Paduan Air Terjun dan Eksotisme Laut di Pantai Jogan

Menikmati Guyuran Air dari Atas Tebing hanya bisa dilakukan di Pantai Jogan.

Pantai Jogan Yogyakartavia instagram.com @catatanwisata
0 342

Bagi kamu yang sedang berlibur ke Jogja, pasti tujuan utamanya adalah mencari wisata-wisata alami yang dapat mempercantik feed instagram. Memang, Jogja dikenal dengan ratusan spot wisata alam terbaiknya yang mungkin tidak akan bisa ditemukan di tempat lain. Nah, salah satu lokasi wisata alam yang terbaik disana adalah Pantai Jogan.

Berada di balik perbukitan Karst yang ada di Gunung Kidul, pantai ini menyimpan pesona bak surga tersembunyi dari dunia lainnya. Pasalnya, di pantai ini terdapat air terjun yang ada di bibir laut dimana bentang alam seperti ini sangat langka di Indonesia. Apalagi, keindahan grojogannya diapit oleh tebing-tebing kapur yang membuat pantai ini berbeda sendiri dari pantai-pantai yang ada di sepanjang 71 km pesisir Pantai Selatan.

Nah, apakah kamu penasaran ingin melihat lebih banyak tentang pesona wisata dari kembaran McWay Beach Waterfall yang ada di California ini? Jika iya, yuk langsung saja simak ulasan tentang air terjun yang jatuh dari atas tebing ke bibir laut satu ini!

Pesona Wisata Pantai Jogan

Pantai Jogan sebenarnya bukanlah wisata baru yang ada di Gunung Kidul. Hanya saja, selama ini belum banyak wisatawan dari dalam maupun luar negeri yang tahu tentang keindahan pantai ini. Kepopulerannya kalah dengan pantai-pantai lain. Padahal, Pantai Jogan sangat indah karena diapit oleh tebing tinggi khas Pegunungan Kapur dengan air sungai yang menuruni tebing hingga bersatu dengan gulungan ombak laut di bawahnya.

Baca Rekomendasi :   Mencari Ketenangan di Pantai Slili, Pantai Mungil di Antara Dua Bukit

Inilah mengapa, pantai yang ada di sebelah barat Pantai Siung ini tampak istimewa. Namun keindahannya hanya bisa disaksikan saat musim-musim penghujan saja. Pasalnya di kala musim kemarau, debit air terjun yang ada di Pantai Jogan sangat kecil hingga hampir tidak ada. Jadi, sebaiknya kamu yang ingin melihat grojogan disana datang kala bulan Desember sampai Januari.

Dari pusat Kota Jogja, kamu hanya perlu memakan waktu 2 jam berkendara. Jalannya pun beraspal mulus dengan kelok-kelok di perbukitan Karst yang semakin menambah keseruan selama perjalanan. Adapun untuk rutenya, kamu yang dari Jogja bisa melewati Jalan Wonosari, Piyungan, Patuk, hingga nantinya tiba di Jalan Baron. Lanjutkan perjalanan hingga sampai tiba di Pantai Siung karena lokasi Pantai Jogan ada tepat di sebelahnya.

Kamu cukup berhenti di Pos Retribusi Pantai Siung dan membayar harga tiket masuk yang cukup murah, yakni sekitar Rp 10.000,- per orang. Cari papan penunjuk Pantai Jogan yang ada sekitar 400 m dari sana dan ambil jalan sesuai arahan. Ikuti rute sampai kamu tiba di Pantai Jogan. Di pantai yang buka setiap hari selama 24 jam ini, kamu akan disambut dengan dua sungai kecil yang menyatu dengan laut melalui air terjun.

Baca Rekomendasi :   Berwisata di Bukit Pengilon, Bukit dengan Batu bak Cermin di Jogja

Nah, selain penjelasan di atas, apalagi ya pesona atau daya tarik wisata yang ada di Pantai Jogan?

1. Menikmati Guyuran Air dari Atas Tebing

Tidak afdol rasanya berwisata ke Pantai Jogan jika tidak menikmati guyuran air dari atas tebing. Namun untuk bisa menikmatinya, kamu harus bisa turun ke bawah tebing. Ada dua cara untuk bisa turun, yakni menggunakan teknik canyoning atau rappeling air terjun, dan yang kedua adalah cara manual menuruni air terjun.

Cara kedua bisa dilakukan karena disana disediakan kayu-kayu untuk penopang pegangan, namun kamu harus hati-hati. Pasalnya, jalanan di sekitar air terjun sangat licin dan basah. Jika kamu terpeleset, bisa-bisa kamu jatuh ke bawah tebing yang pasti akan sangat berbahaya untuk keselamatan. Adapun cara pertama hanya bisa dilakukan oleh mereka yang membawa peralatan dan kemampuan rappeling yang mumpuni.

Baca Rekomendasi :   Wisata Jungkir Balik Ala Upside Down World Yogyakarta

2. Karang yang Dihuni Koloni Kepiting

Begitu tiba di bawah nanti, kamu juga masih akan mendapat tantangan, yakni melewati karang yang dihuni oleh banyak bayi kepiting. Meski tidak akan seekstrem saat kamu melewati koloni kepiting merah di Christmas Island, tapi kamu juga harus waspada karena kakimu bisa menjadi santapan empuk capit mereka.

Namun tenang saja, kepiting ini tidak begitu menakutkan karena warga sekitar pun banyak yang turun mencari bayi-bayi kepiting sebagai santapan harian. Kepiting ini akan dimasak menjadi lauk nasi dan sangat recommended disantap kala musim hujan. Tidak hanya kepiting saja, terkadang wisatawan juga dapat menyaksikan banyaknya kupu-kupu yang bergerombol di bebatuan disana.

3. Menikmati Percikan Air di Karang

Begitu kamu sudah ada di bawah, maka kamu bisa menikmati indahnya air terjun yang mengalir deras dan gulungan ombak Samudera Hindia yang besar. Kamu wajib bertelanjang kaki disana agar dapat menikmati kerasnya batuan karang yang berpadu dengan percikan-percikan air di kaki yang menggelitik.

Demikian ulasan mengenai keindahan wisata alam Pantai Jogan yang luar biasa indah dan menawarkan pesona sungai-sungai rahasia di bawah perbukitan Kars. Semoga ulasannya bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page