Bukan Sosmed, 6 Tempat Terbaik Untuk Berbagi Cerita dan Mencari Solusi

  • Bagikan
Tempat Terbaik Untuk Berbagi Cerita
Tempat Terbaik Untuk Berbagi Cerita

Tidak bisa dipungkiri, sebagai manusia yang lemah dan rapuh. Tak semua orang mampu untuk menyimpan dan merahasiakan masalahnya sendiri. Kamu tetap butuh tempat untuk berbagi, seseorang yang tepat, untuk bercerita, untuk meringankan beban yang sedang kamu pikul, juga mendapatkan solusi terbaik bagi masalah yang sedang kamu hadapi.

Hal itu boleh-boleh saja dan lumrah dihadapi siapapun. Hanya salahnya, kadang ada yang nekad berbagi masalah ke publik dan sosmed, hingga tak sadar sedang mengumbar aib diri dan keluarga. Mereka bisa jadi punya tujuan, pertama ingin viral, kedua ingin mendapatkan solusi tapi bukan dengan cara yang tepat. Hingga akhirnya akan merugikan diri sendiri.

Lebih baik, kamu coba curhatkan masalahmu ke 6 tempat terbaik ini, temukan solusi bersama mereka daripada curhat di sosmed. Percayalah, jika kamu memang bersungguh-sungguh ingin menemukan solusi dari masalah yang kamu hadapi. Pasti akan ada jalan terbaik untukmu tanpa publik tahu, tanpa orang yang tidak berkepentingan tahu.

1. Pada Tuhan

Utamakan selalu Tuhan dan pertama Tuhan adalah tempatmu sepenuhnya menyandarkan hidup. Berdoalah dalam sujudmu, dalam khidmat dan kekhusu’an untuk meminta pertolongan kepadaNya. Menangislah, ceritakan semua keluh kesahmu dan harapan-harapanmu dalam hidup.

Baca Rekomendasi :   Agar Tidak Salah Memilih Jurusan, Perhatikan 5 Hal Ini Terlebih Dahulu

Sebab, menggantungkan sepenuhnya harapanmu pada Tuhan tidak akan pernah membuatmu merasa kecewa. Justru, secepatnya akan hadir pertolongan dan petunjuk Tuhan yang tak pernah kamu sangkakan sebelumnya.

2. Pada Pasangan Atau Partner Hidupmu

Setelah kamu mengungkapkan segala perasaan, gundah gulana, keluh kesah serta harapan harapan dalam doamu. Selanjutnya, tempat berbagi terbaik tetaplah pada pasangan atau partner hidupmu.

Inipun penting untuk saling terbuka satu sama lain. Usahakan pasanganmu adalah orang pertama yang tahu masalahmu dan bersamanya pula kamu mencari solusi atas masalah yang kamu hadapi. Jangan takut dan jangan ragu untuk curhat padanya, sebab dia adalah seseorang tepat yang ditakdirkan untukmu.

Justru jika ada rahasia diantara kalian berdua akan berefek buruk pada kepercayaan dan komunikasi dalam hubungan.

3. Keluarga Inti

Setelah Tuhan, jika pasanganmu kurang bisa diandalkan, atau justru masalah yang terjadi adalah dengan pasangan. Maka tempat terbaik selanjutnya untuk berbagi cerita dan mencari solusi adalah keluarga inti yang kamu punya. Mereka bisa orang tuamu, adikmu, kakakmu, bahkan keluarga dari pasanganmu.

Mereka jauh lebih baik dan tepat, sebab keluargamu pasti ingin kamu bahagia. Jadi, saat keadaan sudah sangat sulit dan kamu tak bisa menyimpan masalahmu sendiri. Tidak apa-apa dengan curhat pada keluarga yang kamu percayai dalam hidupmu.

Baca Rekomendasi :   Kerjaan Bikin Stres? Ikuti Tips-tips Ampuh Kurangi Stres di Kantor Ini!

4. Pada Sahabat Yang Kamu Yakin Dia Bisa Dipercaya dan Tidak Ember Pada Masalah Orang Lain

Tidak semua sahabat itu buruk untuk dijadikan teman curhat. Apalagi, saat kamu sudah begitu mengenal sikap dan karakter sahabatmu. Sehingga kamu yakin, dia bukan orang yang ember dan suka buka aib teman sendiri.

Tapi dalam hal ini, sebisa mungkin kamu harus tetap pilih-pilih dan tidak sembarangan ‘nyablak’ pada sahabatmu. Yakinkan dirimu dulu, bahwa dia memang orang terbaik untuk berbagi dan dimintai solusi. Selain itu, usahakan untuk tetap memfilter ucapanmu, jangan sampai membuka aib sendiri apalagi menjelekkan seseorang pada sahabatmu yang tak tahu apa-apa. Hey, kamu sedang mencari solusi, bukan menebar kebencian.

5. Pada Orang yang Kamu Anggap Bijak dan Berilmu. Dia bisa Guru Mengaji, Kiai Atau Ustad/Ustadzah Yang Kamu Percaya dan Hormati

Syukur alhamdulillah jika kamu dipertemukan atau dekat dengan orang-orang bijak disekelilingmu. Mereka bukan hanya orang yang berilmu, namun insyaAllah orang yang netral dan tidak akan berpihak pada siapapun selain kebenaran dengan ilmu yang dimiliki.

Baca Rekomendasi :   Lakukan 6 Rutinitas Ini Jika Ingin Menjadi Pria yang Sukses!

Dengan berbagi cerita pada mereka. Kamu tidak hanya akan mendapatkan solusi. Tapi, juga pembelajaran hidup, sekaligus intropeksi diri. Siapa tahu, ternyata masalah yang kamu hadapi, sebenarnya adalah salahmu sendiri. Siapa tahu, dengan curhat pada mereka, kamu lebih membuka mata pada hal yang lebih baik bagimu.

6. Pada Ahli Professional Di Bidangnya

Jika kebetulan kamu berlebih dalam finansial. Kamu juga bisa meminta bantuan pada psikiater atau orang-orang yang ahli dalam masalahmu itu.

Dengan berbagai teknik dan ilmu yang dimiliki. Kamu bisa mendapatkan pengobatan yang tepat dan solusi yang kamu butuhkan. Selain itu, curhat pada mereka, pasti akan dijaga kerahasiaan sebagai sumpah profesi.

***

Intinya, kamu bisa curhat masalahmu, jika memang kamu perlu hal itu. Hanya saja bijaklah dalam menentukan tempat terbaik. Jangan pernah jadikan sosial media sebagai pelarian pertama. Sebab, bukan hanya mendapatkan solusi, kamu juga akan malu saat masalahmu diketahui banyak orang. Belum lagi, kelainan mental yang akan kamu rasakan jika terlalu larut curhat di sosmed.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page