5 Fakta Menarik Pantai Muncar di Gunung Kidul Yogyakarta

Jauh dari hiruk pikuk perkotaan, kamu bisa menyaksikan kearifan lokal di sekitar pantai muncar di Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Muncar Gunung Kidul via tuguwisata.com
0 550

Aktivitas harian yang rutin cenderung menghadirkan perasaan jenuh atau bosan. Makin lama dibiarkan, kamu bakal semakin stress dengan tumpukan pekerjaan yang menggunung. Duduk di bangku bak orang depresi akan semakin membuat kamu gila, lho! Coba deh luangkan sejenak waktu kamu untuk berlibur atau merefresh otak biar segar kembali.

Salah satu rekomendasi tempat wisata yang bakal menghilangkan penat kamu adalah Pantai Muncar. Nama yang sama dengan pantai di Banyuwangi, namun pantai ini merupakan destinasi tersembunyi Yogja.

Pantai yang berada di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta merupakan tempat wisata yang menarik dan masih terdengar asing di telinga. Sangat cocok untuk kamu yang mencari tempat wisata yang belum begitu ramai. Kalau datang ke Parangtritis sudah biasa, maka kamu harus datang ke Muncar, deh. Kira-kira pesona apa yang ditawarkan oleh pantai yang tidak begitu terkenal ini?

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai Muncar

Rencana pelesiran ke tempat wisata yang masih asri dan tersembunyi bakal semakin lengkap kalau kamu datang ke kawasan pantai di Gunung Kidul. Pasalnya, pantai-pantai di kawasan Yogyakarta memiliki ciri khas berupa hamparan pasir putih yang menggoda. Seperti Pantai Muncar yang memiliki potensi wisata tak kalah dengan wisata pantai lain. Kamu bisa mengajak keluarga atau teman-teman melakukan aktivitas menyenangkan di pantai eksotis ini.

Baca Rekomendasi :   7 Mitos dan Larangan Untuk Wisata Di Jogja, Sudah Tahu Belum?
Pantai Muncar Gunung Kidul
Pantai Muncar Gunung Kidul via tuguwisata.com

1. Bermain seru di hamparan pasir putih

Mau mengulang masa kanak-kanak kamu dengan bermain pasir, kenapa tidak? Kamu bisa mengajak teman-teman bermain pasir atau sekadar berjemur menikmati sinar matahari di negara tropis. Hembusan angin pantai dengan suasana yang sepi akan membuat semua penat kamu langsung ambyar. Jangan lupa memakai sunblock agar kulitmu tidak legam terbakar sinar matahari setelah kembali ke kota nanti.

2. Aktivitas berenang

Tenang saja, Pantai Muncar tergolong salah satu pantai yang memiliki kawasan aman untuk berenang. Ombak di sini lumayan tenang sehingga kamu bisa bebas berenang tanpa takut terseret arus laut. Tentu kamu dan teman-teman harus tetap berhati-hati meskipun pantai tergolong landai dan aman. Bermain air bersama orang-orang tercinta di pinggir laut pasti seru. Kedengarannya asyik, ya?

3. Menikmati tepi laut bersama si dia

Duh, kamu mau mengajak pasangan menikmati keindahan alam di pantai? Ajak saja, deh! Keindahan tepi laut Muncar akan membuat hubungan kamu dan dia semakin hangat, kok. Menyusuri area pinggir laut sembari menikmati keindahan panorama laut yang biru akan membuat kamu semakin jatuh cinta. Area perbukitan yang tampak hijau di sekitar pantai akan semakin mempercantik pesona yang dimiliki oleh Pantai Muncar.

Baca Rekomendasi :   Mencoba Teras Kaca Pantai Nguluran, Membuat Adrenalin Tertantang

Jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen dengan fotografi terbaik. Wefie sama pasangan dengan latar pemandangan laut bakal mendatangkan like dan komentar terbaik di akun media sosial kamu, lho! Suasana pantai dan laut yang biru jernih menjadi spot foto paling instagramable.

4. Kearifan lokal yang ditawarkan Muncar

Jauh dari hiruk pikuk perkotaan, kamu bisa menyaksikan kearifan lokal di sekitar pantai. Penduduk sekitar pantai berprofesi sebagai nelayan sehingga fenomena mencari ikan merupakan hal yang wajar. Kamu bisa mengikuti kegiatan penduduk dengan mencari ikan bersama. Dijamin sebuah pengalaman yang tidak akan terlupakan selama kamu liburan di pantai cantik ini.

Tips melakukan wisata ke Pantai Muncar

Keindahan yang ditawarkan Pantai Muncar belum banyak dipublikasikan sebab kawasan pantai masih tergolong perawan. Pantai masih begitu alami, bersih dan terjaga dengan baik. Jangan heran kalau fasilitas di sekitar pantai masih sangat minim sekali. Kalau kamu memang berniat liburan ke sini bersama teman-teman, sebaiknya persiapkan semua perbekalan secara memadai. Kamu bisa membawa makanan, tenda, baju ganti, dan sebagainya. Namun, kamu harus tetap mengutamakan kebersihan di pantai, ya! Bawa pulang kembali semua sampah!

Baca Rekomendasi :   Berburu Spot Foto Instagramable di Hutan Pinus Pengger Yogyakarta

Pantai Muncar berada di Desa Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul yang cukup jauh ditempuh dari pusat kota Yogja. Butuh estimasi waktu yang cukup lama hampir dua jam yang bisa kamu tempuh via Playen Dlingo atau bisa melalui Jalan Raya Panggang Wonosari. Jadi, pastikan kamu memang memiliki stamina prima sebelum menikmati liburan ke pantai ini. Apalagi rute yang bakal kamu lewati cukup sulit. Ya, medan menuju ke wisata pantai berkelok-kelok dan naik turun sehingga kamu harus memakai kendaraan yang cocok untuk daerah ekstrim.

Gunakan kendaraan pribadi atau menyewa rental mobil sekitar Yogja menuju ke kawasan Gunung Kidul. Selain mengandalkan maps, kamu bisa bertanya pada warga sekitar arah menuju ke Muncar agar tidak tersesat. Pemandangan pegunungan karst khas Gunung Kidul akan menunjukkan jalan yang tepat menuju ke destinasi wisata. Percayalah semua perjuangan yang kamu lakukan demi menikmati pesona alam bakal terbayar lunas begitu tiba di kawasan pantai. Yuk, liburan bersama teman-teman ke Gunung Kidul!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page