Bila Akhirnya Memilih Satu Hati, Jangan Memberi Harapan Pada Banyak Hati

"Bila pada akhirnya kamu hanya bisa memilih satu hati. Maka jangan memberi harapan pada banyak hati." — ust. Aan Candra Talib.

Claire The Gifted
0 45

Bapermulu.com masih setia memberikan kata-kata motivasi dari akun instagram @hijrahstories_. Semoga bermanfaat ya!

“Bila pada akhirnya kamu hanya bisa memilih satu hati. Maka jangan memberi harapan pada banyak hati.” — ust. Aan Candra Talib.

“Semakin engkau mengumbar pandanganmu, maka semakin pudarlah kecantikan dan keelokan istrimu di matamu. Dan semakin engkau menjaga pandanganmu, maka semakin cantik paras istrimu di matamu.”

“Ya Allah tolong jaga sikapku saat aku tengah berada dipuncak masalah. Dan tolong jaga lisanku saat aku tengah dikuasai rasa amarah. Sungguh aku tak ingin menyakiti siapa-siapa.”

“Ketika lidah seseorang menjadi tenang dan ramah, maka hatinya menjadi sholih dan bersih.” — Utsman bin Affan.

“Kecantikan yang abadi terletak pada keelokan adab dan ketinggian ilmu seseorang. Bukan terletak pada wajah dan pakaiannya.” — Buya Hamka.

“Barang siapa memberikan nasihat kepada saudaranya dengan sembunyi-sembunyi, maka sungguh ia telah menasihati dan memperbaikinya. Sedangkan siapa memberikan nasihat kepada saudaranya secara terbuka (di khalayak umum), maka sungguh ia telah membongkar aib dan mengkhianatinya.” — Imam Syafi’i.

“Orang yang selalu membenci tentang diri kita, terkadang adalah mereka yang ingin menjadi seperti kita.” — sabarlahdiriku.

“Terbuangnya waktu itu lebih berbahaya dibandingkan kematian. Kematian memutusmu dari kehidupan dunia, sedangkan terbuangnya waktu memutus kesempatanmu untuk mendekat kepada Allah.” — Ibnul Qoyyim.

Baca Rekomendasi :   Dia Bukannya Pergi, Dia Hanya Kembali Kepada Jodohnya Yang Sebenarnya

“Aku tidak sebaik yang kau ucapkan, tapi aku juga tidak seburuk apa yang terlintas di hatimu.” — Ali bin Abi Thalib.

“Lihatlah kedewasaan seseorang ketika ia marah, dan engkau belum mengetahui kedewasaannya jika engkau belum melihat ia marah. Ketika seseorang tengah tersulut api amarah, perhatikanlah sikap dan tutur katanya, perhatikanlah ia bisa tetap objektif atau ia akan mengungkit hal-hal lain.” — Ibnu Mas’ud radhiyallahu’anhu.

“Termasuk kemunafikkan, seseorang berjanji dengan mengucapkan insyaAllah, padahal di balik ucapan itu ia tak mau memenuhinya.” — Imam al-Auza’i rahimahullah.

“Jangan simpan seseorang di dalam hati. Sebab hati itu mudah terbolak-balik. Simpanlah ia di dalam doa. Sebab doa akan tercatat di langit.”

“Saat seseorang datang kepadamu untuk bercerita. Maka cobalah untuk mendengarkannya dengan saksama. Bukan malah membandingkan antara masalahmu dengan masalah yang dia punya. Sungguh dia hanya butuh telinga, bukan mencari siapa yang lebih menderita.”

Al Khathab bin Mu’alla Al Makhzumi Al Qurasyi menasihati anaknya,

“Anakku, sesungguhnya seorang istri merupakan kunci ketenteraman bagi suami. Tidak akan bahagia hidup seorang lelaki jika terus terjadi pertengkaran dengan istrinya. Maka jika engkau ingin untuk menikahi wanita, tanyakanlah tentang keluarganya. Karena sungguh, akar yang bagus akan menumbuhkan buah yang manis.” Raudhatul ‘Uqala hal. 198.

Baca Rekomendasi :   Suamimu Adalah Syurga dan Nerakamu, Jadilah Istri yang Selalu Mempesona Didapan Suamimu

“Memaafkan adalah kemenangan terbaik.” — Ali bin Abi Thalib.

“Lihatlah orang yang ada di bawahmu (dalam masalah harta dan dunia) dan janganlah engkau melihat orang yang ada di atasmu. Dengan demikian hal itu akan membuatmu tidak meremehkan nikmat Allah padamu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

“Aku meminta sesuatu kepada Allah. Jika Allah mengabulkannya, aku akan bahagia. Namun bila tidak, aku akan lebih bahagia. Sebab yang pertama adalah inginku, sedangkan yang kedua adalah ingin-Nya.” — Ali bin Abi Thalib.

“Dunia hanya mimpi, dan kau akan terbangun ketika kau mati.” — Sayyidina Ali bin Abi Thalib.

“Sepanjang kamu mengerjakan sholat, sejatinya kamu sedang mengetuk pintu Allah. Dan siapa saja yang mengetuk pintu Allah, maka Allah akan membukakan pintu itu untuknya.” — Ibnul Qoyyim.

“Kita tidak tahu amal sholih mana yang menjaminkan husnul khotimah dan masuk surga. Bisa amal sholih yang sederhana, yang remeh, yang kecil, tapi ternyata melalui amal itu kita bisa menjamin masuk surga dan bisa terjamin husnul khatimah.” — Syaikh Ali Jaber rahimahullah.
.
إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ
.
Semoga Allah tempatkan beliau di sisi terbaik-Nya dan semoga Allah perkenankan kita berkumpul kembali dengan guru-guru kita di surga-Nya kelak. Aamiin.

“Salah satu tanda bahwa Allah berpaling dari seorang hamba adalah disibukkannya ia dengan sesuatu yang tidak bermanfaat.” — Imam Hasan al-Bashri.

“Apapun yang menjadi takdirmu, akan mencari jalan menemukanmu.” — Ali bin Abi Thalib.

Baca Rekomendasi :   Ya Allah, Sekiranya Dia Untukku, Maka Dekatkanlah Hatinya Dengan Hatiku

“Jika Allah masih membimbingmu untuk mengingat-Nya, itu pertanda bahwa Allah mencintaimu.” — Ali bin Abi Thalib.

“Mengapa murojaah (mengulang hafalan) itu lebih sulit dari menghafal? Karena mempertahankan jauh lebih sulit dari menemukan.” — ust. Aan Candra Talib.

“Bimbinglah para wanita dalam berpakaian. Sesungguhnya salah seorang dari mereka apabila telah memiliki banyak pakaian dan perhiasan yang bagus, maka akan membuat ia senang keluar rumah.” — Umar bin Khaththab.

“Nikmatnya memaafkan itu lebih indah dari upaya balas dendam.” — Al-Manshur al-Mahdi rahimahullah.

“Jika ada seseorang yang menghinamu dan mempermalukanmu dengan sesuatu yang ia ketahui ada padamu, maka janganlah engkau membalasnya dengan sesuatu yang engkau ketahui ada padanya. Akibat buruk, biarlah ia yang menanggungnya.” (HR. Abu Daud no.4084).

“Di antara sebab terbesar sempitnya dada adalah berpaling dari Allah Ta’ala, ketergantungan hati kepada selain-Nya, lalai dari mengingat-Nya, serta mencintai selain-Nya.” — Ibnul Qoyyim (Zaadul ma’ad jilid 2, hal. 24).

“Aku tahu kematian itu sudah menungguku, karena itulah aku selalu menambah bekal untuk hari pertemuanku dengan Allah.” — Imam Hasan al-Bashri rahimahullah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page