5 Tanda Bahwa Kamu Sudah Dewasa, Salah Satunya Bisa Mengontrol Emosi

Karena ukuran dewasa itu bukan hanya angka usiamu, tapi lebih ke sikapmu.

Tanda kamu sudah dewasa
0 92

Menjadi dewasa bukanlah hal yang mudah, terkadang juga kedewasaan seseorang tidak bisa dinilai hanya dari usia mereka namun lebih kepada perilaku dan sifatnya yang tercermin seperti apa. Dalam setiap proses yang kita jalani dalam hidup tentunya memberikan kita pembelajaran-pembelajaran yang dapat mengantarkan pada fase kedewasaan.

Selain itu, umur tidak bisa juga dijadikan sebagai acuan dewasa atau tidak seseorang karena umur hanyalah sebatas angka. Berikut merupakan beberapa hal yang merupakan dapat menjadi penanda apakah kamu sudah cukup dewasa atau tidak.

1. Kontrol Emosional yang Tinggi

Ketika kita mencoba untuk menahan amarah yang ada, maka disitulah kita diharuskan memiliki kontrol emosional yang tinggi. Sebetulnya ketika kita membicarakan mengenai kontrol emosional lebih ke semua perasaan yang kita miliki baik dalam hal marah, sedih, kecewa, dan lainnya. Apapun perasaan yang muncul dalam diri kita, sebelum mengungkapkannya maka kita harus berusaha mencerna terlebih dahulu untuk memahami dan melihat dari berbagai sisi.

Bisa Mengontrol Emosi
Bisa Mengontrol Emosi

Proses berpikir dan merenungi semua hal itulah yang dapat menjadikan kita lebih dewasa dalam menentukan sikap kedepannya karena berusaha menjauhkan sisi sensitif maupun emosional dan bersikap objektif.

2. Menghormati menjadi salah satu hal yang sangat penting

Ketika kamu sedang beranjak dewasa maka kamu akan lebih menghormati setiap perbedaan yang ada. Orang yang memiliki sikap dewasa adalah orang yang cukup paham terkait dengan perbedaan antar sesama manusia dan justru saat itulah dia mencoba untuk lebih menghormati dan sama sekali tidak mempermasalahakan setiap perbedaan yang ada atau tercipta.

Ia menyadari bahwa dimanapun kita berada tentu saja perbedaan itu akan selalu ada namun hal itu tidak dapat menjadikan alasan untuk kita tidak bisa bersikap hormat terhadap orang lain karena setiap orang memiliki pilihan dalam hidupnya.

3. Tidak memaksakan pendapat kepada orang lain

Kedewasaan seseorang terlihat dari cara orang tersebut untuk merespon semua hal yang berkaitan dengan pendapat atau opini orang lain. Ketika dia memiliki pendapat dan dia meyakini bahwa pendapatnya adalah benar maka ia akan cukup dewasa untuk tidak memaksakan pendapat itu kepada orang lain.

Karena ia cukup paham bahwa suatu pendapat yang dipaksakan hanya akan menjadi hal yang tidak berguna karena didapatkan kebenarannya dari paksaan dan ketakutan semata. Selain itu tiap orang meiliki kebebasan untuk mengutarakan pendapatnya masing-masing.

4. Sering berdamai dengan sakit hati

Ketika kita merasakan sakit hati maka kita sedang ada dalam jalan proses menuju kedewasaan. Orang dewasa akan merespon setiap rasa sakit yang diakibatkan oleh orang lain dan ditujukan kepada dirinya dengan sebuah pencapaian prestasi atau tujuan tertentu.

Tidak akan terlalu larut dalam rasa sakit hati yang disebabkan oleh orang lain maka orang dewasa akan menerima rasa sakit hatinya dan selalu mencoba untuk merubah menjadi lebih baik lagi daripada sebelumnya.

5. Menyadari bahwa yang menciptakan kebahagiaan adalah dirinya sendiri

Orang dewasa tidak akan memaksa orang lain atau orang-orang yang ada disekitarnya untuk memiliki tanggungjawab membahagiakan dirinya. Karena dia akan cukup sadar bahwa yang bisa membahagiakan dirinya adalah dirinya sendiri bukan orang lain.

Orang lain tidak memiliki kewajiban dan tanggungjawab dalam kebahagiaannya. Sehingga dia akan berusaha menciptakan kebahagiaan bagi dirinya sendiri, dalam prosesnya menciptakan kebahagiaan dari dirinya sendiri maka dia akan terlihat tampak menikmati hidupnya.

Itulah beberapa tanda yang bisa kamu jadikan referensi dan kamu dapat refleksikan terhadap dirimu. Apakah benar kamu sudah cukup dewasa saat ini?

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page