6 Cara Menghadapi Masalah Agar Tetap Tenang dan Tidak Emosi

Bukankah Semua Cobaan Ini Berasal Dari Sang Khaliq, Jadi Mendekatkan Diri Kepada Allah

Cara menghadapi masalah via instagram.com @mond_tanutchai
1 397

Permasalahan sering terjadi dalam hidup dan tak bisa kita hindari. Beragam bentuk masalah yang dihadapi, mulai dari masalah keluarga, keuangan sampai dengan percintaan. Kadang jika hanya berdiam diri saja tanpa melakukan sesuatu, permasalahan tersebut akan terus-menerus muncul tanpa ada ujungnya.

Dan itu malah akan menjadi beban pikiran dalam hidup, bahkan ada yang sampai stres hingga depresi karena tak sanggup dengan masalah yang dihadapinya. Apapun permasalahan yang sedang kamu hadapi cobalah untuk menghadapinya, lakukanlah dengan tenang dan jangan menggunakan emosi ketika menyelesaikan permasalahan tersebut.

Percayalah setiap masalah pasti ada solusinya. Bukankah semakin sulit ujianmu, semakin tinggi pula Allah menaikkan derajatmu. Nah berikut ini dia 6 cara menghadapi permasalahan agar tetap tenang dan tidak terbawa emosi :

1. Tak Perlu Emosi Apalagi Sampai Depresi, Hadapi Masalah Dengan Bersikap Tenang.

Apapun permasalahan yang sedang terjadi pada dirimu, jangan sampai kamu lari dari masalah yang sedang kamu hadapi ini. Jika kamu terus-terussan lari ketika masalah datang, sampai kapan pun hidupmu tidak akan tenang, dan permasalahan tersebut akan terus selalu menghantui dirimu. Lebih baik kamu mencoba untuk menghadapinya, apapun resiko yang akan terjadi cobalah untuk tetap bersikap tenang.

Baca Rekomendasi :   Jangan Lupa Bersyukur dan Piknik Ya, Biar Kamu Ngga Gampang Panik

2. Jangan Takut Dalam Masalah yang Kamu Hadapi, Percayalah Setiap Masalah Pasti Ada Solusinya.

Jangan takut dengan apapun yang akan menimpamu, cobalah untuk bicara dengannya. Jika hanya berdiam diri saja, sampai kapanpun masalah yang sedang kamu hadapi ini akan selalu saja ada dipikiranmu dan tidak akan cepat tertuntas. Malah akan membuatmu menjadi stres.

Selesaikanlah semua masalahmu satu persatu, mulai dari yang paling mudah sampai dengan yang paling sulit. Jangan menumpuk-numpuk masalah yang kamu hadapi, karena kelak akan menjadi bom waktu untukmu.

3. Selesaikan Masalahmu Dengan Berkepala Dingin.

Sebenarnya semua bisa bicarakan dengan baik-baik. Selain itu berbicara dengan bai,  juga dapat menghindarkan dari pertengkaran. Bicaralah dengan menggunakan kepala dingin, dan selesaikan masalah dengan tenang.

Baca Rekomendasi :   Jangan Menilai Orang Dari Penampilannya Saja, Tapi Dari Sikap dan Perilakunya

4. Jangan Pernah Menggunakan Emosi.

Tetaplah rileks dan jangan terlalu terbawa emosi, apapun permasalahannya itu kamu juga harus bisa mengatur suasana agar tidak menjadi panas. Dan agar permasalahan tersebut cepat terselesaikan dengan baik.

5. Jangan Pula Bersikap Kekanak-Kanakan, Bersikaplah Lebih Dewasa.

Bersikaplah dewasa terhadap masalah yang sedang kamu hadapi ini, jika dia salah cobalah beri tahu kesalahannya. Jika dia tidak ingin meminta maaf cobalah untuk mengalah dengan memaafkan kesalahan yang dia perbuat.

Dan jika kamu yang salah, kamu harus mencoba meminta maaf terlebih dahulu dengan berbicara baik-baik. Dan anggap setiap permasalahan yang sedang kamu hadapi ini, sebagai pelajaran dalam hidupmu agar kejadian tersebut tidak terulang kembali.

Baca Rekomendasi :   Jangan Berhenti Taubat, Meski Dosa Selalu Berulang

6. Bukankah Semua Cobaan Ini Berasal Dari Sang Khaliq, Jadi Mendekatkan Diri Kepada Allah.

Berdo’a dan meminta pertolonganlah kepada Allah, agar dipermudahkan segala urusan dalam menghadapi permasalahanmu ini. Percayalah jika kamu diberi ujian itu tandanya kamu sanggup dalam menghadapinya, bukan ingin membuatmu menjadi terpuruk. Tetaplah selalu berpikir baik kepada Allah, dan yakin bahwa masalah yang kamu hadapi ini pasti bisa kamu selesaikan dengan baik jika kamu selalu mencoba menghadapi permasalahanmu dengan baik.

Kadang seiring waktu berjalan masalah terus-menerus selalu menimpa, itu bukan dari masalahnya tapi dari diri sendiri. Pikirkan apa yang sudah kamu perbuat sehingga menimbulkan permasalahan terhadap hidupmu, dan mencoba untuk menyelesaikannya bukankah itu hal yang harus kamu lakukan untuk meringankan beban pikiran.

1 Comment
  1. […] negatif bagi dirinya sendiri. Jika memang kamu mempunyai masalah, kamu juga harus mempunyai cara menghadapi masalah lainnya dan tentunya bukan hanya dengan […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page