Bukan Menentang Orangtua, Ini Alasan Kenapa Kamu Juga Perlu Memperjuangkan Inginmu

  • Bagikan

Setiap anak pastinya punya keinginan, pilihan, mimpi, atau rencana yang sudah ia rancang sedemikiannya. Namun, terkadang rencana itu jadi terhambat sebab tidak setujunya orangtua terhadap apa yang ingin anaknya lakukan. Seperti halnya dalam menentukan jurusan kuliah, universitas yang mana, dan hal hal lainnya yang ingin sang anak lakukan.

Tak jarang terkadang alasan orangtua untuk tidak setuju dengan pilihan sang anak itu sulit diterima oleh anaknya. Bahkan terkadang, sang anak pun harus terpaksa untuk mengikuti kemauan orangtua-nya. Alhasil mereka pun menjalankannya dengan setengah hati.

Setiap arangtua pastinya menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Namun dibalik pilihan orangtua itu, orangtua juga sebaiknya berdiskusi dengan sang anak. Agar sang anak pun dapat mempertimbangkan dan juga memikirkan antara pilihan orangtua atau pilihan yang anaknya sudah rencanakan.

Sebagai anak, kamu juga tidak masalah untuk menolak apa yang orangtuamu pilihkan untukmu jika memang tidak sejalan denganmu. Namun cara menolaknya pun juga harus lah dengan memberikan pengertian yang baik kepada orangtuamu. Bukankah orang tua lah yang mendidik kita dengan baik, jadi sayangi orang tuamu selagi maish ada, surgamu ada pada ridho mereka.

Baca Rekomendasi :   Jangan Banyak Bertanya Tentang Takdir, Apapun Itu Sudah Pasti yang Terbaik

1. Setiap prosesnya kamu yang akan menjalani. Tentunya kamu pula lah yang tahu kamu bisa melaluinya atau tidak

Apa yang kamu pilih itu, tentunya kamu sendiri pula lah yang akan melaluinya. Setiap prosesnya kamu yang akan memperjuangkannya. Maka kamu lah yang bisa menentukan untuk bisa melaluinya atau tidak. Memang orangtuamu mungkin ingin agar kamu bisa menuruti setiap ingin mereka. Namun jika inginnya itu bertolak belakang dengan dirimu, maka cobalah untuk berbicara kepada mereka dengan hati agar mereka pun dapat mengerti.

2. Setiap apa yang kamu jalankan dengan setengah hati pastinya akan terasa berat untuk kamu lalui

Jika kamu melakukan sesuatu dengan setengah hati bukan karena inginmu, kamu pasti akan merasakan berat untuk melalui itu. Setiap ada halangan yang kamu hadapi, kamu seolah ingin menyerah saja. Sebab dalam pikiranmu kamu pasti tidak akan bisa untuk melakukannya.

Baca Rekomendasi :   Percayalah, Hidup Itu Sebenarnya Mudah. Kamu Sendiri yang Buat Sulit

Namun jika kamu melakukan sesuatu dengan sepenuh hati, seberat apapun ujian dan rintangan di depan, kamu pasti akan berusaha bangkit ketika kamu merasa down. Jadi lakukanlah segala sesuatunya dengan sepenuh hati agar kamu pun tidak merasa terbebani.

3. Kamu juga berhak menentukan jalan dan pilihanmu sendiri

Bukan bermaksut menentang orangtua. Sebagai anak tentunya kamu juga berhak untuk menentukan jalan dan pilihan yang ingin kamu ambil. Terlebih jika itu menyangkut soal masa depanmu. Tidak mengapa jika kamu harus menolak inginnya orangtuamu. Tidak ada yang salah juga.

Namun, kamu pun juga harus bisa meyakinkan orangtuamu bahwa keputusan yang kamu ambil itu adalah yang terbaik untukmu, dan kamu pun yakin akan keputusanmu itu. Bukankah kamu selalu berdoa di setiap penghujung shalatmu dengan penuh harap, Ya Allah, semoga orang tuaku bisa melihat hari kesuksesanku kelak. Jadi jika memang punya pilihan lain, semuanya tergantung bagaimana cara kamu memberikan pengertian kepada orangtuamu untuk membuat mereka bisa menerima keputusanmu.

Baca Rekomendasi :   Jadikanlah Ibadahmu, Sholatmu Sebagai Kebutuhan Bukan Sekadar Kewajiban Belaka

4. Jika kamu memang harus menolak keinginan orangtuamu, maka tolaklah dengan cara yang baik

Pilihan orangtuamu itu mungkin baik untukmu menurut mereka. Namun pilihan mereka itu bisa saja tidak sesuai dengan inginmu. Nah jika itu yang kamu rasakan, cobalah menolaknya dengan cara yang baik. Dengan cara yang orangtuamu bisa menerima. Jangan menolak dengan cara yang kasar dan tidak baik kepada mereka. Sebab itu malah akan membuatmu menjadi anak yang melawan kepada orangtuamu.

Cobalah berikan pengertian yang baik kepada mereka. Kelak sekeras apapun mereka ingin kamu untuk menerima pilihan mereka, jika kamu bisa menyampaikannya dengan sangat baik pastinya orangtuamu pun akan mengerti. Percayalah, segala sesuatunya itu akan menemukan solusi jika dibicarakan dengan baik.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page