Tips Mengatasi Rasa Malas Dengan Teknik Kaizen Ala Orang Jepang

Hilangkan Rasa Malas dan Menunda Pekerjaan dalam Satu Menit Lewat Teknik Kaizen, Ala Orang Jepang

ohm pawat
0 119

Pernah gak sih, ketika kamu ingin melakukan suatu pekerjaan lalu kamu merasa sangat berat untuk melakukannya. Bahkan, ketika kamu sudah berusaha dan berjanji untuk segera melakukannya. Namun, ternyata, justru kamu terus menunda nunda pekerjaan itu, hingga sering kali menggunakan cara mepet deadline atau SKS (system kebut semalam) yang pasti hasilnya kurang memuaskan dan tidak efektif sama sekali.

Nah, apapun alasan kamu menunda nunda pekerjaan kamu, pasti akan ada rasa penyesalan yang kamu rasakan di akhir nanti. Apalagi jika pekerjaan yang harusnya kamu selesaikan adalah suatu yang penting dan amat berpengaruh dalam kehidupan kamu nantinya. Banyak banget penyebabnya, salah satunya dan paling banyak terjadi pada tiap orang adalah adalah rasa malas.

Dan untuk mengatasi rasa malas dalam menunda pekerjaan tersebut, kita akan belajar dari salah satu negara yang terkenal dengan etos kerja dan kedisiplinannya, yaitu Negara Jepang. Di Negara Jepang, masyarakatnya sudah dilatih untuk punya prinsip tertentu. Mereka dilatih untuk mengulang ulang rutinitas kecil dan sederhana yang penting dalam hidup mereka. Sehingga ketika dewasa mereka akan menjadiakan pekerjaan tersebut sebagai habit, dan menghilangkan perasaan malas, jenuh atau bosan.

KONSEP INI DISEBUT DENGAN NAMA TEKNIK KAIZEN Atau Teknik 1 MENIT

Kai berarti berubah, sedang Zen berarti kebiasaan. Sehingga KAIZEN bermakna, perubahan dalam hidup yang bisa dicapai secara perlahan dan dengan penuh kebijaksanaan. Prinsip teknik Kaizen ini juga disebut prinsip 1 menit, yang berarti melatih seseorang untuk melakukan sesuatu hanya dalam satu menit setiap harinya di waktu yang sama.

Contohnya, melakukan olahraga hanya dalam satu menit setiap hari di jam yang sama. Belajar bermain piano cukup hanya dalam satu menit setiap harinya di jam yang sama. Meskipun hanya satu menit, ketika kamu rutin melakukannya, hal tersebut lama kelamaan akan menjadi habit yang tidak akan membuatmu merasa cepat bosan dan jenuh.

TEKNIK KAIZEN Akan Memunculkan SENSE OF PROGRESS karena Rasa Ketagihan Dan Bangga Setelah Berhasil Menyelesaikan Suatu Pekerjaan Penting.

Kamu dapat menggunakan prinsip ini dalam kegiatan apapun dan menariknya dengan menggunakan prinsip ini, kamu akan berlatih untuk bertanggung jawab. Ketika kamu berhasil melaksanakan pekerjaan tersebut dalam satu menit dan fokus, maka akan membuatmu merasa puas, bangga dan ketagihan.

Karena kamu udah bertanggung jawab dengan tugas yang kamu punya dan kamu udah menyelesaikan tugas itu. Nantinya, juga akan muncul perasaan sense of progress yang akan membuatmu merasa ketagihan atau ingin menambah pekerjaan tersebut dalam waktu yang lama.

Awalnya saat kamu rutin melakukan pekerjaan tersebut dalam satu menit, pasti ada keinginan untuk menambah waktu durasi. Misal, kamu telah berhasil rutin belajar bermain piano, esoknya kamu pasti ingin berlatih lebih lama.

DALAM TEKNIK KAIZEN YANG TERPENTING BUKAN DURASI, TAPI KONSISTEN DAN DALAM WAKTU YANG SAMA SETIAP HARINYA.

Ingat yang terpenting dalam teknik ini adalah konsisten. Kamu bisa saja menambah durasi dalam pelaksaan pekerjaanmu, namun jangan sampai melalaikannya apalagi sampai tidak rutin melaksanakannya. Harus konsisten untuk rutin melakukan itu terus setiap hari. Meskpun, sekilas prinsip ini terlihat terlalu simpel dan meragukan. Namun ternyata, ketika kamu melakukan usaha terlalu keras dan gak rutin akan menghabiskan tenaga dan membuat kamu lebih mudah capek. Dan kelamaan akan memunculkan perasaan bosan dan malas, juga tidak rutin.

Dalam prinsip ini sesuai definisinya, perubahan hidup bisa dicapai secara perlahan dan dengan penuh kebijaksanaan. Jadi mending dikit dikit tapi rutin daripada langsung seabreg, tapi berantakan. Apalagi  positifnya dengan melakukan hal tersebut dengan rutin, kamupun akan lebih menguasai suatu pekerjaan dan tidak akan cepat lupa.

Hal ini pernah juga pernah diteliti oleh seorang psikolog Jerman bernama Herman Ebbinghaus, di penelitiannya dia mempelajari soal  kemampuan daya ingat seseorang. Dia bilang kemampuan mengingat seseorang bakal menurun drastis kalau informasi yang didapatkannya  hanya sekali dan langsung seabreg, apalagi jika tidak pernah direview atau diulang ulang. Tapi jika dilakukan dengan rutin, maka informasi yang didapatkan akan lebih mudah dicerna dan dimengerti.

Dan secara gak langsung prinsip kaizen ini sesuai dengan apa yang ditemukan oleh peneliti jerman tadi. Ketika kamu melakukan Sesutu hal secara rutin, maka tidak memungkinkan kamu akan menguasai, bahkan menjadi master dari hal tersebut

PRINSIP KAIZEN Dapat Dilakukan Oleh Siapapun Dan Dalam Bidang Kehidupan Apapun. Secara Otomatis Juga Meningkatkan COMPOUND INTEREST dalam melakukan pekerjaan.

Dengan menggunakan Teknik Kaizen, kamu sama sedang melakukan investasi ilmu pada ota dan tubuhmu. Dan tentu saja, semakin banyak yang kamu investasikan, maka keuntunganmu akan semakin meningkat, fungsi kerja otak dan tubuh menjadi lebih maksimal.

Kamu akan bisa menjadikan suatu pekerjaan sebagai habit bukan lagi keterpaksaan atau beban. Sehingga secara otomatis akan meningkatkan COMPOUND INTEREST atau rasa cinta dan nyaman pada pekerjaan yang kamu lakukan.

Jadi siapapun kamu dan dalam bidang apapun dirimu, cobalah terapkan teknik ini dan luangkan waktumu setidaknya satu menit aja untuk melakukan hal yang penting buat kamu secara rutin setiap hari.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page