Ke Maros, Jangan Lewatkan Keindahan Air Terjun Taipa yang Tersembunyi

Air Terjun Tujuh Tingkat yang Mempesona

Air Terjun Taipa via instagram.com @tukang_jalann
0 241

Maros memang tidak sepopuler kota di sebelahnya, Makassar, tetapi bukan berarti tidak ada tempat wisata menarik di sana. Kabupaten Maros mempunyai begitu banyak tempat wisata alam yang indah dan eksotis. Wisata alam maros bahkan sering di sandingkan dengan wisata Thailand juga.

Mulai dari pegunungan, pantai, bebatuan karst, hingga situs prasejarah di kota ini tak akan habis dijelajahi dalam satu atau dua hari. Salah satu tempat wisata alam yang tak boleh kamu lewatkan yaitu Air Terjun Taipa.

Air Terjun Tujuh Tingkat yang Mempesona

Letak air terjun ini cukup tersembunyi dan akses jalannya lumayan menantang. Sepanjang perjalanan menuju air terjun, terbentang hutan dan persawahan yang keindahannya memanjakan mata. Meski cukup menguras tenaga, perjalanan ini akan sangat menyenangkan dan terbayar ketika kamu sampai di air terjun.

Pesona air terjun ini terlihat dari bentuknya aliran yang terdiri dari tujuh tingkatan mengikuti tebing terjal yang dilaluinya. Jika ingin menikmati keindahan alamnya, kamu harus siap menaklukkan medan yang cukup menantang dan menguras tenaga hingga sampai di air terjun. Tentunya tempat wisata alam ini sangat cocok untuk traveler berjiwa petualang.

Baca Rekomendasi :   5 Wisata Alam di Maros yang Harus Kamu Kunjungi

Ketinggian air terjun ini mencapai 20 meter dengan kawasan di sekitarnya dipenuhi pohon aren dan bebatuan cadas. Area di sekitar masih terjaga keasliannya karena tidak terjamah oleh pengunjung. Udaranya pun begitu sejuk dan menyegarkan.

Sambil menghirup udara yang segar dan bebas polusi di sini, kamu bisa merasakan segarnya air terjun dengan langsung membasahkan diri di bawahnya. Di air terjun, kamu boleh berenang, bermain air, dan berfoto sepuasnya sambil mengagumi keindahan ciptaan Tuhan.

Fasilitas di Air Terjun Taipa

Di tempat wisata ini terdapat penginapan. Buat yang berasal dari luar kota Maros, kamu bisa beristirahat di sini sambil merasakan sensasi bermalam di kawasan wisata alam yang asri. Untuk masuk ke sini, tidak dikenakan tarif tiket alias gratis, hanya perlu mematuhi peraturan yang berlaku.

Baca Rekomendasi :   5 Wisata Alam di Maros yang Harus Kamu Kunjungi
Air Terjun Taipa
Air Terjun Taipa via instagram.com @tukang_jalann

Fasilitas lain di tempat wisata ini cukup memadai seperti area parkir, musala, dan kamar mandi, sehingga kamu tidak perlu khawatir bermain seharian. Agar acara refreshing di sini lebih nyaman, jangan lupa bawa pakaian ganti, sabun, sampo, dan tisu basah, serta handuk untuk bersih-bersih setelah mandi di air terjun.

Cara Menuju ke Air Terjun Taipa

Lokasi Air Terjun Taipa berada di Kampung Taipa, Dusun Tombolo, Desa Tompobulu, Kabupaten Maros. Untuk sampai di lokasi, kamu bisa membawa kendaraan pribadi atau menyewa hingga sampai di Kampung Taipa, selanjutnya jalan kaki sejauh 1 km sampai ke tempat air terjun berada.

Dari pusat kota Maros, kamu bisa menuju ke tempat ini kurang lebih satu jam berkendara. Jalan menuju ke air terjun cukup menantang, terjal, menanjak, dan berbatu. Ketika hujan, kamu harus lebih hati-hati agar tidak terpeleset, terutama jika mengendarai sepeda motor.

Baca Rekomendasi :   5 Wisata Alam di Maros yang Harus Kamu Kunjungi

Untuk kamu yang berasal dari luar Sulawesi, tentunya harus melalui perjalanan panjang agar sampai ke tempat ini. Setelah sampai di Bandara Hasanuddin Makassar, carilah bus shuttle yang akan membawamu keluar dari area bandara. Turun di perhentian bus di ujung jalan masuk bandara, kamu harus menyeberang ke jalan besar. Dari sana kamu dapat mencari angkot atau Pete Pete dalam bahasa setempat yang menuju ke Maros.

Tak hanya ke Air Terjun Taipa, wisatawan yang datang ke Maros biasanya juga mengunjungi Rammang Rammang dan Taman Purbakala Leang Leang. Jadi, jika sudah sampai di Maros, sekalian saja eksplorasi wisata di sini sepuasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page