5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Saat Menyelesaikan Konflik Dalam Hubungan, Catat!

Berbicaralah dari hati ke hati agar kamu dan dia saling mengerti

Mendapatkan pengganti yang lebih baik via instagram.com @in.memoria
0 431

Konflik dalam hubungan itu adalah hal yang biasa dialamai setiap pasangan. Dan setiap konflik yang ada itu selesai tergantung bagaimana setiap pasangan bersama-sama menyelesaikannya. Akan di selesaikan dengan kepala dingin atau kah akan sama-sama merasa menjadi orang yang paling benar dalam permasalahan hubungan kamu dengan mengedepankan ego masing-masing. Setiap masalah itu akan ada jalan keluarnya.

Namun balik lagi, bagaimana kamu dan pasanganmu menyelesaikannya. Nah, berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menyelesaikan konflik dalam hubunganmu. Apa saja sih? Yuk simak!

1. Cobalah berbicara berdua dan utarakan apa yang kamu rasakan

Konflik itu diselesaikan dengan komunikasi. Sampaikan apa yang kamu rasakan kepada pasanganmu. Berbicaralah berdua dari hati ke hati agar kamu dan dia saling mengerti. Berbicaralah dengan suasana yang tenang, tanpa kekesalan, dan juga tanpa ego yang di kedepankan. Agar permasalahanmu pun menemukan titik terang.

Sebab hanya dengan berkomunikasi dengan berbicara dan saling menyampaikanlah solusinya akan terlihat. Dari sana kamu berdua tau apa yang salah. Hingga setelahnya bisa diperbaiki dan tak lagi terjadi kesalahan yang sama.

2. Jika kamu butuh waktu untuk menenangkan diri, sampaikanlah. Lalu kembali ketika hatimu sudah merasa bisa untuk berbicara

Tak mengapa jika kamu butuh waktu untuk menenangkan dirimu itu. Tapi sampaikanlah padanya bahwa kamu butuh waktu terlebih dahulu. Agar ia pun tidak berfikiran bahwa kamu pergi begitu saja saat konflik tengah terjadi pada hubunganmu. Dan ketika hatimu merasa tenang dan siap untuk berbicara, maka temuilah pasanganmu itu.

Berbicaralah dengannya dan utarakanlah apa yang seharusnya dan perlu diperbaiki dalam hubunganmu itu. Sampaikanlah apa yang salah dan seharusnya diubah. Karena ketika hatimu sudah merasa tenang dan siap untuk berbicara, biasanya setiap kalimat yang keluar dari mulutmu pun bukanlah kata-kata emosi.

3. Jangan mengeluarkan kalimat emosi yang berpotensi menyakiti hati pasanganmu

Mungkin moment menenangkan diri bisa menjadi salah satu cara untuk mengontrol emosi yang tengah menyelimuti dirimu sebab konflik dalam hubunganmu itu. Sebab ketika seseorang memaksa dirinya untuk segera menyelesaikan masalahnya dalam keadaan emosi, maka yang di khawatirkan perkataannya malah akan semakin menyakiti hati pasangannya.

Maka dari itu, ketika kamu sedang diliputi rasa emosi cobalah untuk mengontrol dirimu. Jangan sampai mengeluarkan kalimat atau kata-kata yang berpotensi menyakiti hati pasanganmu. Sebab jika itu terjadi, maka yang ada permasalahanmu malah akan semakin panjang.

4. Belajarlah untuk bisa menerima setiap kritikan dan masukan yang pasangamu coba utarakan

Ketika kamu dan pasanganmu saling berbicara, mungkin akan terucap dari mulutnya hal apa saja yang tidak dia sukai dari dirimu, dan begitu juga sebaliknya. Setiap kritikan dan masukan itu jangan kamu anggap sesuatu yang menjatuhkan dirimu. Anggaplah itu sebagai sesuatu yang membangun demi perbaikian hubunganmu dan pasanganmu.

Mungkin pasanganmu bukan tengah mencoba menjatuhkan atau menjelek-jelekkan dirimu. Mungkin dia hanya berusaha untuk mengutarakan apa yang dia rasakan kepadamu. Dan kamu harus bisa belajar untuk menerima setiap kritikan dan masukan yang sedang berusaha dia sampaikan.

5. Belajarlah untuk bisa saling memaafkan satu sama lain

Pada akhirnya saling memaafkan adalah hal yang seharusnya kamu lakukan ketika kamu dan pasanganmu sudah saling mengutarakan perasaan masing-masing terkait konflik dalam hubunganmu. Karena dengan saling memaafkanlah hubunganmu dan dia akan mejadi baik kembali.

Anggap saja konflik dalam hubunganmu itu sebagai bentuk proses saling mengenal diri masing-masing. Dan semoga dengan adanya konflik itu kamu dan dia jadi saling bisa mengerti dan memahami satu sama lainnya. Jangan sampai pasanganmu mempunyai alasan logis pasanganmu meninggalkanmu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page