Pesona Gunung Talang, Gunung Berapi di Solok yang Punya Danau Eksotis

Gunung talang sangat cocok bagi kamu pendaki pemula, sunrise dan danau talangnya sungguh mempesona.

Gunung Talang via instagram.com @maulana.m.ibrahim19
0 435

Bagi kamu yang menyukai aktivitas petualangan di alam terbuka, Gunung Talang wajib ditaklukkan. Berada di wilayah Kabupaten Solok, Sumatera Barat, gunung ini termasuk gunung berapi aktif. Erupsinya terakhir tercatat pada tahun 2007.

Di gunung dengan ketinggian 2.597 mdpl ini terdapat 3 danau yang menjadi daya tarik yaitu Danau Diateh, Danau Dibawah, dan Danau Talang. Selain itu, panorama alam di sepanjang jalur pendakian dan pos-pos yang ada di sana juga tak kalah menakjubkan.

Jalur Pendakian Gunung Talang

Pendakian ke puncak Gunung Talang dapat dilakukan dari dua jalur yaitu jalur Batu Bajanjang dan Air Batumbuk. Jalur yang paling banyak diakses yaitu Air Batumbuk, sekitar 3 jam perjalanan ke timur dari Kota Padang. Jalur ini merupakan jalur paling populer dan paling mudah ditemukan, juga selalu ada penjaga yang dapat menjaga kendaraan di sekitar basecamp.

Sebelum naik, setiap pendaki harus mengurus izin di Jorong Air Batumbuk. Setelah itu, langsung saja lanjut pendakian. Pendakian Gunung Talang umumnya memakan waktu antara 3 hingga 5 jam tergantung kondisi cuaca.

Baca Rekomendasi :   Menjenguk Indahnya Panorama Danau Diateh di Solok.
Gunung Talang
Gunung Talang via instagram.com @maulana.m.ibrahim19

Di awal pendakian, kamu akan melewati hamparan kebun teh yang indah dengan jalan masih datar dan terdapat sedikit tanjakan. Untuk mempermudah pendaki mengakses puncak, jalur pendakian dilengkapi dengan rambu-rambu bertuliskan nomor mulai R1 hingga R6. Selain itu, di sepanjang jalur juga terdapat tanda Asmaul Husna berjumlah 99 buah yang dapat menjadi tanda lokasi di mana kamu berada.

Untuk sampai ke area perkemahan, setidaknya kamu harus melalui 54 rambu. Di area ini biasanya pendaki akan menginap semalam sebelum melanjutkan perjalanan ke puncak. Saat berada di lokasi camping, kamu bisa mengisi persediaan air minum dan membersihkan diri karena di sini terdapat sebuah aliran sungai yang jernih. Meskipun musim kemarau aliran airnya tetap mengalir.

Baca Rekomendasi :   Masjid Baiturrahmah, Salah Satu Tempat Wisata Religi di Padang

Setelah beristirahat di area camping, segera lanjutkan perjalanan ke puncak gunung. Menuju ke sana, kamu akan dibuat terpesona oleh bebatuan cadas dengan kemiringan cukup ekstrem dan hutan mati yang terbentang luas. Hutan ini merupakan kawasan pepohonan cantigi yang telah mati dan tersisa batangnya saja karena terkena abu vulkanik ketika gunung mengalami erupsi.

Jalur menuju puncak lumayan berat karena jalurnya terjal, didominasi tanah, batu kerikil, dan lumpur. Harus ekstra hati-hati apalagi ketika musim hujan. Sesudah melalui hutan mati, pendaki harus melewati tantangan berupa jembatan sempit dengan jurang di sebelah kanannya.

Demi keamanan, jika cuaca tidak memungkinkan karena hujan atau berkabut, sebaiknya kamu tidak perlu memaksakan sampai ke puncak. Namun, jika cuaca bagus dan waktunya memungkinkan, jangan sia-siakan kesempatan menginjakkan kaki di puncaknya.

Dari titik tertinggi Gunung Talang, kamu bisa mengamati indahnya danau di bawah serta puncak Gunung Kerinci, Gunung Merapi, Gunung Sago, Gunung Singgalang, Gunung Tandikek, dan Bukit Barisan.

Baca Rekomendasi :   Melepas Senja di Pantai Muaro Lasak Padang, Sumatra Barat

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk ke Area Gunung Talang

Fasilitas di tempat wisata alam Gunung Talang terbilang memadai. Di pintu masuk terdapat pos jaga dan area parkir yang cukup luas. Jika akan beribadah dan makan dulu sebelum atau sesudah pendakian, tersedia musala dan rumah makan di pos pertama yang cukup untuk istirahat dan mengisi tenaga.

Harga tiket masuknya pun sangat murah. Kamu hanya perlu membayar administrasi Rp5.000 per orang dan parkir kendaraan di posko sebesar Rp5.000 untuk kendaraan roda dua.

Nah, satu yang perlu diingat jalur pendakian di sini cukup menantang, sehingga disarankan pergi bersama orang yang pernah mendaki gunung ini atau berpengalaman sebagai pemandu pendaki. Selain itu, siapkan juga kondisi fisik, perlengkapan, dan logistik yang cukup agar petualanganmu menyenangkan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page