5 Fakta Menarik Pantai Krakal, Pantai Primadona di Gunung Kidul Yogyakarta

  • Bagikan
Pantai Krakal Yogyakarta
Pantai Krakal Yogyakarta via instagram.com @nitasilviana

Yogyakarta sudah lama dikenal sebagai destinasi wisata favorit di nusantara. Tak hanya pesona budaya, sejarah dan kuliner, potensi wisata alam di Yogya sangat memukau para turis baik lokal atau mancanegara. Kalau kamu mencari rekomendasi wisata pantai, sebaiknya mengunjungi Pantai Krakal.

Pantai ini terbentuk karena aktivitas epirogenesa negatif atau retakan kerak bumi yang mengakibatkan lapisan naik ke permukaan atas memang berbeda dari pantai lain. Penasaran dengan keindahan alam pantai yang hanya mematok biaya masuk 10 ribu ini?

Pesona keindahan alam di Pantai Krakal

Pantai menawarkan pesona alam luar biasa yang bisa menghapus segala penat dan stress. Bosan dengan rutinitas harian, kamu bisa langsung meluncur ke Pantai Krakal yang berlokasi di Desa Ngestiharjo, Tanjungsari, Gunung Kidul ini. Dengan menyewa mobil atau motor pribadi, kamu hanya perlu waktu tempuh sekitar 2 jam dari pusat kota Yogya.

Kalau dari Wonosari sih, jarak menuju ke Pantai Krakal sekitar 21 kilometer saja. Sudah jauh-jauh menempuh perjalanan menuju ke Krakal, kira-kira pesona apa yang ditawarkan? Simak ulasan lengkap berikut ini!

1. Bentang alam yang istimewa

Ada perbedaan antara Krakal dengan pantai lain di Yogyakarta yaitu keberadaan batu karang akibat proses terbentuknya pantai dimasa lalu. Warna dua batu karang besar berwarna hitam bakal kontras dengan hamparan pasir putih khas pantai Yogya. Batu karang yang berfungsi sebagai pembatas antar pantai ini bisa kamu tapaki, lho! Telah disediakan jalan setapak untuk turis yang ingin naik ke puncak batu karang.

Baca Rekomendasi :   Mencoba Teras Kaca Pantai Nguluran, Membuat Adrenalin Tertantang

Jelas kamu harus berhati-hati sebab batu karang cukup tinggi dan berbahaya. Hanya saja pemandangan alam yang luar biasa bakal membuat kamu terpesona. Keindahan laut yang elok dengan langit biru dan hamparan pasir putih dari ketinggian akan membuat semua lelah terobati. Jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen keindahan alam di pantai istimewa ini, ya!

2. Bermain pasir atau berenang

Aktivitas seru yang bisa kamu coba selama liburan di Pantai Krakal adalah bermain pasir sepuasnya atau berjemur. Jangan lupa untuk membawa sunblock agar kulit kamu tidak terbakar matahari. Kamu juga bisa mengajak teman-teman atau keluarga untuk berenang di bibir pantai. Tentu kamu harus utamakan keselamatan sebab ombak di Krakal cukup tinggi. Kalau ingin bersantai saja, kamu bisa membawa tikar piknik atau menyusuri pinggir pantai sembari menikmati semilir angin yang sepoi-sepoi.

Luas pantai yang mencapai 4 kilometer bisa menjadi alasan tepat buat kamu yang ingin bermain voli pantai. Ajak teman-teman untuk membuat permainan yang seru dan menarik. Dijamin pengalaman bermain voli pantai di Krakal tidak akan terlupakan. Mau mengajak si dia bermain layang-layang di tepi pantai, kenapa tidak?

Baca Rekomendasi :   Menikmati Benteng Karang Raksasa di Pantai Siung Jogja

3. Olahraga ekstrem surfing, snorkeling dan diving

Seperti yang dibahas sebelumnya bahwa ombak di Krakal cukup tinggi sehingga cocok untuk kamu yang suka olahraga air ekstrim seperti surfing. Berselancar di Krakal sanggup memberikan tantangan yang segar dan menyenangkan. Namun, kamu harus tetap hati-hati sebab banyak karang dan hewan ubur-ubur serta landak laut.

Bagi surfer pemula, sebaiknya kamu memakai jasa trainer surfing yang ada di Krakal. Soal sewa papan selancar, kamu hanya perlu mengeluarkan uang 50 ribu doang. Murah banget, ya!

Kalau kamu ingin menyaksikan keindahan biota laut di Krakal, sebaiknya membawa alat snorkeling atau diving. Berbagai macam spesies ikan warna-warni, terumbu karang, dan lain-lain akan membuat kamu jatuh cinta pada keindahan bawah laut Krakal. Kalau tidak membawa peralatan pun, kamu bisa menyewa alat snorkeling dengan biaya 50 ribu saja.

4. Pemandangan sunrise dan sunset terbaik

Ingin mencari destinasi wisata yang romantis, kamu memang tidak salah pilih Pantai Krakal. Pasalnya, keindahan panorama sunrise dan sunset Krakal sudah terkenal di seantero Yogya. Kalau kamu mengaku pecinta fotografi, momen menunggu sunrise dan sunset Krakal tidak boleh dilewatkan begitu saja, ya!

Baca Rekomendasi :   5 Spot Terbaik Untuk Camping di Jogja, Dari Pantai Sampai Danau Semua Ada

5. Fasilitas di Pantai Krakal

Dikenal sebagai destinasi wisata pantai unggulan Yogya, Krakal memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Tak perlu bingung mencari fasilitas penginapan, toilet, tempat parkir atau tempat ibadah, semua sudah terkelola dengan baik. Saat kamu merasa lelah hunting foto di berbagai spot selfie di sini, kamu bisa beristirahat sejenak. Kalau merasa haus atau lapar, bisa langsung mencari olahan makanan yang banyak tersedia di sekitar.

Sebagai kuliner khas pantai, seafood di Krakal disajikan dengan kualitas masih segar. Dijamin rasa makanan jauh lebih mantap dengan bumbu rempah pilihan. Mau seafood masak asam manis, dibakar, digoreng atau ragam masakan lain, datang saja ke Krakal untuk wisata kuliner laut terlezat. Duh, rasanya tak sabar untuk segera pelesiran asyik ke Pantai Krakal akhir pekan nanti. Ajak teman-teman kamu untuk menikmati paket wisata pantai yang lengkap di Yogya, yuk!

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page