Bukit Maddo, Tempat Terbaik Memandang Panorama Kota Barru dari Ketinggian

Langit sore yang berwarna jingga keemasan bisa kamu temukan di bukit maddo

Bukit Maddo via instagram.com @mhsbri
0 323

Bukit Maddo berada di Dusun Maddo, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Tempat wisata alam ini cocok untuk kamu yang menyukai petualangan di alam terbuka, menikmati pemandangan, dan matahari terbenam di ketinggian.

Dari Makassar Bukit Maddo dapat dijangkau dalam waktu sekitar dua jam. Sementara dari pusat kota Barru, tempat ini bisa dicapai dalam waktu hanya 15 menit. Jika membawa kendaraan sendiri, kamu bisa memarkir di kaki bukit, kemudian berjalan kaki menuju ke atas.

Keindahan Bukit Maddo

Langit sore yang berwarna jingga keemasan, sesekali terlihat rombongan burung terbang melintasi angkasa, serta hembusan angin yang sejuk, pasti menjadi senja yang sempurna untukmu. Di Bukit Maddo, kamu dapat menikmati suasana ini begitu sampai di puncak.

Dari kaki bukit kamu harus melalui jalur menanjak selama 30 menit. Jalurnya cukup mudah dilalui dan tidak sesulit naik ke puncak gunung. Di sepanjang jalan, kamu juga akan berpapasan dengan warga yang menggembalakan sapi atau berkebun. Dari punggung bukit mulai terlihat panorama Kabupaten Barru dan deretan pegunungan yang ada di bagian selatan Pulau Sulawesi.

Baca Rekomendasi :   Rumah Kurcaci D’Sawah, Tempat Wisata Baru di Malino yang Bikin Nyaman
Bukit Maddo
Bukit Maddo via instagram.com @mhsbri

Hamparan padang rumput ini pastinya akan membuatmu merasa seakan-akan berada di sabana benua Afrika. Sawah yang terbentang indah, sungai yang berkelok-kelok, serta perumahan penduduk pastinya bisa menjadi latar belakang foto yang menarik untuk media sosialmu. Jika kreatif, kamu bisa banyak mendapatkan lebih banyak spot foto menarik di sini.

Bukit ini cocok sebagai latihan mendaki bagi pemula. Hanya dalam waktu kurang dari satu jam kamu dapat mencapai puncak, tetapi kamu harus berhati-hati karena kemiringannya mencapai 45 derajat.

Setelah berada di puncak, jika melihat ke arah timur, kamu akan mendapati sungai, hutan, dan pegunungan yang indah. Di sebelah barat ada pemandangan kota Barru dan persawahan yang tampak indah.

Baca Rekomendasi :   Pulau Lae Lae, Destinasi Wisata Bahari yang Cuma Sejengkal dari Makassar

Di sini, kamu juga boleh mendirikan tenda untuk berkemah agar bisa menikmati suasana matahari tenggelam dan terbit sambil bersantai. Akan tetapi, kamu harus mencari tempat yang rata karena hampir seluruh permukaan puncak bukit ini berbatu.

Selain hiking dan berkemah, tempat ini sesuai untuk lokasi foto prewedding, foto untuk album kenangan bersama teman-teman, atau foto landscape. Agar mendapatkan foto dengan kondisi cahaya yang bagus, pilih waktu yang tepat untuk berkunjung yaitu pagi sebelum pukul sembilan atau sore hari setelah pukul empat sore. Di waktu tersebut sinar matahari tidak terlalu menyengat, sehingga nyaman untuk bermain-main. Jangan lupa bawa camilan dan minuman untuk menemani harimu yang indah di sini.

Surga Paralayang di Barru

Selain jadi tempat menyepi dari aktivitas sehari-hari, Bukit Maddo juga merupakan spot terbaik untuk bermain paralayang karena padang rumputnya sangat luas dan laju anginnya stabil. Setiap bulan Oktober, Komunitas Paralayang Barru akan menggelar Festival Paralayang Maddo. Event ini biasanya akan diramaikan oleh pecinta paralayang dari berbagai daerah.

Baca Rekomendasi :   5 Tempat di Toraja yang Wajib Kamu Datangi Untuk Pecinta Alam Terbuka

Jika ingin mencoba olahraga ini, kamu dapat mengikuti latihan dengan instruktur yang telah mendapatkan lisensi dari TNI AU. Agar mahir, kamu perlu berlatih sebanyak 5 kali pertemuan untuk teori dan 5 kali praktik selama sebulan. Dalam pelatihan, kamu akan diperkenalkan dengan peralatan paralayang, ground handling, aero dinamika, cara terbang, dan belajar mendarat. Biaya yang diperlukan untuk sekali terbang ialah sebesar Rp400.000. Khusus pemula, landasan paralayang berada di bukit yang lebih rendah yaitu Bukit Siswa.

Bagaimana? Tertarik mencoba paralayang, berkemah di puncak, atau melakukan pemotretan untuk momen spesial di Bukit Maddo? Pastinya semua akan jadi liburan yang menyenangkan di sini selama kamu menjaga keselamatan diri dan lingkungan sekitar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page