Sebelum Memaksakan Kehendak Kepada Sang Anak, Orangtua Juga Perlu Tahu Hal Ini!

Setiap anak juga ingin diberikan kesempatan dan ruang untuk melakukan apa yang mereka ingin lakukan

0 305

Semakin beranjak dewasa, setiap anak tentunya sudah bisa memilih dan menentukan pilihannya sendiri. Namun, bertumbuhnya sang anak menjadi dewasa, tidak sedikit orangtua yang masih saja menginginkan anaknya seperti apa yang mereka inginkan. Sementara sang anak, terkadang mempunyai jalan atau impian yang tak seperti keinginan orangtuanya alias bertolak belakang.

Memang sebagai anak kita harus berbakti kepada orang tua. Karena memang yang bisa dicari, ilmu bisa digali tapi kesempatan untuk mengasihi orang tua takkan terulang kembali. Meskipun demikian, orang tua tak bisa memaksakan semua kehendaknya dengan anak. Nah, sebelum memaksakan kehendak kepada sang anak, mungkin beberapa hal ini perlu orangtua ketahui terlebih dahulu!

Sebelum memaksakan kehendak, coba deh dilihat lagi, apakah keinginan orangtua itu sejalan atau tidak dengan keinginan sang anak

Orangtua tentunya menginginkan yang terbaik untuk sang anak. Tak ada satu pun orang tua yang ingin memberikan yang terburuk untuk anaknya. Namun, orangtua juga perlu tahu, apakah inginnya orangtua itu sejalan atau tidak dengan inginnya sang anak. Sebab, beranjaknya sang anak menuju dewasa, tentunya sang anak juga berhak untuk memilih dan menentukan pilihannya sendiri. Memaksakan kehendak orangtua tanpa mempertimbangkan sang anak malah akan membuat kondisi yang tak baik pada akhirnya.

Baca Rekomendasi :   Allah Menguji Bukan Untuk Menyakiti, Agar Kamu Menjadi Pribadi yang Lebih Baik Lagi

Sebagai anak, tentunya mereka tak ingin mengecewakan orangtua, namun mereka juga ingin agar orangtua bisa mengerti akan diri mereka

Tak seorang anak pun tentunya ingin mengecewakan orangtuanya. Setiap anak tentunya ingin menjadi anak yang berbakti kepada orangtua. Dengan orang tua meminta sang anak untuk menuruti apa yang mereka inginkan, untuk menjadi seperti apa yang mereka mau, sementara sang anak punya jalan mereka sendiri.

Disanalah letak kebimbangan pada diri sang anak. Disatu sisi mereka tidak ingin mengecewakan orang tua. Disatu sisi lagi, mereka juga ingin agar orangtua bisa mengerti apa inginnya mereka. Jadi coba deh untuk duduk bersama dan saling mengutarakan isi hati.

Setiap anak tentunya ingin diberi ruang dan kesempatan untuk melakukan apa yang mereka inginkan

Pak, bu, anak-anakmu kini bukan lagi anak kecil yang segala sesuatunya masih harus dengan perintah orangtua. Kini anak-anakmu sudah mulai beranjak dewasa. Mereka sudah mulai tahu dan menata tujuan hidup untuk masa depan. Jadi, sebelum memaksakan kehendak orangtua untuk menjadi seperti apa yang orangtua inginkan, setiap anak juga ingin diberikan kesempatan dan ruang untuk melakukan apa yang mereka ingin lakukan.

Baca Rekomendasi :   Sesulit Apapun Hidupmu, Jangan Menyerah Berjuang, Tuhan Pasti Bersamamu

Karena jika kesempatan saja tak mereka dapatkan, bagaimana mereka bisa membuktikan bahwa mereka juga bisa sukses dengan jalan yang mereka pilih.

Orangtua juga perlu mempertimbangkan akan kondisi sang anak nantinya sebelum memaksakan kehendak

Ketika sang anak menjalankan sesuatu yang sebenarnya tak sesuai dengan inginnya, menjalankan hal tersebut karena “paksaan” orangtua, pastinya akan berdampak pada diri sang anak nantinya. Sebab, menjalankan sesuatu dengan setengah hati itu tentunya akan berat jika dibandingkan menjalankan sesuatu yang memang keinginan dari diri sendiri.

So, mungkin orangtua pun perlu berfikir dan mempertimbangkannya lagi sebelum terlalu memaksakan kehendak kalian kepada sang anak. Daripada berdampak buruk pada kondisi sang anak nantinya.

Coba deh perbanyak berdiskusi dengan sang anak untuk tahu inginnya mereka, agar memaksakan kehendak orangtua itu tidak lagi terjadi

Mungkin selama ini antara kamu dan orangtuamu jarang untuk berdiskusi atau bertukar pikiran. Atau mungkin selama ini orangtua yang tak memberikan sang anak ruang untuk menjelaskan apa yang mereka inginkan. Jika ini terjadi, sebenarnya yang dibutuhkan oleh sang anak dan orangtua hanya duduk bersama dan saling mengutarakan maksut hati.

Baca Rekomendasi :   Jangan Berhenti Taubat, Meski Dosa Selalu Berulang

Agar masing-masing saling mengerti dan paham. Sang anak paham inginnya orangtua seperti apa, dan orangtua pun paham inginnya sang anak yang seperti apa. Jika ini sudah dilakukan, percaya deh tak akan ada lagi yang namanya memaksakan kehendak orangtua itu terjadi kepada sang anak.

Itu dia beberapa hal yang perlu orangtua ketahui sebelum memaksakan kehendak kepada sang anak. Jadi sebagai orangtua pun perlu untuk mengerti akan kondisi dan inginnya sang anak terlebih dahulu. Dan sebagai anak, kamu pun juga harus bisa menjelaskan apa yang kamu inginkan agar orangtuamu bisa mengerti. Ingat, orangtua adalah orang yang harus selalu kamu hormati dan hargai!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page