Eksotisme Alam yang Dimiliki Danau Batu Bacan

  • Bagikan
Danau Batu Bacan Sukabumi
Danau Batu Bacan Sukabumi

Libur hari besar keagamaan atau hari nasional acap dihabiskan untuk traveling ke berbagai pelosok negeri. Anda yang memiliki dana terbatas, bisa mengalokasikan anggaran untuk liburan lokal saja. Tak perlu pergi ke luar negeri, Anda bisa mengambil jatah cuti dengan mengajak orang tersayang liburan lokal di Danau Batu Bacan, Sukabumi saja.

Pesona Danau Batu Bacan yang Luar Biasa

Apa yang membuat Batu Bacan menjadi trending topic destinasi wisata alam terindah di Indonesia? Meski belum terkenal seperti Danau Kelimutu di Nusa Tenggara Timur, tetapi pesona Batu Bacan tak kalah indah dengan danau tiga warna tersebut. Pasalnya, air di Batu Bacan memiliki warna kehijauan akibat pantulan sinar matahari.

Sebenarnya, Danau Batu Bacan bukanlah danau alami atau danau buatan yang dibuat untuk tujuan wisata saja. Lahan tambang zeolit yang acap kering bisa menampung air hujan bertahun-tahun sebab tidak ada resapan air di bebatuan sekeliling. Bebatuan di sekitar lokasi tambang zeolit yang membuat tampilan air seperti berwarna hijau asli.

Baca Rekomendasi :   Curug Sawer, Air Terjun Nan Ciamik di Kaki Gunung Pangrango

Meski Anda bisa berburu foto terbaik di kawasan wisata yang tren beberapa waktu terakhir, tetapi perhatikan beberapa tips penting sebelum liburan ke Batu Bacan yaitu :

1. Mempersiapkan fisik dan perlengkapan pendukung

Kawasan menuju ke tempat wisata memang perlu persiapkan fisik dengan baik, termasuk kawasan yang cukup sulit diakses. Jangan lupa membawa kotak perlengkapan perjalanan seperti tisu, obat luka, antiseptik, dan sebagainya.

2. Memastikan kendaraan sudah servis

Menuju ke kawasan danau, Anda harus memastikan kendaraan sudah servis dengan baik. Kendaraan roda dua dan roda empat harus layak agar tidak alami kendala mogok dan sejenisnya.

3. Hindari liburan pada musim penghujan

Liburan ke Batu Bacan pada musim penghujan tidak direkomendasikan sebab kawasan wisata rawan longsor. Hindari menerobos garis polisi jika daerah tambang zeolit mengalami risiko longsor lebih besar.

Baca Rekomendasi :   Tertarik Uji Adrenalin di Jembatan Gantung Situ Gunung?

4. Membawa kamera

Kamera merupakan benda yang wajib Anda bawa sepanjang perjalanan hingga tiba di danau. Keindahan pemandangan sekitar danau wajib Anda abadikan dalam media sosial pribadi, ya! Tebing yang kokoh dengan pantulan air berwarna hijau jernih bisa membuat hasil jepretan Anda luar biasa tanpa mengedit pun.

Fasilitas dan biaya tempat wisata Danau Batu Bacan

Sebagai lokasi wisata baru yang fenomenal, Batu Bacan sudah dikelola dengan baik sehingga Anda bisa mendapatkan fasilitas yang cukup layak. Pengunjung bisa memanfaatkan fasilitas yang ada untuk menikmati liburan bersama orang tersayang. Tersedia area parkir yang luas, mushola, kamar mandi dan penginapan dengan harga terjangkau di sekitar danau.

Harga tiket masuk ke Batu Bacan masih gratis alias tidak biaya tambahan sepeser pun, kecuali Anda yang hendak parkir kendaraan. Untuk biaya parkir kendaraan roda dua hanya 2 ribu rupiah, sedangkan biaya parkir mobil sekitar 5 ribu rupiah saja tanpa durasi waktu. Keren, bukan?

Baca Rekomendasi :   Pesona Alam yang Disajikan Pantai Ombak Tujuh

Akses menuju ke Danau Batu Bacan

Danau Batu Bacan berlokasi di Desa Bojongharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang bisa diakses dari mana saja. Buat Anda yang hendak menuju ke tempat wisata dari kawasan Jakarta, bisa melewati JORR lanjut ke Ciawi dan lurus ke Cibadak. Ambil arah ke kawasan wisata Pelabuhan Ratu saat Anda tiba di Pasar Cibadak, lalu lurus melewati jembatan Bojong dan ikuti petunjuk arah menuju ke Batu Bacan.

Keunikan warna air Danau Batu Bacan merupakan eksotisme alam yang tidak boleh Anda lewatkan. Saksikan keindahan alam di sekitar lahan tambang zeolit yang bisa merelaksasi semua pikiran yang kusut selama ini. Yuk, plesiran santai bersama keluarga ke Sukabumi!

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page