Grojogan Lepo Dlingo, Air Terjun Tersembunyi di Mangunan Jogjakarta

Lalu, apa saja pesona atau daya tarik wisata Grojogan Lepo Dlingo?

Grojogan Lepo Dlingo via instagram.com @wisata_bantul
0 347

Siapa yang tidak tahu tentang wisata-wisata di Jogjakarta, terutama Mangunan? Kawasan perbukitan yang terkenal dengan hutan pinusnya ini menjadi salah satu daerah destinasi wisata terpopuler di Kota Gudeg. Berada di Bantul, Mangunan kini juga semakin gencar menambah eksotisme wisata alam, salah satu yang terbaru adalah Grojogan Lepo Dlingo.

Kawasan wisata yang ada di tengah perkampungan warga ini menyuguhkan 4 kolam air jernih dengan 3 aliran air dari puncak tebingnya. Banyak wisatawan yang datang tidak hanya sekedar menikmati indahnya pesona alam dan nuansa sejuk disana saja, melainkan juga bermain air hingga berenang.

Bagi kamu yang berencana berlibur ke Jogja, tidak ada salahnya untuk datang ke Mangunan dan mencoba sensasi wisata anti mainstream dengan berenang di Grojogan Lepo Dlingo. Nah, ingin tahu ulasan secara mendalam tentang lokasi wisata satu ini? Yuk, simak artikelnya berikut ini!

Pesona Wisata Grojogan Lepo Dlingo

Berada di Pokoh 1, Dlingo, Imogiri, Bantul, Jogjakarta, rupanya akses menuju lokasi tidak begitu sulit dan memakan waktu. Kamu hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam saja dari Pusat Kota Jogja. Jalur aksesnya pun terdapat 3 pilihan, yakni dari arah Jogja, arah Sleman, dan dari arah Klaten.

Baca Rekomendasi :   5 Spot Terbaik Untuk Camping di Jogja, Dari Pantai Sampai Danau Semua Ada

Sebagai petunjuk saja, kamu yang dari arah Jogja bisa melewati Kecamatan Imogiri lalu pilih Jalan Imogiri – Dlingo untuk menuju lokasi. Beda lagi jika kamu dari arah Sleman. Kamu harus melewati Jalan Piyungan, Jalan Wonosari, Pathuk, baru kemudian Jalan Pathuk – Dlingo. Terakhir, kamu yang dari arah Klaten bisa melalui jalur terdekat yakni Jalan Playen – Dlingo.

Tidak perlu takut kesasar jika menuju ke wisata satu ini. Pasalnya, di beberapa jalan sudah tersedia arah papan petunjuk arah dan papan petunjuk Air Terjun Lepo Dlingo. Kamu juga bisa bertanya kepada warga sekitar dan mereka akan senantiasa memberitahu dengan ramah. Meski aksesnya mudah, namun jika kamu tidak ingin ribet, kamu disarankan untuk membawa motor saja daripada mobil karena jalan kampung yang lumayan sempit.

Begitu tiba di lokasi, kamu bisa membayar tiket masuk sebesar 5.000 Rupiah dan juga biaya parkir kendaraannya. Namun perjalanan belum selesai. Dari pintu masuk, kamu harus melalui jalan setapak dahulu agar bisa sampai di Grojogan. Tidak lama, kamu hanya perlu waktu sekitar 15 menit saja untuk sampai di tujuan. Lalu, apa saja pesona atau daya tarik wisata Grojogan Lepo Dlingo?

Baca Rekomendasi :   Bukit Panguk Kediwung, Objek Wisata Sejuk di Yogyakarta

1. Kolam Alami dengan Kedalaman Berbeda-Beda

Seperti yang sudah dibahas di atas, air terjun ini memiliki beberapa buah kolam. Masing-masing kolam memiliki kedalaman yang berbeda-beda. Kolam yang pertama dalamnya mencapai 2 meter, sementara kolam kedua hanya sebatas pinggang orang dewasa dan kolam ketiga sangat dangkal karena ada endapan kapurnya. Jadi jika kamu ingin bermain di kolam, sesuaikan dulu dengan tinggi badan.

2. Tidak Panas Berkat Hutan Pinus

Meski buka dari jam 8 pagi sampai 5 sore, waktu terbaik untuk berkunjung ke lokasi wisata ini sebenarnya adalah pagi hari. Pasalnya di waktu tersebut, kamu bisa puas berenang, bermain air, dan mandi disana tanpa takut tergusur waktu. Namun jika kamu datang di siang hari pun tidak masalah. Pasalnya, disana terdapat pepohonan pinus yang membuat suasana sejuk dan terlindung dari terik matahari.

3. Berenang di Grojogan Harus Bawa Baju Ganti

Namanya berkunjung ke air terjun, sudah pasti kamu akan berenang. Nah, jangan lupa untuk membawa baju ganti disana karena lokasinya yang jauh dari area parkir. Jika kamu ganti di mobil, dikhawatirkan kamu kedinginan. Tentunya, kesehatan adalah yang utama, bukan?

Baca Rekomendasi :   Camping di Bukit Kosakora yang ada di Pantai Ngrumput Gunung Kidul

4.Tempat Edukasi si Buah Hati

Tidak hanya sebagai wisata alam saja, Grojogan Lepo Dlingo juga bisa menjadi wisata edukasi untuk si buah hati. Kamu bisa mengajari si kecil tentang keindahan alam, cara pelestariannya, dan juga sikap-sikap lain seperti tidak membuang sampah sembarangan, tidak membuat kerusakan lingkungan, dan lain sebagainya. Namun tentunya, kamu harus mengajak anak berenang agar wisatamu juga berkesan.

5. Wisata Kuliner di Sekitar Tempat Rekreasi

Terakhir, kamu bisa berwisata kuliner di Lepo Dlingo. Selepas bermain air, tentunya kamu merasa lapar. Nah, inilah saat membuka bekal untuk makan bersama di area sekitar wisata. Namun jika kamu tidak membawa bekal, jangan khawatir. Pasalnya, disana kamu akan menemukan warung yang yang menjual aneka ragam makanan dengan harga yang cukup sederhana.

Selain beberapa kegiatan wisata di atas, Grojogan Lepo Dlingo juga menyediakan beragam fasilitas untuk wisatawan. Sebut saja toilet, pelampung, mushola, hingga parkiran. Jadi tidak perlu khawatir dengan pengelolaan disana karena kamu akan dijamu dengan fasilitas lengkap.

Demikianlah ulasan mengenai pesona wisata Grojogan Lepo Dlingo Jogjakarta. Tertarik untuk kesana? Semoga ulasannya bermanfaat ya!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page