5 Tempat di Toraja yang Wajib Kamu Datangi Untuk Pecinta Alam Terbuka

Ingin Mencari Suasana Tenang di Alam Terbuka, Inilah 5 Tempat di Toraja yang Wajib Kamu Datangi

Perbukitan Ollon Bonggakaradeng via instagram.com
0 238

Toraja dikenal sebagai kawasan wisata budaya yang menyimpan warisan kebudayaan leluhur masyarakat Suku Toraja sejak dulu. Namun, ternyata tempat ini juga mempunyai destinasi wisata alam yang menawan. Banyak tempat-tempat dengan pemandangan eksotis yang belum dikembangkan sebagai objek wisata, tetapi menarik untuk dikunjungi. Berikut ini tempat-tempat istimewa di Toraja yang masih jarang dieksplorasi.

1. Gumuk Pasir Rantebua

Gumuk Rantebua ini berada di Lembang Rantebua Sumalu, Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Gumuk pasir ini terbentuk dari terkumpulnya butir-butir pasir yang diterbangkan angin sehingga membentuk bukit. Karena pola pergerakan angin yang berubah-ubah, bentuk gumuk pasir pun terlihat bergelombang. Gundukan pasir hitam ini berbentuk padat sehingga dapat digunakan untuk berseluncur di atasnya.

Untuk menuju ke tempat ini, kamu harus melalui Rantepao dengan perjalanan selama kurang lebih satu jam. Setelah itu, kamu harus berjalan kaki sekitar 500 meter untuk sampai ke bukit pasir ini.

Baca Rekomendasi :   Tour Sehari di Kota Makassar, Mana Saja Tempat yang Bisa Dikunjungi?

Sampai di sini, sebaiknya kamu berkemah agar bisa mendapatkan pemandangan paling menakjubkan yaitu ketika matahari terbit. Karena lokasinya terpencil, kamu harus bertanya kepada warga sekitar.

2. Perbukitan Ollon Bonggakaradeng

Bonggakaradeng merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Tana Toraja. Di sini terdapat tempat yang menyerupai bukit di serial Teletubbies dengan sungai yang mengalir membelah perbukitan, namanya perbukitan Ollon.

Perbukitan Ollon Bonggakaradeng
Perbukitan Ollon Bonggakaradeng via instagram.com

Karena belum dijadikan sebagai tempat wisata, wilayah ini masih jarang dikunjungi wisatawan. Di sini kamu bisa berkemah, jelajah kawasan perbukitan dan sungai, serta menikmati keindahan alam perkebunan. Kamu juga akan menyaksikan kuda dan sapi yang berkeliaran bebas di sini.

Untuk menuju ke tempat ini, disarankan kamu menggunakan sepeda motor trail karena medannya cukup sulit dan terjal.

3. Air Terjun Sarambu Sikore

Air Terjun Sarambu Sikore berada di Kabupaten Tana Toraja. Ketinggian aliran airnya mencapai 90 meter dari permukaan tanah. Keindahan alam air terjun ini masih terjaga dengan udaranya yang bersih dan debit air yang mengalir deras. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, siapa pun yang mandi di air terjun ini akan awet muda.

Baca Rekomendasi :   Pantai Lemo Lemo, Pantai Unik yang Cantik di Bulukumba

Di sekeliling air terjun terdapat hutan dengan pepohonan rindang yang menjadi rumah bagi beragam satwa liar termasuk burung. Maka ketika berada di sini kamu bisa mendengar kicauan burung bersahutan bersatu dengan deru aliran air.

4. Air Terjun Talondo Tallu

Air Talondo Tallu berada di Desa Burasia, Kecamatan Bittuang, Kabupaten Tana Toraja. Air terjun ini mempunyai keunikan berupa alirannya yang bercabang tiga. Percabangan merupakan gabungan aliran Sungai Rabung dan Sungai Pekalian yang menjadi Sungai Talondo.

Di sini terdapat seorang penjaga air terjun yaitu Indo’ Talando yang memiliki rambut sepanjang 7-9 meter. Menurut masyarakat setempat, rambutnya telah dipelihara sejak usia 10 sampai 65 tahun. Sewaktu-waktu beliau melakukan ritual di sini untuk menjaga kawasan tersebut dari hal-hal yang tak diinginkan.

Baca Rekomendasi :   Bukit Maddo, Tempat Terbaik Memandang Panorama Kota Barru dari Ketinggian

5. Air Terjun Sarambu Assing

Air Sarambu Assing berada di Lembang Kandua, Kecamatan Bittuang, Kabupaten Tana Toraja. Air terjun ini masih alami dan letaknya agak terpencil. Jadi, jika ingin berkunjung ke sini, kamu harus ditemani oleh pemandu yang mengetahui kondisi medan. Air terjun berada di dalam hutan, sehingga cocok untuk kamu yang menyukai aktivitas petualangan.

Keunikan yang dimiliki ialah ketinggian yang mencapai 70 meter dengan air yang deras dan jernih serta keberadaan pelangi berwarna merah yang kerap muncul di sini. Di bawahnya juga terdapat kolam dan aliran anak sungai yang mengalir ke dalam hutan.

Di samping masih alami dan jauh dari keramaian, untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata alam di Toraja yang disebutkan di atas juga tidak dikenakan tiket alias gratis. Akan tetapi, tentunya kamu harus berjuang untuk sampai ke sana. Selamat berpetualang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page