5 Dampak Positif Menjalin Hubungan Yang Sehat, Terapkan Bersama Pasangan, Ya!

  • Bagikan
Terindah Seharusnya Tak Berakhir Menjadi Mantan
Terindah Seharusnya Tak Berakhir Menjadi Mantan

Menjalin hubungan yang sehat dengan dilandasi dengan komunikasi yang nyaman, rasa percaya yang tinggi dan komitmen yang kuat pada pasangan, adalah impian dari setiap orang, termasuk kamu dan pasanganmu.

Namun , tentu saja, membangun hubungan yang sehat itu tak mudah. Akan ada banyak ujian yang harus dilalui, baik masalah dari eksternal ataupun internal hubungan. Kalian sebisa mungkin harus melewatinya dan tetap bertahan bersama sampai akhir.

Sebenarnya, semuanya tetap kembali pada diri kalian masing-masing. Dimulai dari motivasi kamu dalam membangun hubungan dan apakah pasangan dan dirimu sendiri bisa dipercaya untuk terus menjaga komitmen, juga kesetiaan.

Nah, jika kamu yakin kalian bisa dan mampu, maka sepenuhnya jaga terus komitmen dalam hubungan itu dan terapkan dengan sepenuhnya, ya. Sebab, 5 dampak positif ini, akan kalian dapatkan jika berhasil membangun dan menjalin hubungan yang sehat.

1.  Dengan Belajar Menjalin Hubungan Yang Sehat, Maka Rasa Percaya Pada Pasangan Tidak Akan Membuatmu Kamu Terlalu Over Thinking Hingga Berpraduga yang Bukan-Bukan

Salah satu ciri hubungan yang sehat adalah sifat terbuka pada pasangan dalam menjalin komunikasi dan segala hal. Sehingga lewat keterbukaan itu akan muncul rasa percaya yang sepenuhnya pada pasangan.

Jika percaya dan yakin, maka kemungkinan besar pula akan membuatmu tidak mudah cemburuan, over thinking dan berpraduga yang bukan-bukan pada pasanganmu sendiri. Selain itu, tidak akan menimbulkan sikap posesif dan kecemasan terlalu tinggi, khususnya saat pasangan tiba-tiba menghilang atau tidak kasih kabar.

Baca Rekomendasi :   Aku Masih Sendiri Bukan Karena Kesulitan Mencari Pengganti Namun Memilih yang Terbaik

Dengan belajar untuk menjalin hubungan yang sehat dan menerapkan komitmen kuat. Maka, sebisa mungkin, kamu ataupun pasanganmu tidak akan membiarkan adanya kecurigaan pada hubungan yang sedang kalian jalin. Terus menjalin komunikasi terbuka dan dalam soal kalian masing-masing, adalah salah satu cara menjaga kepercayaan.

2. Dengan Belajar Menjalin Hubungan Yang Sehat, Maka, Kamu Bisa Menghormati dan Menghargai Pasanganmu Dalam Segala Hal

Selanjutnya, dengan sepenuhnya menjaga komitmen dan menjalin hubungan yang sehat. Maka, kamu akan lebih bisa menghormati dan menghargai pasanganmu sepenuhnya dan apa adanya. Kamu benar-benar lebih bisa mengenal dirinya, baik dan buruknya, pemikiran dan motivasi hidupnya, serta segala hal dalam dirinya.

Kamu akan berusaha membuat dia nyaman bersamamu, dengan tidak berusaha mengubahnya menjadi apa yang kamu mau, tapi, membimbing untuk menjadi lebih baik bersama. Selain, kamu juga menghormati pendapatnya dalam hubungan, juga berusaha untuk menyatukan dengan pemikiranmu, agar bisa menyelesaikan masalah bersama dan tetap mempunyai goal dan tujuan yang sama.

3. Dengan Belajar Menjalin Hubungan Yang Sehat, Kamu Bukan Hanya Mengejar Bahagia Dengan Pasanganmu. Tapi Sadar Untuk Menjadi Lebih Dewasa Bersama

Hubungan itu bukan hanya untuk mencari kebahagiaan, namun  sejatinya adalah langkah untuk menjadi dewasa bersama. Dan hal itu bisa terwujud pula dalam hubungan yang sehat. Dimana kamu, juga pasanganmu, sama-sama menerapkan komitmen untuk tujuan yang sudah kalian rencanakan sebelumnya.

Baca Rekomendasi :   Di Setiap Doa-Doaku, Selalu Kurapalkan Kebahagian Untukmu Sayang

Kalian akan belajar dari banyak pertengkaran yang terjadi. Berusaha untuk menekan emosi, egois dan sifat buruk lainnya yang akan menjadi awal keretakan hubungan. Belajar untuk menyadari pula, bahwa bahagianya pasanganmu adalah bahagiamu, begitupun sebaliknya. Sehingga, kalian akan saling memperjuangkan, saling membimbing dan mengingatkan, menghormati satu sama lain, dan tidak merasa lebih unggul dari pasangan atau memaksakan kehendaknya.

4. Dengan Menerapkan Hubungan Yang Sehat, Maka Kamu Punya Kesempatan, Juga Kebebasan Untuk Tetap Fokus Pada Masa Depanmu Sendiri Maupun Hubunganmu

Tentu saja, salah satu dampak positif dalam hubungan yang sehat adalah kamu tetap bisa fokus pada impian dan cita-cita yang memang kamu idamkan. Waktumu tidak hanya akan terhabiskan untuk sekedar memikirkan hubungan saja, pasanganmu pun tidak akan membatasi dan menuntut lebih banyak, saat yakin kamu mampu membagi waktu dengan baik. Justru, dia akan mendukungmu untuk maju, dan menghormati segala impian dan pemikiran yang kamu punya.

Hal ini, sebab dalam hubungan yang sehat, kalian sudah saling menanamkan diri, untuk saling percaya satu sama lain, dan menjadikan komitmen hubungan sebagai prinsip hidup yang tidak dapat diganggu gugat. Justru, hubungan akan mulai terlihat tak sehat, jika ada yang mulai saling menuntut dan  menyalahkan dalam hubungan. Jika ada yang merasa lebih superior atau lebih berhak, padahal hubungan sehat itu penuh keadilan antar pasangan.

5. Dengan Menerapkan Hubungan Yang Sehat, Kamu Akan Merasa Lebih Happy dan Santai. Selain Itu Juga Cuek Pada Drama Dari Masalah Yang Muncul

Bagaimanapun, sesehat apapun hubungan yang berusaha kamu ciptakan dengan pasanganmu. Tidak akan lepas dari namanya ujian dan cobaan yang sebenarnya bertujuan untuk lebih mempererat hubungan yang ada. Ujian itu, bisa datang dari internal, ataupun dari eksternal hubungan yaitu orang lain, baik itu pengganggu ataupun keluarga sendiri.

Baca Rekomendasi :   Kamu dan Pasanganmu Selalu Bertengkar? Ini 5 Penyebab Utamanya

Nah, hubungan yang sehat dan komitmen yang kuat, akan membuat baik kamu dan pasanganmu, lebih santai dan cuek pada drama yang sedang dibuat seseorang untuk mengganggu hubungan yang kalian bina. Kalian tidak akan mengambil pusing, bahkan happy-happy saja, meskipun ada masalah yang ditimbulkan oleh orang tersebut. Toh, kalian tahu apapun yang dilakukannya tidak akan membuat hubungan dan ikatan terpecah. Sebab kalian saling percaya, juga saling menguatkan satu sama lainnya.

***

Jadi, bersama pasanganmu, berusahalah untuk menerapkan dan belajar untuk menjalin hubungan yang sehat, juga komitmen yang kuat. Sebab, bukan hanya kebahagiaan yang akan kalian dapatkan, namun ada banyak kebaikan-kebaikan dan dampak positif lainnya, baik untuk fisik maupun psikis yang akan kalian dapatkan.

Nah, jika kamu merasa, pasanganmu atau dirimu sendiri, mulai melenceng, atau tidak lagi mengutamakan hubungan yang kalian jalin. Maka itu kembali padamu dirimu sendiri, terpenting sadarilah, bahwa hidup ini sekali, jadi pastikan kamu bersama seseorang yang mau berjuang bersama denganmu dan pantas untuk diperjuangkan.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page