik tersendiri.

4. Trekking bukit

Seperti yang banyak diulas oleh wisatawan lain mengenai keindahan Nglambor, lokasi wisata ini diapit oleh dua bukit raksasa yaitu Watu Kalong dan Watu Kuntul. Kamu harus memiliki persiapan fisik dan mental sebelum menjelajah lebih jauh. Trekking bukit di sekitar Nglambor membutuhkan tenaga ekstra. Semua lelah dan perjuangan kamu bakal terbayar lunas saat menyaksikan keindahan matahari terbenam dari atas bukit. Percayalah momen sunset akan membuat kamu lupa segalanya.

Eh, jangan lupa untuk selalu waspada mengingat beberapa kera ekor panjang bakal menemani sore kamu di atas bukit. Jangan terlalu banyak membawa makanan sebab mereka akan selalu mengekor keberadaanmu.

Hal penting yang wajib diperhatikan sebelum liburan ke Pantai Nglambor

Selain menyiapkan kendaraan pribadi, kamu juga harus tahu mengenai beberapa hal penting sebelum liburan ke Nglambor. Selalu ketahui informasi cuaca sebelum pergi ke area pantai agar kamu bisa meminimalisir risiko pantai dalam kondisi gelombang tinggi. Jika air surut, aktivitas snorkeling juga tidak bisa dilakukan. Waktu terbaik untuk menikmati keindahan Pantai Nglambor sekitar pukul 6 sampai 10 pagi atau jelang pukul 4 untuk kamu yang berburu fenomena sunset.

Soal fasilitas, Pantai Nglambor telah dikelola dengan baik sehingga kamu bisa menemukan tempat ibadah, toilet dan tempat menikmati kuliner khas laut. Kalau kamu sedang beruntung datang di waktu yang tepat, sajian menu kuliner berupa lobster, kerang laut dan gurita sudah menunggu. Menyesap keindahan wisata laut sembari menikmati ikan bakar atau goreng terdengar sangat menyenangkan, ya!

Baca Rekomendasi :   5 Fakta Menarik Pantai Krakal, Pantai Primadona di Gunung Kidul Yogyakarta

Yuk, segera buat jadwal berkunjung ke Pantai Nglambor akhir pekan atau masa liburan nanti! Kamu bisa mengajak teman-teman agar nuansa liburan lebih seru dibandingkan pergi ke pantai sendirian. Lokasi wisata yang agak susah sinyal tidak menjadi kendala sebab kamu bisa menikmati liburan tanpa terganggu dering telepon, bukan? Nah, apakah kamu tertarik liburan ke pantai eksotis ini?

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page