Menikmati Benteng Karang Raksasa di Pantai Siung Jogja

  • Bagikan
Pantai Siung Yogyakarta
Pantai Siung Yogyakarta via instagram.com @tutiksekarsari

Indonesia memang sudah dikenal dengan keindahan alam dan pesona wisata serta keanekaragaman budayanya. Banyak kota di Indonesia yang menjadi tujuan wisata tidak hanya dari masyarakat lokal saja, namun juga dari warga negara luar negeri. Salah satu wisata yang kerap menarik minat para turis adalah Pantai Siung di Jogjakarta.

Pantai yang ada di Gunung Kidul ini memiliki pesona yang seakan tidak pernah ada habisnya. Berada di sisi timur Pantai Baron, siapa sangka pantai satu ini kaya akan spot keren dan pemandangan alam yang luar biasa indah. Tak ayal, wisata satu ini menjadi salah satu wisata alam terkenal di Indonesia dan di seluruh dunia.

Pesona Wisata Pantai Siung

Berlokasi di Desa Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, pantai ini tepatnya ada di Dusun Duwet. Jaraknya dari Pusat Kota Jogjakarta hanya sekitar 2 jam atau 70 KM jauhnya. Jika melakukan perjalanan wisata memang cukup melelahkan, apalagi jika sehabis dilanda kepenatan pekerjaan, namun dijamin begitu kamu menginjakkan kaki disana, rasa lelah dan kesal akan hilang seketika.

Untuk menuju pantai yang memiliki gugusan batu karang dari timur ke barat ini, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi dan tidak disarankan menggunakan kendaraan umum. Pasalnya, belum ada titik turun transportasi umum yang sangat dekat dengan lokasi Pantai Siung. Hal ini terjadi lantaran jarak pantai ini yang terlalu masuk ke dalam dan medannya yang juga berkelok-kelok.

Baca Rekomendasi :   9 Spot Terbaik Menikmati Sunrise di Yogyakarta, Bikan Gak Mau Pulang

Ada beberapa rute terbaik yang bisa kamu pilih untuk menuju pantai yang sangat populer di kalangan para pemanjat tebing ini, yakni :

Rute Pertama

Kamu bisa melalui ringroad Jogja dan menuju Terminal Giwangan. Begitu tiba di Jalan Piyungan, kamu bisa menanjak sampai Bukit Bintang dan menuju Wonosari. Begitu tiba di jalan yang mengarah Pantai Baron, kamu bisa mencari pertigaan Desa Mulo untuk lanjut ke Tepus agar bisa sampai di pantai satu ini.

Rute Kedua

Untuk rute kedua, kamu bisa memulainya dari titik retribusi Pantai Baron dan menuju deretan pantai yang ada di sekitarnya. Tidak hanya Pantai Siung saja, di sekitar Pantai Baron juga terdapat Pantai Drini, Sundak, Krakal, Sepanjang, Kukup, hingga Indrayanti.

Rute Ketiga

Di rute ketiga ini dikhususkan untuk mereka yang bermula dari Klaten, bukan dari Pusat Kota Jogjakarta. Jika dari Jogja jarak ke Tepus 70 KM, maka dari Klaten jaraknya hanya sekitar 60 KM. Waktu tempuhnya juga lebih singkat, yakni sekitar 1,5 jam saja. Rutenya juga mudah, kamu bisa lewat Semanu – Giripanggung – Sumberwungu – Klayu – Gude – Blekonang hingga nanti ke Winangun dan tembus ke Siung.

Nah, setelah kamu tahu semua rutenya, maka sudah saatnya kamu tahu apa-apa saja pesona wisata alam disana, antara lain :

Baca Rekomendasi :   Pintu Langit Dharmono, Spot Terbaik Menikmati Sunrise di Yogyakarta

1. Hamparan Karang Raksasa Bak Benteng

Pantai Siung Yogyakarta
Pantai Siung Yogyakarta via instagram.com @tutiksekarsari

Membicarakan keindahan Siung tentu tidak bisa dilepaskan dari keindahan hamparan karang raksasa yang melindungi lokasi wisata tersebut bak benteng perkasa. Batu-batu karang ini terbentang dari sisi timur hingga sisi barat pantai yang mana susunan batuannya layaknya gigi kera. Maka tidak heran jika pantai ini kemudian dinamakan Siung.

2. Tempat Perhelatan Asean Climbing Gathering

Tidak hanya karang saja, di pantai ini juga terdapat keindahan panorama alam hingga menjadi tempat perhelatan Asean Climbing Gathering, yakni sebuah perhelatan untuk para pemanjat tebing sedunia. Pesertanya tidak hanya berasal dari Asean saja, melainkan juga banyak dari Eropa dan Asia.

3. Rock Climbing

Lantaran menjadi tempat perhelatan akbar panjat tebing, maka tidak heran jika pantai ini dijuluki sebagai the best rock climbing site in Yogyakarta karena saking kerennya. Hebatnya lagi, di sana tidak hanya ada tebing saja, namun juga ada bukit di sisi timur pantai yang bisa didaki meski harus tetap berhati-hati dan waspada.

Baca Rekomendasi :   Selain Cantik dan Indah, 6 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan di Pantai Baron Yogyakarta

4. Ada Camping Ground

Tidak lengkap rasanya keindahan sebuah pantai jika tidak memiliki camping ground. Nah, di pantai satu ini, camping ground bisa dengan mudah kamu dapati. Silahkan saja membangun tenda sambil menikmati semilir angin laut diantara karang-karang raksasa di sana, dijamin malam yang kamu lalui disana tidak akan bisa dilupakan. Apalagi jika diiringi membakar jagung dan bernyanyi bersama rombongan.

5. Tiket Masuk yang Murah

Tidak perlu khawatir jika kamu ingin masuk ke kawasan pantai satu ini. Pasalnya, harga tiketnya sangat murah dan terjangkau bagi siapapun yang ingin masuk kesana. Usut punya usut, tarif masuknya hanya sekitar 10 ribu rupiah saja per orangnya. Tidak hanya untuk Siung, harga tiket ini juga berlaku untuk Pantai Jogan dan Nglambor. Jadi dengan 10 ribu saja, kamu sudah bisa memasuki ketiga pantai tersebut. Murah, bukan?

Demikian ulasan tentang daya tarik dan pesona keindahan wisata alam Pantai Siung di Gunung Kidul Jogjakarta. Semoga ulasannya menginspirasi.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page