5 Wisata Alam di Maros yang Harus Kamu Kunjungi

Rammang-rammang merupakan lembah yang dikelilingi pegunungan kapur di Maros

Rammang-rammang maros via instagram.com @thevirginplace
2 311

Maros adalah sebuah kabupaten di Sulawesi Selatan yang berbatasan langsung dengan Kota Makassar. Kabupaten yang memiliki 14 kecamatan ini terkenal dengan topografinya yang bervariasi mulai dari pantai hingga pegunungan. Tak heran jika di tempat ini tersebar berbagai wisata alam dengan pemandangan yang menawan.  Langsung saja yuk, simak tempat wisata alam paling direkomendasikan di Maros berikut ini.

1. Telaga Wae Merrungnge

Telaga Wae Merrungnge berada di wilayah Kecamatan Bantimurung. Objek wisata ini selalu ramai baik libur akhir pekan maupun di musim liburan. Keunikan telaga ini terdapat pada airnya yang tampak berwarna biru. Nama Wae Merrungnge sendiri berarti “Mata Air yang Memanggil dari Kejauhan”.

Dilihat dari atas, telaga yang dikelilingi pohon yang rindang ini sangat indah. Tak hanya menikmati keindahannya, kamu bisa berendam dan berenang di dalam telaga yang jernih ini.

2. Rammang  Rammang

Rammang-rammang merupakan lembah yang dikelilingi pegunungan kapur di Maros. Tempat ini bisa dicapai dengan perjalanan kira-kira 1,5 jam berkendara dari Makassar ke arah utara. Lokasinya tak jauh dari jalan lintas provinsi sehingga sangat mudah ditemukan.

Baca Rekomendasi :   Ke Maros, Jangan Lewatkan Keindahan Air Terjun Taipa yang Tersembunyi
Rammang-rammang maros
Rammang-rammang maros via instagram.com @thevirginplace

Di lembah tersebut terdapat aliran sungai yang jernih dan tidak deras, sehingga kamu bisa berjalan menyusuri sungai. Selain itu, di Rammang Rammang terdapat berbagai spot menarik seperti Taman Hutan Batu Kapur, Gua Bulu’ Barakka, Sungai Pute, Telaga Bidadari, Gua Pasaung, dan Gua Telapak Tangan.  Luas hutan batu kapur di sini sekitar 45 ribu hektare sehingga tercatat sebagai hutan batu kapur terluas ketiga di dunia.

3. Air Terjun Bantimurung

Air Terjun Bantimurung menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Ketinggian aliran airnya mencapai 15 meter dengan lebar 20 meter. Airnya begitu sejuk dan dingin serta mengalir terus tanpa mengenal musim. Di bawahnya terdapat pemandian dengan kedalaman mulai dari mata kaki sampai pinggang yang bisa digunakan untuk berenang dan berendam. Namun, tahukah kamu bahwa ada Air Terjun Bantimurung di Luwu Utara?

Baca Rekomendasi :   Ke Maros, Jangan Lewatkan Keindahan Air Terjun Taipa yang Tersembunyi

Di sebelah air terjun terdapat tangga setinggi 10 meter yang menuju ke gua yang ada di sisinya. Daya tarik lain dari Air Terjun Bantimurung ialah kupu-kupu yang sangat banyak dan beragam. Kupu-kupu tersebut juga dijadikan sebagai souvenir dengan diawetkan di dalam botol kaca yang dapat kamu beli seharga mulai Rp5.000 hingga Rp25.000.

4. Taman Leang Leang

Tempat wisata di Maros ini merupakan pegunungan karst terbesar di dunia. Di taman Leang Leang ini terdapat gua yang di dalamnya terdapat artefak purbakala seperti mata panah dan lukisan cap tangan di dindingnya yang diperkirakan dibuat pada 40.000 tahun yang lalu.

Di dalam gua juga terdapat ada stalaktit yang meneteskan air ke dasarnya. Selain menawarkan keindahan peninggalan purbakala, di taman ini terdapat fasilitas yang lengkap seperti gazebo, tempat parkir, musala, kamar mandi, hingga penginapan.

Baca Rekomendasi :   Ke Maros, Jangan Lewatkan Keindahan Air Terjun Taipa yang Tersembunyi

5. Bukit Kanari Cenrana

Bukit Kanari berada di Dusun Malaka, Desa Cenrana Baru, Maros. Dari pusat kota bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1,5 jam. Puncak bukit Kenari Cenrana adalah salah satu lokasi favorit wisata bagi anak muda di Maros.

Tempat ini memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan serta banyak terdapat area yang Instagramable buat berfoto-foto. Spot foto yang menarik antara lain pintu dengan hiasan sayap, rangkaian kayu berbentuk hati, dan balai dengan bendera merah putih.

Di sini, kamu juga boleh ber-camping dan mendirikan tenda. Jadi, kamu bisa menikmati suasana malam dan menikmati keindahan pemandangan dari ketinggian sambil membuat api unggun.

Ternyata Maros menyimpan keindahan wisata alam yang juga bernilai sejarah dan dapat menjadi wisata edukasi. Sudah terbayang bukan, tempat wisata mana dulu yang ingin kamu kunjungi?

2 Comments
  1. […] menarik di sana. Kabupaten Maros mempunyai begitu banyak tempat wisata alam yang indah dan eksotis. Wisata alam maros bahkan sering di sandingkan dengan wisata Thailand […]

  2. […] Objek wisata ini selalu ramai baik libur akhir pekan maupun di musim liburan. Keunikan telaga ini terdapat pada airnya yang tampak berwarna biru. Nama Wae Merrungnge sendiri berarti “Mata Air yang Memanggil dari Kejauhan”. Baca Selengkapnya … […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page