5 Bahaya Menikah Tanpa Restu Orang Tua, Jangan Nekat ya!

  • Bagikan
Galau Menikah
Galau Menikah

Bapermulu.com -Ingat selalu, bahwa menikah itu bukan hanya menyatukan dua hati yang saling mencintai. Tapi, juga menyatukan dua keluarga besar. Apalagi, Allah SWT Maha membolak balikkan hati. Sehingga, rumah tangga bukan hanya butuh cinta. Tapi juga komitmen, tanggung jawab dan ridho Allah SWT.

Apalagi, jika kamu menikah tanpa restu orang tua. Sungguh itu merupakan kesalahan yang fatal yang bisa membuatmu menyesal di kemudian hari dalam pernikahanmu.

Oleh sebab itu, usahakan sebelum menikah utama dan pertama adalah kejar dulu ridho dan restu orang tua. Baru bangun keluarga yang SAMAWA bersama pasangan.

1. Restu Orang Tua Adalah Restu Tuhan. Jadi Bagimu Yang Nekat Menikah Tanpa Restu Orang Tua. Yakinkah Tuhan Juga Merestuimu?

Perceraian membuktikan bahwa menikah itu bukan berarti kamu telah menemukan jodoh yang tepat. Apalagi, jika jodoh yang kamu dapatkan dengan cara memaksakan diri, nekat kawin lari dengan pasangan, bahkan sampai memberikan segalanya atau kecelakaan sebelum menikah untuk memaksa mendapatkan restu orang tua.

Padahal, kamu tahu restu dan ridho orang tua dalam pernikahanmu sama dengan restu dan ridho Tuhan untukmu. Perjuangan orang tua mulai dari kamu dalam kandungan hingga dewasa, membuat restunya setara dengan restu Tuhan.

Nah, bukankah pikiranmu terlalu pendek saat berharap untuk mendapatkan pernikahan yang bahagia, jika orang tua tak menyetujui?

2. Kemungkinan Rejeki Dalam Keluargamu Akan Seret, Karena Tak Mendapatkan Keberkahan Dari Doa Orang Tua

Ada dua doa yang paling mustajab yang akan langsung dikabulkan oleh Allah SWT, yaitu doa orang tua, khususnya ibu untuk anak-anaknya. Kedua doa orang yang terdzalimi atau tersakiti.

Baca Rekomendasi :   Hai, Jodoh Apa Kabar? Semoga Kamu Baik-baik Saja dan Kita Segera Dipertemukan

Nah, untukmu yang menikah, tanpa restu orang tua, atau pernikahanmu menyakiti kedua orang tuamu, seperti kisah malin kundang contohnya. Maka, rejekimu dalam pernikahan pun akan terasa seret dan terasa sangat susah untuk menggapainya.

Oleh sebab itu, usahakan dalam segala tindakanmu atau pun pernikahanmu jangan sampai membuat hati orang tua terluka atau kamu akan kehilangan keberkahan dalam setiap langkah yang kamu ambil.

3. Keluargamu Menjadi Tidak Harmonis. Khususnya Cek cok Antara Menantu dan Mertua

Banyak sekali kisah yang menceritakan mertua yang jahat dan menantu yang tidak tahu diri. Itu sebenarnya diawali karena memang pernikahan dipaksakan dan tanpa restu orang tua.

Sejak semula, mertua memang tidak suka pada menantunya atau menantu yang sudah terdoktrin bahwa semua mertua itu jahat, sehingga jadi tidak tahu diri.

Oleh sebab itulah restu orang tua itu penting. Selain agar tidak muncul kebencian yang tidak diharapkan, orang tua juga punya feeling yang kuat soal pernikahan anak-anaknya. Pasti ada alasan kenapa orang tuamu tak menyukai pilihanmu atau kekeh menolak saat kamu sudah berusaha sekeras mungkin meyakinkanya.

Dan untukmu, meski kecewa. Lebih baik turuti saja daripada nanti pernikahanmu menjadi tidak harmonis. Pasanganmu yang seharusnya bahagia jadi tertekan. Dan kamu dibuat galau saat diberikan pertanyaan “Pilih orang tua atau pasanganmu itu?”

Baca Rekomendasi :   5 Zodiak Ini Memilih Jomblo Meski Banyak yang Naksir, Kamu yang Mana?

4. Pernikahan Kemungkinan Besar Kandas. Sebab Tanpa Restu Orang Tua, Kemungkinan Berpisah Jauh Lebih Besar. Belum Lagi, Saat Allah Membolak Balikkan Hati Manusia.

Jika kamu tetap nekat untuk menikah tanpa restu orang tuamu. Maka kemungkinan besar ujian dan cobaan yang menimpa keluargamu juga akan jauh lebih besar.

Memang, jika kamu dan pasanganmu tetap terus berusaha bersabar. Tetap ridho dan menggantungkan harapan pada Tuhan. Kemungkinan kamu mampu untuk melewatinya dan ridho orang tua bisa kamu raih suatu hari. Saat mereka semua semakin menua dan menyadari bahwa rumah tanggamu adalah kunci kebahagiaanmu

Namun, ternyata banyak yang gagal dan tidak sabar. Banyak yang menyerah apalagi jika permasalahannya tersandung masalah keluarga besar. Ditambah lagi, jika orang tuamu adalah tipe orang tua yang keras dan sulit untuk diambil hatinya. Banyak menantu yang menyerah dan memilih berpisah karena merasa tak tahan.

Sehingga, sebisa mungkin, jangan pernah kamu lalaikan ridho dan restu orang tuamu ataupun orang tua pasanganmu sebelum menikah. Yakinkan mereka dengan segenap jiwa ragamu, bahwa pernikahanmu itu adalah kebahagiaan untukmu.

Namun, jika mereka tetap menolak dan kekeh tak memberikan restu lebih baik jangan dilanjutkan. Percayalah bahwa takdir Allah itu baik dan mintalah pada Allah yang terbaik. Dan saat kamu ikhlas menerima keputusan orang tuamu, Insya Allah, Allah akan menggantikan dengan jawaban yang lebih indah.

Baca Rekomendasi :   Karena Tanganmu Lebih Pantas Menggenggam Tangan Dia yang Tulus Mencintaimu

5. Kamu Akan Menyesal Suatu Hari. Saat Sadar Bahwa Feeling Orang Tuamu Benar Soal KetidakBahagiaan Dengan Pasangan Pilihanmu

Bagi seorang anak, yang dibesarkan dengan penuh kasih sayang dan tanggung jawab, menuruti orang tua adalah pilihan yang paling baik. Sebab, orang tua yang sudah pernah menjalani susah senang pernikahan, sudah banyak makan asam garam dunia. Mereka pasti punya feeling yang kuat pada pernikahan yang akan dijalani oleh anak-anak yang sangat dicintainya.

Mereka sedikit banyak bisa merasakan dan pasti punya alasan untuk kuat menolak pilihan anaknya. Mereka pun juga punya insting bahwa pernikahan itu tidak akan membawa kebahagiaan untuk anak mereka. Bahkan, insting itu pula, bisa berubah menjadi doa yang tak sengaja terucapkan.

Jadi lebih baik, jangan memaksakan kehendakmu. Coba ikhlas dulu, pasrah dulu dan berikan sepenuhnya keputusan pada Allah Ta’ala. Percayalah, jika memang dia adalah jodohmu, maka jalan bersamanya pasti akan dimudahkan tanpa harus membantah kedua orang tuamu atau orang tua pasanganmu.

Namun, jika memang bukan dia jalan jodohmu. Maka insyaAllah kamu akan terhindarkan dari rasa penyesalan saat bersikukuh nekad untuk hidup bersamanya. Dan mendapatkan pilihan yang terbaik lainnya. Siapa tahu pula, dengan keikhlasanmu, pintu hati orang tuamu pun akan terketuk untuk memberikan restu.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page