6 Resiko Mencari Jodoh Secara Online, Hati-Hati ya!

  • Bagikan
Memberikan Batasan Saat Pacaran
Memberikan Batasan Saat Pacaran

Bapermulu.com – Kemajuan teknologi dan informasi, semakin mempermudah penggunanya melakukan aktivitas apapun tanpa terbatas oleh ruang dan waktu. Mulai dari bekerja, hingga mencari jodohpun bisa secara online atau menggunakan aplikasi tertentu yang tersedia sekarang ini.

Apalagi, hal ini semakin nyata dengan banyaknya orang yang telah terbukti menemukan tambatan hati atau jodohnya secara online. Kamupun juga pasti punya kesempatan, jika ingin mencoba cara yang sama.

Namun, tentu saja, kemudahan mencari jodoh secara online itu juga hadir dengan resiko yang juga jauh lebih besar. Kamu harus berhati-hati dan mempertimbangkan banyak hal agar tidak tertipu dan akhirnya rugi sendiri, saat mencoba menguji peruntungan lewat aktivitas internet tersebut.

1. Penipuan Lewat Foto Profil Yang Palsu

Pertama kali saat mencari jodoh lewat online baik sosmed atau aplikasi tertentu, yang akan kamu lihat adalah wajah orangnya terlebih dahulu. Namun, sayangnya yang akan ditampilkan dan kamu temukan, hampir semuanya mempunyai wajah yang menawan, bening dan mempesona mata.

Hal ini umum terjadi, karena hampir semua orang akan menampilkan yang terbaik di foto profilnya dan menggunakan filter kamera untuk membuat wajah lebih bening dan mulus.

Inilah resiko pertama dan paling umum terjadi. Tertipu dengan wajah dan foto profil. Bahkan dibeberapa kasus kejahatan, penipuan dengan foto profil ini telah memakan banyak korban, hingga rugi sampai puluhan juta.

Baca Rekomendasi :   7 Tips Agar Kamu Jadi Orang Asyik Saat Ngobrol Dengan Orang Lain

Nah, buat kamu yang ingin mencari jodoh secara online, lebih baik jangan langsung percaya pada setampan atau semenarik apapun foto profilnya, ya.

2. Banyaknya Pesan Jorok dan Tidak Senonoh, Hingga Seks Secara VirtualĀ 

Hal ini penting untuk dimengerti oleh kaum hawa yang ingin mencari jodoh secara online. Bagi kamu, kamu ingin masuk ke situs atau aplikasi tertentu untuk menemukan pasangan yang tepat.

Namun, bagi banyak kaum lelaki, biasanya mereka masuk ke aplikasi tertentu adalah untuk melampiaskan hobi jorok yang mereka miliki. Sehingga, bukannya bertemu dengan pangeran baik, kebanyakan kamu akan menemukan akvititas seksual yang tidak seharusnya kamu lihat atau tanggapi.

Kemungkinan pula, kamu akan mendapatkan banyak pesan jorok dan tidak senonoh yang merupakan ajakan untuk melakukan seks secara visual. Nah, lebih baik kamu waspada pada hal ini, jangan pernah mau mengirim foto-foto pribadi dengan alasan apapun.

Dan untuk jaga-jaga saja, lebih baik kamu memilih aplikasi atau sosmed, yang melarang segala aktivitas yang berhubungan dengan pelecehan seksual secara online.

3. Pencurian Data Saat Kamu Memberikan Informasi Pada Seseorang

Saat kamu melakukan aktivitas online, tetap berhati-hatilah untuk tidak sembarangan memberikan data-data dan informasi pribadimu pada seseorang yang tidak kamu kenal. Apalagi seperti data foto Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga dan lain sebagainya.

Sebab, semua data yang kamu berikan bisa digunakan untuk penipuan ditempat lainnya dengan memalsukan identitasnya dengan identitas yang kamu punya. Apalagi, kejahatan cyber sekarang memang cukup mengerikan dan tidak kalah dari kejahatan secara langsung. Jadi, tetap hati-hati ya.

Baca Rekomendasi :   5 Tanda Pasanganmu Cuek, Namun Diam-Diam Sangat Peduli

4. Terjebak Dengan Penipu Online

Okelah, saat foto profil yang dipakai ternyata asli, dan kamupun tidak mudah tergoda pada aktivitas seksual secara online. Namun, resiko selanjutnya yang kamu temui, adalah bertemu dengan penipu ulung online.

Biasanya, ritme yang akan ditemui, sama seperti pacaran secara wajar dalam kehidupan sehari hari. Dia akan membuat kamu percaya bahwa dia juga punya rasa sama kamu dan ingin serius sama kamu, bahkan ingin mengajak bertemu. Dia akan membuat kamu nyaman secara online dan tergantung banget sama dia.

Barulah, setelah yakin kamu terjebak, dia akan meminta untuk dikirimkan sejumlah uang, entah dengan alasan apapun. Misal papinya sakit, maminya sakit, butuh uang buat modal kerja/usaha, pingin ketemu kamu tapi belum ada duit. Dan berjanji akan mengembalikannya semuanya saat bertemu atau sukses nanti.

Jika kamu, sudah menemukan fakta itu, secinta apapun kamu sama dia, dan sekeren apapun foto profilnya. Plis jangan percaya dan jangan mau. Bahkan, jika dia berani mengirimkan identitas sekalipun, juga jangan mau, soalnya identitaspun bisa dipalsukan dan kamu gak tau kan itu semua asli apa gak.

Baca Rekomendasi :   Tips Mengatasi Rasa Malas Dengan Teknik Kaizen Ala Orang Jepang

5. Persaingan Yang Ketat dan Biasanya Akan Menjadikanmu Sebagai Orang Yang Sulit Menjaga Komitmen

Selain merugikan, mencari jodoh secara online juga akan sulit, sebab bukan hanya kamu saja yang sedang melakukan aktivitas tersebut. Tetap kamu punya pesaing yang banyak, apalagi, jika orang yang kamu incar juga punya banyak penggemar.

Ditambah lagi, mencari pacar secara online, akan membuatmu plin plan dan kehilangan komitmen dalam hubungan. Kamu merasa mudah untuk menemukan pacar, sehingga kamu sulit untuk serius dan hanya ingin bersenang senang dalam hubungan yang kamu jalin.

Apalagi, pacar online yang susah diajak ketemu. Tentunya, akan membuatmu bosan, lalu iseng-iseng mencoba pacaran lagi ke orang lainnya.

6. Hati-Hati Di Ghosting Sama Pacar Online Kamu

Untuk kamu yang memang benar-benar serius mencari pacar online, pasti akan sangat sakit hati, apabila di ghosting oleh pacar online kamu. Dia tiba-tiba memutus komunikasi padahal terlihat sedang online. Dia tidak menjawab pesan kamu, bahkan lama-lama memblokir kamu dengan alasan yang tidak jelas.

Hal ini mungkin saja terjadi, dengan banyak kemungkinan. Bisa jadi dia udah bosan sama kamu, atau sejak awal memang hanya ingin bermain-main dengan kamu. Jadi, tetap jaga hati dan diri, jangan terlalu menaruh harapan, yang pacaran ketemu tiap hari saja bisa dighosting, apalagi yang sekedar online saja.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page