5 Tipe Genre Film Horor yang Wajib Kamu Tonton!

Dari horor yang supernatural sampai dengan folk horor. Semuanya ada!

Teror Gunung Ciremai
0 36

Di dunia perfliman dikenal dengan berbagai genre flim. Mulai dari komedi, romansa sampai dengan horor. Bagi kamu yang hobby menonton flim horor, tentu saja Horor Thailand tak bisa kamu lewatkan begitu saja. Film horor adalah film yang sangat menantang dan memacu adrenalin kita. Tak heran begitu banyak orang yang sangat menyukai film horor.

Sensasi dari menonton film hororlah yang membuat kita merasa hidup. Ternyata film horor sendiri begitu banyak jenisnya loh berdasarkan beberapa genre. Lantas, film horor dengan genre dan jenis seperti apa sih yang wajib untuk kamu coba tonton?

1. Horor Supernatural

Jenis horor supernatural sangat banyak kita temui sebagai deretan pilihan dalam menonton bioskop. Beberapa orang menggunakan istilah ‘paranormal horror’ pada jenis ini. Jenis film horor ini memuat elemen dunia supranatural dan paranormal yang bercerita mengenai hantu maupun iblis.

Yang sangat menjadi perhatian dalam jenis horor ini adalah reaksi manusia yang berhadapan langsung dengan kekuatan yang ada dalam dunia lain atau jenis makhluk lain yang tak kasat mata. Beberapa film dengan genre ini juga memiliki sub-genre lain atau bagian-bagian genre lain sebagai pendukung seperti rumah yang berhantu, agama, dan kehidupan setelah mati.
Contohnya adalah Insidious, The Conjuring, Suspiria, Hereditary, Pengabdi Setan, dan lainnya.

2. Horor Psikologi

Jenis horor yang kedua adalah horor psikologi. Jenis film horor ini terbilang unik dan memiliki tantangannya tersendiri. Jenis ini berfokus pada mental, emosional, dan psikologi mengenai rasa eksplor terhadap ketakutan, gangguan dan lainnya.

Sebenarnya tujuan dari genre ini membuat tidak nyaman terhadap psikis kita setelah menontonnya. Bagian-bagian psikis yang biasanya ditolak oleh beberapa orang. Contohnya adalah Split, Goodnight Mommy, Black Swan, The Shining.

3. Horor Gore & Disturbing

Jenis film horor ini berfokus pada kekerasan ekstrim yang melibatkan darah dan lainnya. Bagian-bagian tubuh manusia yang merupakan organ dalam menjadi poin utama dalam film ini. Umumnya film berjenis ini menggambarkan kanibalisme maupun elemen lain yang mengejutkan.
Contohnya adalah Saw, Green Inferno, Battle Royale, I Spit in Your Grave, Cannibal Holocaust.

4. Folk Horor

Jenis ini bisa dikatakan dengan cerita-cerita jaman dulu atau urband legend di suatu tempat atau suatu daerah tertentu. Folk horor memiliki set dengan tempat tertentu, tapi ketakutan tidak datang dari luar tempat tersebut namun penemuan-penemuan yang ada dalam tempat itu.

Beberapa film dengan jenis ini berisi tentang horor yang berhubungan dengan agama, kekuatan sihir, dan beberapa kutukan tertentu. Contohnya adalah Midsommar, The Ritual, The Witch, The Wailing, Apostle.

5. Slasher Horor

Jenis ini terdiri dari beberapa perkumpulan dari pembunuh menggunakan senjata tajam. Teror yang digunakan untuk menjerat korban pembunuhan inilah yang mengundang sensasi dan memicu adrenalin yang tinggi.

Teror yang tidak akan pernah ada habisnya terhadap calon korban oleh pembunuh secara perlahan justru semakin menambah keseruan dalam jenis horor seperti ini. Contohnya adalah Friday 13th, Halloween, Scream, Wrong Turn.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page