Pantai Sundak, Tempat Favorit Menikmati Sunset yang Menawan di Yogyakarta

  • Bagikan
Pantai Sundak Yogyakarta
Pantai Sundak Yogyakarta via instagram.com @syammr

Jika kamu bertanya tentang wisata alam berupa pantai di daerah Gunung Kidul Jogjakarta yang paling populer akhir-akhir ini, maka jawabannya adalah Pantai Sundak. Wisata yang ada di Tepus ini memiliki pesona keindahan alam yang tiada duanya. Rasanya, sangat wajib mengunjungi pantai satu ini di kala liburan atau waktu senggang di akhir pekan. Maka tidak heran, banyak wisatawan yang datang di hari libur panjang dan libur lainnya.

Pantai yang dikenal dengan keindahan lautnya ini juga lekat dengan aktivitas liburan yang menyenangkan disana. Mulai dari bermain pasir, berfoto, hingga sunset seeing pun juga bisa dilakukan di sana. Tak ayal, pantai ini selalu ramai di hari biasa maupun hari liburan. Tidak hanya tempatnya saja yang indah, namun juga sensasi berada disana yang luar biasa tidak tergantikan.

Pesona Wisata Pantai Sundak

Pantai satu ini ada di Tepus, Gunung Kidul, Jogjakarta, tepatnya ada di Desa Sidoharjo. Sangat mudah menemukan lokasi wisata satu ini karena jaraknya yang tidak begitu jauh dari Pusat Kota Jogjakarta. Namun jika kamu masih bingung atau ragu, maka tidak ada salahnya kamu membuka Google Maps dan mencari lokasi wisata Pantai Sundak di sana.

Bagi wisatawan luar kota yang ingin ke pantai ini, kamu tidak perlu takut salah arah. Pasalnya, kamu bisa bertanya ke banyak orang yang kamu lewati tentang arah menuju Sundak atau menggunakan saja navigasi dari maps. Namun harap diingat, kamu hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil jika akan kesana karena transportasi umum tidak lewat daerah tersebut.

Baca Rekomendasi :   Puncak Becici Bantul, Spot Terbaik Menikmati Sunrise di Yogyakarta
Pantai Sundak Yogyakarta
Pantai Sundak Yogyakarta via instagram.com @syammr

Namun jika kamu terpaksa menggunakan kendaraan umum, maka kamu bisa berhenti di Terminal Bus Kota Gunung Kidul dan naik ojek untuk menuju lokasi wisata pantai ini. Apapun kendaraannya, yang jelas kamu harus waspada dan tetap berhati-hati meski perjalanan wisata kerap membuat hati terlena karena sangat bahagia.

Sekedar saran saja, jika kamu akan berwisata, maka ada baiknya kamu memantau cuaca dulu. Tidak asyik bukan jika kamu berlibur ke pantai dikala musim hujan? Selain itu, persiapkan bekal makan dan minum yang cukup agar jika kamu kemalaman di jalan dan warung tutup, maka kamu bisa menyantap bekal yang kamu bawa dengan nyaman. Selain itu, jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan momen berharga kamu.

Jika sudah selesai membahas semuanya, yuk kita intip seperti apa saja sih pesona wisata atau daya tarik pantai satu ini. Check this out!

1. Ombak Besar Samudra Hindia

Berwisata di pantai ini pasti akan mengingatkan kamu tentang betapa ganasnya ombak Samudra Hindia. Ya, pantai ini memang terletak di deretan pantai yang berlabuh di salah satu samudera terbesar di dunia itu. Maka jangan heran jika ombak di sana begitu ganas, menggulung-gulung hingga tiba di tepi pantai layaknya derapan kuda.

2. Menikmati Sunrise

Begitu indahnya pesona alam di pantai ini hingga rasanya sangat sayang kalau kamu tidak menyempatkan diri menikmati matahari terbit disana. Kamu juga bisa nantinya memotret sunrise diiringi pemandangan alam yang eksotis di pantai satu ini.

Baca Rekomendasi :   7 Mitos dan Larangan Untuk Wisata Di Jogja, Sudah Tahu Belum?
3. Goa Air Tawar

Tidak hanya ombaknya saja yang menarik, di sisi kanan dan kiri pantai ini ada sebuah goa yang uniknya memiliki mata air tawar. Goa ini ada diantara batu karang besar yang sekaligus menjadi pembatas pantai ini dari pantai lainnya.

4. Fasilitas Beragam

Lantaran sudah menjadi wisata publik, maka banyak dilakukan perbaikan dan pembangunan berbagai fasilitas di pantai ini. Beberapa fasilitas publik yang ada di sana adalah area parkir yang luas, mushola, MCK, toko souvenir, hingga warung makan, tempat istirahat dan penginapan.

5. Legenda Pantai Sundak

Terakhir, pesona wisata di pantai ini adalah dari sisi legendanya. Menurut warga setempat, pantai ini diberi nama Sundak karena asal muasal yang menyertainya. Hingga sekarang, mitos tentang Sundak masih sangat melekat dan dijaga kuat diantara masyarakat sekitar.

Baca Rekomendasi :   5 Fakta Menarik Pantai Wedi Ombo Yogyakarta, Gandeng Kekasihmu Kesana

Konon ceritanya, di goa di pantai ini dulunya ada seekor anjing dan landak. Lantaran kelaparan, keduanya lantas berkelahi. Tidak lama kemudian, sang pemilik anjing yang kehilangan peliharaannya datang mencari ke goa tersebut. Di sana, ia sangat terkejut karena melihat anjingnya yang keluar goa dengan menggigit si landak tersebut yang sedang terluka parah.

Lantaran penasaran, maka si pemilik anjing lantas masuk ke dalam goa untuk melihat hal yang sebenarnya. Ternyata, di dalam sana ia melihat ada mata air tawar yang sangat jernih. Mata air ini akhirnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari oleh masyarakat sekitar di kala itu hingga sekarang.

Nah, nama Sundak diambil dari kejadian perkelahian si anjing dan landak tersebut yang membuat si pemilik anjing akhirnya dapat menemukan mata air tadi. Akhirnya, pantai ini dinamakan Sundak yang merupakan akronim dari ‘Su’ yang berasal dari kata asu atau anjing dan ‘Ndak’ yang berasal dari kata landak. Demikian ulasan tentang pesona wisata Pantai Sundak. Semoga ulasannya menginspirasi.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page