Perbanyak Bersyukur, Sebab Mengeluh Hanya Menjadikan Kita Orang yang Kufur

  • Bagikan
Jangan Mencari yang sempurna.
Jangan Mencari yang sempurna.

Mereka orang-orang yang tidak pandai bersyukur adalah mereka-mereka yang mengingkari dan menutup diri dari semua nikmat yang telah Allah berikan padanya selama ini. Jangan lupa bersyukur atas nikmat Allah yang telah berikan agar kamu tidak kufur. Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman yang artinya :

“Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?” (QS. Ar-Rahman 55)

Jangan Lupa Untuk Terus Bersyukur, Saat Kita Selalu Mendapatkan Lebih Dari Apa yang Pikir Kita Bisa Miliki. Karena Sungguh Allah Itu Maha Pemurah.

Sungguh Allah itu Maha Pemurah, kita minta satu kebaikan, malah dikasih dua kebaikan, kita minta yang sederhana, eh malah dikasih yang mewah, kita ngga minta, eh Allah malah ngasih, sungguh begitu sayangnya Allah terhadap hamba-Nya.

Lantas, sudahkah kita mensyukuri semua itu? Apa malah kita jadi lalai dalam bersyukur? Semoga tidak, semoga kita senantiasa diberi nikmat, nikmat untuk senantiasa bisa mensyukuri setiap karunia-Nya, aamiin.

Bukankah Siapapun Bisa Untuk Berbuat Baik, Tapi Tak Semuanya Bisa Ikhlas Dalam Melakukannya?

Yang susah itu bukan masalah berbuat baiknya, karena melakukan kebaikan itu tidak ada ukurannya, apapun bisa kamu berikan atau lakukan untuk siapapun itu, tapi masalahnya adalah, ikhlas dalam melakukan itu semua bukanlah hal yang mudah.

Baca Rekomendasi :   Para Jomblo Tak Boleh Terlalu Menderita. Hidup Tak Melulu Soal Cinta!

Kita manusia biasa, wajar dengan yang namanya senang kalau ada orang yang memuji kita. Kadang kita sudah ikhlas, kita sudah sembunyi²kan amal kebaikan tersebut, eh ada orang tau, kalau seperti itu, apa yang biasanya kamu lakukan?

Hmm, sulit memang berbuat baik dengan hati yang tulus, tapi bukan berarti kita tidak bisa melakukannya, insyaallah, kalau memang niatnya Lillahi Ta’ala, pasti bisa kok, cuman harus belajar dan dibiasakan saja.

Lagian Manusia Tidak Akan Pernah Bisa Memahami Kita Sebaik Allah yang Telah Menciptakan Kita.

Saat kamu tengah berada di titik terlemah dan terendah dalam hidupmu, yang kamu butuhkan bukanlah motivasi, apalagi materi baik dalam bentuk apapun itu, yang kamu butuhkan hanya satu, yaitu Allah, satu²nya tempat bergantung semua penghuni alam semesta ini, kita tidak bisa bergantung pada siapapun kecuali kepada Allah.

Kita saja saat ingin menceritakan semua masalah, ingin mendapatkan solusi kepada sesama manusia, kebanyakan mereka selalu mengawali dengan jawaban yang sama, “Kamu kenapa?”, benar bukan? Karena manusia hanya sebatas tahu dari apa yang sudah kita ungkapkan, tapi tidak bisa tahu persis apa yang benar-benar tengah kita rasakan.

Baca Rekomendasi :   Jika Bergantungmu Sudah Pada Allah, Pilihan Apapun yang Kamu Pilih Tidak Akan Mengecewakanmu

Dari situ kita bisa langsung menyimpulkan, bagaimanapun juga, manusia tidak akan pernah bisa, sampai kapanpun tidak akan pernah bisa mengerti dan memahami kita sebaik Allah yang telah menciptakan kita.

Kita ini makhluk ciptaan Allah, kita ambil contoh gampangnya saja, kalau handphone kita rusak, ya kita mau tidak mau ya harus service ke service centernya handphone tersebut, atau paling tidak orang yang mengerti tentang ilmu seluk beluk tentang per-handphone-nan, tidak bisa kita, handphone yang rusak, malah kita bawa ke tukang service motor, ya tidak akan pernah selesai masalahnya, ya begitupun dengan kita sebagaimana makhluk ciptaan Allah, kalau kita tengah ada masalah, tengah menghadapi problematika dalam hidup, ya kita harusnya menyerahkan diri kita ke Sang Pencipta, yaitu Allah ‘Azza wa Jalla.

Lah kalau kita meminta pertolongan pada sesama makhluk ciptaan, ya sama aja kita meminta solusi masalah, kepada orang yang juga punya masalah, karena semua orang pasti punya masalah, betul tidak?

Baca Rekomendasi :   Semakin Kamu Merasa Letih, Semakin Dekat Dengan Apa yang Ingin Kamu Raih

Ya memang, support dari sesama itu memiliki peran yang penting juga, namun kita tidak bisa semerta-merta menganggap, bahwa dengan kita menceritakan semua masalah kita kepada “siapapun” itu, lalu kita mendapatkan motivasi atau solusi dari “mereka”, masalah kita akan bisa terselesaikan, karena bagaimanapun juga, yang mengatur kehidupan kita itu bukan keluarga kita, bukan teman² kita, bukan sahabat² kita, mereka semua juga punya masalahnya masing², ya mungkin sama dengan kita, bingung bagaimana penyelesaiannya.

Jika kamu memang benar-benar ingin menyelesaikan masalahmu, ya minta petunjuk sama yang di atas, minta pertolongan ya sama Allah, karena Dia lah yang mengatur semua roda kehidupan di alam semesta ini, baik tentang perkara “masalah atau kemudahan”, apalagi pertolongan, semua itu datang dari Allah, maka dari itu, kalau mau menyelesaikan masalah, ya jangan ketemu sama yang punya masalah juga, apalagi dibelain sampai ke pegadaian, hehe. 🙂

  • Bagikan
2 7