5 Air Terjun di Gowa Ini Sangat Indah dan Belum Ramai Pengunjung

Berikut ini deretan air terjun terindah yang ada di Gowa, Sulawesi Selatan untuk kamu jelajahi

Air Terjun Parangloe via instagram.com @armanabdrhmn
0 137

Kabupaten Gowa memiliki begitu banyak tempat wisata alam yang menawarkan keindahan, di antaranya air terjun. Tak hanya satu, kota ini memiliki beberapa air terjun yang memiliki keistimewaan masing-masing. Berikut ini deretan air terjun terindah yang ada di Gowa, Sulawesi Selatan untuk kamu jelajahi.

1. Air Terjun Parangloe

Air Terjun Parangloe
Air Terjun Parangloe via instagram.com @armanabdrhmn

Air Terjun Parangloe berada di Desa Bori, dapat dijangkau dalam waktu sekitar 40 menit dari pusat kota. Keunikan air terjun ini ialah bentuknya yang bertingkat-tingkat dengan batu bersusun yang tampak rapi di sekitarnya. Air terjun dengan ketinggian 20 meter ini belum ramai dikunjungi dan suasananya sunyi. Ketika bermain air, kamu harus berhati-hati karena arusnya cukup deras. Di samping itu, jalan menuju tempat ini cukup curam dan licin.

2. Air Terjun Jeneberang

Air terjun berikutnya yang tak boleh kamu lewatkan adalah Air Terjun Jeneberang di hulu Sungai Jeneberang. Tempat ini berada di kawasan wisata Malino, Kecamatan Tinggimoncong. Lokasi air terjun ini cukup tersembunyi sehingga kamu harus bertanya kepada warga sekitar untuk menemukannya. Keindahan air terjun terlihat dari air yang mengalir di antara dua tebing batu yang alami. Dari belakang, air terjun tampak seperti gua yang bertirai.

Baca Rekomendasi :   Pulau Lae Lae, Destinasi Wisata Bahari yang Cuma Sejengkal dari Makassar

3. Air Terjun Lembanna

Air Terjun Lembanna terletak di Lembanna, desa terakhir sebelum sampai di Gunung Bawakaraeng. Menuju tempat ini, kamu akan berjalan selama 10-15 menit melalui jalanan yang masih alami berupa hutan pinus yang bersih dan tertata rapi. Di kawasan ini, kamu boleh mendirikan tenda dan berkemah atau menginap di rumah warga desa. Jangan khawatir, mereka terbiasa menerima tamu bermalam pada musim liburan.

Di sekitar tempat wisata ini belum banyak terdapat warung, sehingga kamu harus membawa makanan dan minuman sendiri. Untuk masuk, pengunjung tidak dikenakan tiket tetapi cukup membayar parkir sebesar Rp5.000 untuk sepeda motor dan Rp10.000 untuk mobil.

Baca Rekomendasi :   5 Tempat di Toraja yang Wajib Kamu Datangi Untuk Pecinta Alam Terbuka

4. Air Terjun Biroro

Air terjun setinggi 15m ini berlokasi di Desa Bonrolurang, Kecamatan Tinggimoncong aliran airnya berasal dari Gunung Bawakaraeng. Karena lokasinya yang tersembunyi, air terjun ini jarang dikunjungi oleh wisatawan. Dari sini kamu bisa memandang hamparan sawah dan puncak Gunung Bawakaraeng dengan jelas.

Daya tarik lainnya, di bawah aliran air terjun, terdapat kolam alami dengan kedalaman 5 meter yang dapat digunakan untuk berenang dan menyelam. Untuk mencapai air terjun, kamu harus memarkir kendaraan di perkampungan dan berjalan kaki sejauh 2km. Karena belum diresmikan menjadi tempat wisata, tidak dikenakan karcis untuk masuk.

5. Air Terjun Takapala

Air terjun ini termasuk tempat wisata favorit di dataran tinggi Malino. Tingginya mencapai 109 meter dengan debit air cukup besar saat musim hujan. Di bawah aliran air terdapat kolam dengan luas 30 meter. Di sini, pengunjung tidak boleh berenang sampai ke tengah karena kedalamannya mencapai 10 meter.

Baca Rekomendasi :   Pantai Lemo Lemo, Pantai Unik yang Cantik di Bulukumba

Tempat ini telah dikemas sebagai tempat wisata yang tak hanya menawarkan keindahan panorama air terjun, tetapi juga kopi lokal dan kue khasnya. Untuk masuk ke lokasi, pengunjung harus melalui gerbang dan membayar karcis sebesar Rp5.000 per orang.

Menyusuri perbukitan dan hutan menuju air terjun di Gowa memang petualangan yang menyenangkan. Apalagi setelah menikmati guyuran air segar dari aliran sungai yang jernih. Namun, jangan lupa jagalah kebersihan dan selalu berhati-hati karena kondisi alam kadang tak dapat diprediksi.

Nah, itulah 5 Air Terjun di Gowa Ini Sangat Indah dan Belum Ramai Pengunjung

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page