Ini Dia Tips Berpetualang di Celebes Canyon, Barru untuk Keseruan yang Terlupakan

Celebes Canyon yang juga dikenal sebagai Benteng Murung oleh penduduk setempat merupakan hamparan bebatuan eksotis yang dialiri oleh air terjun

Celebes Canyon via instagram.com @randy_renaldy
0 173

Mengeksplorasi alam Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan memang seakan tak ada habisnya. Salah satu tempat yang wajib kamu datangi ialah Celebes Canyon. Keindahan panoramanya yang tak kalah menawan dengan canyon berada di Amerika pasti membuat kamu terpesona. Jadi kamu harus mengetahui, bahwa Sulawesi itu bukan hanya Makasar saja, meski kamu bisa wisata Makasar dalam sehari.

Tempat Menikmati Kedamaian Sekaligus Olahraga

Celebes Canyon yang juga dikenal sebagai Benteng Murung oleh penduduk setempat merupakan hamparan bebatuan eksotis yang dialiri oleh air terjun. Tempat ini bisa jadi wisata untuk kamu yang menginginkan tempat rekreasi yang indah dan murah meriah.

Berjalan kaki menuju ke canyon, kamu akan disuguhi pemandangan hamparan ladang kacang-kacangan berlatar Gunung Pange. Canyon ini berada di Sungai Ule yang airnya jernih dan dangkal, hanya sedalam 30 cm. Jadi, kamu bisa menyusuri sungai hingga ke ujung.

Baca Rekomendasi :   Asyiknya Camping di Padang Rumput Lappa Laona Barru

Di sini, kamu akan menemukan aliran air terjun setinggi 2 meter dengan kolam alami di bawahnya. Aliran sungai yang mengaliri canyon sangat jernih. Di kolam tersebut, kamu bisa berenang, menyelam, berendam, atau melakukan river tubing. Selain bermain air di air terjun dan berfoto-foto, kamu juga boleh berkemah di sini.

Bagi pencari kedamaian di alam, cukup dengan duduk di atas bebatuan sambil merasakan hembusan angin dari pepohonan dan mendengarkan gemercik air sudah cukup menenangkan. Kamu juga bisa sambil berolahraga naik turun bebatuan untuk membakar kalori. Namun, tetap hati-hati karena ukuran batu-batunya besar dan bahaya jika kamu sampai terjatuh.

Karena tempat wisata ini masih baru, fasilitasnya belum begitu memadai dan masih dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat. Mereka berinisiatif membuka tempat parkir untuk memfasilitasi pengunjung sekaligus mengumpulkan dana untuk memperbaiki jalan menuju lokasi yang kurang nyaman dilalui.

Baca Rekomendasi :   Menengok Kehidupan Suku Kajang di Kawasan Adat Ammatoa

Rute Menuju Celebes Canyon

Celebes Canyon cukup mudah dicapai dan dekat dengan tempat wisata Air Terjun Waesai di Lompo Riaja dan Pantai Ujung Batu di Sumpang Binangae. Lokasi tepatnya yaitu di Desa Libureng, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru.

Jika dari Makassar, kamu dapat langsung menuju ke Barru melalui Maros. Dari pusat kota Barru, ikuti jalan Pangkajene sampai ke Kecamatan Tanete Riaja, kemudian ke Desa Libureng. Di sana terdapat petunjuk jalan ke lokasi tempat ini.

Untuk menuju ke tempat ini, sebaiknya kamu naik sepeda motor, karena jalan yang dapat dilalui mobil masih sangat jauh dari tempat wisata. Setelah memarkir kendaraan, kamu harus berjalan kaki selama 20 menit dan berjalan turun sedikit ke bawah untuk mencapai canyon.

Tips Liburan ke Celebes Canyon

Karena belum resmi menjadi tempat wisata, di sini pun tidak terdapat fasilitas penunjang seperti toilet dan tempat makan. Jadi, ketika berwisata ke sini, kamu harus membawa makanan dan minuman sendiri, serta membawa kembali sampahnya agar tidak mengotori kawasan ini.

Baca Rekomendasi :   5 Tempat di Toraja yang Wajib Kamu Datangi Untuk Pecinta Alam Terbuka

Jika datang ke sini sebaiknya jangan di musim hujan karena air bah bisa saja datang tiba-tiba. Jadi, ketika di kawasan Gunung Pange hujan, sebaiknya kamu tidak datang ke sini. Sebaiknya datanglah ketika musim kemarau di mana air tidak terlalu deras dan tampak jernih sehingga bagian dasarnya dapat terlihat jelas.

Nah, itulah keseruan yang akan kamu rasakan ketika berlibur di Celebes Canyon. Jangan lupa membawa kamera dan menyiapkan power bank agar ponselmu selalu terisi karena di sini sangat banyak spot-spot menarik untuk berfoto. Bawa juga pakaian ganti dan alas kaki yang nyaman.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page