Pantai Wohkudu Gunung Kidul, Spot Asyik Untuk Camping Ceria

Camping pun Juga Bisa Dilakukan di Wohkudu

Pantai Wohkudu Gunung Kidul via instagram.com @saniya_thee
0 360

Jogjakarta tidak hanya terkenal dengan keindahan budayanya saja yang masih terjaga, namun juga kerap kali didatangi wisatawan dari dalam maupun luar negeri berkat keindahan wisata alamnya. Mulai dari Gumuk Pasir Parangkusumo, Pantai Parangtritis, hingga pantai-pantai di sepanjang pesisir Gunung Kidul. Nah, salah satu dari pantai yang dibicarakan tersebut adalah Pantai Wohkudu Gunung Kidul.

Pantai yang ada di gugusan selatan D.I Yogyakarta ini merupakan satu dari sekian banyak pantai yang belum banyak terjamah oleh kunjungan wisatawan. Hal ini mungkin karena letaknya yang jauh tersembunyi, mungkin juga karena popularitasnya kalah saing dibanding pantai-pantai yang sudah lebih dulu terkenal, seperti Pantai Indrayanti. Namun jangan salah, Pantai Wohkudu juga sangat indah dan patut dieksplore lebih luas lagi lho.

Berada di Nglaos, Desa Girikerto, Panggang, Pantai satu ini dapat ditempuh hanya dalam waktu 2 jam perjalanan saja dari pusat Kota Jogja. Selain itu saat bermain ke Wohkudu, kamu juga bisa turut bermain ke Pantai Kesirat karena jarak keduanya tidak sampai 1 kilometer jauhnya. Nah, ingin tahu apa saja daya tarik alias pesona dari Pantai Wohkudu? Yuk, simak ulasannya dibawah ini!

Pesona Pantai Wohkudu Gunung Kidul

Pantai yang dikenal dengan pemandangannya yang didominasi oleh pepohonan hijau dengan diapit dua bukit karang ini benar-benar seolah tersembunyi dari dunia luar. Kala masuk ke pantai ini, kamu bisa merasa sedang berada di sisi lain dunia yang sangat sepi, nyaman, dan tenang. Banyak spot menarik di sana, salah satunya adalah hamparan tanah lapang yang luas dan dilindungi kokohnya tebing karang.

Baca Rekomendasi :   5 Penginapan Alam dengan Suasana Pedesaan di Yogyakarta

Meski terbilang kecil, yakni hanya dengan lebar sekitar 25 meter saja, namun Pantai Wohkudu sangat menarik untuk dikunjungi kala liburan. Selain bisa melepas penat, disana kamu bisa mencoba berbagai macam aktivitas menarik yang tentunya hanya bisa kamu lakukan saat berlibur ke pantai saja, antara lain :

1. Menyusuri Jalan Setapak

Aktivitas pertama yang bisa kamu lakukan saat tiba di Wohkudu adalah menyusuri jalan setapaknya. Pantai ini berlokasi lumayan jauh dari tempat parkir sehingga para pengunjung harus melewati jalan setapak untuk menuju kesana. Di rutenya, kamu akan melewati pepohonan jati dan ladang pertanian warga yang sangat luas. Kamu juga akan menemui tanaman liar yang lebat sehingga kamu perlu hati-hati kala berjalan.

Jika kamu takut tersesat karena banyaknya simpangan jalan, kamu bisa bertanya ke penduduk sekitar. Tenang saja, banyak kok dari warga desa yang berladang di pagi hingga sore harinya. Kamu bisa bertanya kemana arah Pantai Wohkudu dan mereka akan dengan sangat ramah menunjukkan jalan. Ingat, bertanyalah yang sopan karena bagaimanapun, kamu adalah ‘pendatang’ disana.

Baca Rekomendasi :   Liburan Asyik dan Anti Mainstream di Pantai Nglambor, Yuk!

2. Menyaksikan Vegetasi Khas Wohkudu

Selepas melewati jalan setapak dengan susah-payah, kamu akan tiba di atas tebing. Disana, kamu bisa menyaksikan banyaknya vegetasi khas tepi laut, sebut saja rumput ilalang dan pandan laut. Jika kamu pernah melihat film Janji Hati yang dibintangi Aliando dimana ada scene berdansa di antara padang ilalang, maka kamu akan merasa familiar begitu ada disini. Pasalnya, nuansanya hampir sama.

Tidak hanya pemandangan di atas tebing saja, kamu juga bisa menyaksikan pemandangan di bawah tebing yang tidak kalah indahnya. Di bawah sana, kamu dapat melihat hamparan tanah lapang yang juga banyak ditumbuhi rumput ilalang dan semak belukar.

3. Menyaksikan Bukit Kapur

Tidak jauh dari tanah lapang, kamu akan menemukan tebing kapur atau tebing karang yang tingginya melebihi tebing karang dimana terdapat jalan setapak yang baru saja kamu lewati. Jika kamu bingung, silahkan saja berwisata kesana dan saksikan sendiri bahwa pantai ini memang diapit oleh dua bukit karang yang sama kokohnya.

Baca Rekomendasi :   Taman Pelangi Jogja, Tempat Asyik Melihat Pelangi di Malam Hari

4. Jangan Lupa Kegiatan Mancing Mania

Banyak warga sekitar pantai yang datang untuk memancing disana. mereka menunggu di gubuk-gubuk kecil yang dibuat di sepanjang pantai dengan alat-alat pancingan seadanya. Nah, bagi kamu yang hobi memancing, kamu bisa ikut bergabung bersama warga dan mulai mencari hasil tangkapan untuk nantinya dibakar sebagai santapan.

5. Camping pun Juga Bisa Dilakukan di Wohkudu

Belum puas bermain sampai sore di pantai, maka kamu bisa sekalian menginap disana dengan mendirikan tenda-tenda. Banyak dari pengunjung yang juga melakukan camping di atas hamparan pasir putih Pantai Wohkudu sembari memasang api unggun. Canda tawa, sajian makanan, dan juga iringan musik bisa kamu mainkan untuk mengisi malam.

Pantai Wohkudu Gunung Kidul
Pantai Wohkudu Gunung Kidul via instagram.com @saniya_thee

Bisa dibilang, camping di Pantai Wohkudu adalah pengalaman yang setidaknya harus kamu coba sekali dalam seumur hidup. Pasalnya tidak hanya nuansa malam yang tenang saja, kamu juga bisa menyaksikan bintang-bintang di langit dan membuat Wohkudu serasa pantai pribadi yang hanya dihuni kamu serta rombongan.

Demikianlah ulasan mengenai pesona Pantai Wohkudu Gunung Kidul. Semoga ulasannya dapat memberimu inspirasi wisata!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page