7 Tips Menjalin Persahabatan Dengan Lawan Jenis Setelah Menikah

  • Bagikan
Allah Yang Mudahkan Segala Urusanmu
Allah Yang Mudahkan Segala Urusanmu

Bapemulu.com – Setelah menikah, bukan hanya hubungan dan karakter yang akan berubah. Tapi,  seluruh hidupmu juga berubah, mulai dari tanggung jawab, komitmen, hingga batasan-batasan dalam berteman baik dengan orang lain baik lawan jenis ataupun sesama.

Sebab pernikahan akan menuntutmu untuk merubah skala prioritas dan memasukkan keluargamu sebagai yang pertama. Kamu bertanggung jawab penuh atas mereka. Sehingga, saat kondisi dan keadaan apapun, keluarga tetap jadi yang utama, dan yang kamu dahulukan terlebih dahulu.

Namun, pernikahan bukan berarti menjauhkan diri dan tak lagi bersilaturrahmi pada kawan dan sahabat-sahabat yang selama ini selalu mendukungmu. Hanya saja, ada batasan-batasan yang harus kamu jaga. Sebab, kamu sadar untuk lebih menghargai perasaan pasangan yang sekarang.

Nah, untuk membantumu dalam menjalin hubungan persahabatan, khususnya dengan lawan jenis setelah menikah, ada 5 tips yang bisa kamu terapkan dalam hubunganmu. Hal ini penting, agar nantinya pasangan tidak salah paham pada hubungan pertemanan yang kamu jalin.

1. Usahakan Untuk Selalu Terbuka Pada Pasangan, Siapa Saja Sahabatmu dan Orang-Orang Yang Dekat Sama Kamu

Pertama dan selalu, dalam hubungan yang sehat selalu dilandasi oleh rasa percaya yang tinggi pada pasangan. Dan rasa percaya itu bisa dipupuk dalam keterbukaan komunikasi dalam hal apapun dan masalah apapun juga. Salah satunya, juga masalah pertemanan dan persahabatan dengan orang lain.

Usahakan untuk mengkomunikasikan tentang pertemanan yang kamu miliki, kenalkan pasanganmu pada mereka. lalu beri pemahaman pada pasanganmu, bahwa mereka adalah orang-orang yang penting pula dalam hidupmu.

Bagaimana selama ini kalian sudah berteman dengan baik, dan saling terbuka satu sama lain. Percayalah, pasanganmu juga akan lebih menghargai kejujuranmu, bahkan juga ikut menjalin pertemanan yang baik pada teman-temanmu

Baca Rekomendasi :   Pria Yang Tak Setia Akan Sulit Menemukan Cinta Sejatinya

2. Jangan Sampai Membuat Pasangan Merasa Tak Di Prioritaskan atau Merasa Orang Lain Lebih Penting Daripada Pasangan dan Keluarga

Nah, yang salah tuh biasanya disini. Kamu masih merasa masih tetap lajang setelah menikah. Sehingga melalaikan tanggung jawab dan peran kamu dalam keluarga yang kamu bina. Bahkan, sampai pasangan dan keluargamu merasa kamu lebih mementingkan orang lain.

Jelas, kamu kurang ilmu dan kurang dewasa dalam hubungan pernikahanmu itu. Boleh saja, kamu hang out sama teman, boleh saja berbagi waktu pula dengan sahabat-sahabatmu. Namun, jangan sampai sampai melebihi waktumu bersama keluarga.

Selain itu pula, dalam keadaan dan situasi apapun keluarga adalah yang utama. Pastikan bahwa kamu lebih bijak dalam persahabatan dan pertemananmu. Tidak hanya terbuka, namun  juga harus membagi waktu secara wajar, tanpa melalaikan tanggung jawab dan keluarga

3. Beri Pula Pengertian Pada Teman-temanmu Bahwa Kamu Bukan Lagi Seseorang Yang Jomblo . Kamu Punya Keluarga Yang Harus Kamu Dahulukan dan Prioritaskan

Pastinya, teman yang baik akan mengerti pula, bahwa kamu bukan lagi, seseorang yang jomblo dan urakan seperti belum menikah dulu. Sekarang kamu sudah berkeluarga dan punya tanggung jawab untuk keluargamu. sehingga umumnya teman yang baik, akan mendukung, juga mengerti saat kamu tak bisa lagi hang out atau bersenang-senang seperti dulu.

Namun, bagi teman yang merasa kamu telah berubah setelah menikah dan tak terima. Cukup berikan pengertian dan pemahaman yang wajar pada dirinya. Pengertian bahwa kamu punya batasan dengan mereka.

Hal itu untuk lebih menghargai pasangan dan keluargamu, juga peran barumu. Lagipula, percayalah, teman yang benar, tulus dan baik, akan selalu mendukung langkahmu, bahkan mengingatkanmu untuk menjadi imam dan pasangan yang baik untuk keluarga kecilmu

Baca Rekomendasi :   Bila Dia Mematahkan Hatimu Dengan Sengaja, Bukti Bahwa Dia Tak Mencintaimu

4. Ajaklah Pasanganmu Di Acara-Acara Bersama Dan Perkenalkan Dirinya Kepada Teman-Temanmu

Selanjutnya, setelah menikah, maka usahakan untuk selalu mengajak pasanganmu dalam setiap kegiatan atau acara yang kamu buat dengan teman-temanmu. Meski itu acara reuni sekolah sekalipun. Di sana perkenalkan pula pasanganmu kepada sahabat dan orang-orang terdekatmu.

Selain pasanganmu akan merasa lebih dihargai. Hal ini pula akan membuatmu semakin menyadari bahwa kamu punya tanggung jawab dan peran baru dalam hidupmu.

Selain itu, dengan memperkenalkan pasanganmu, akan membuat teman-teman juga lebih mengerti dan menyadari bahwa kamu sudah berkeluarga dan wajar jika lebih mengutamakan keluarga. Selain itu pula, menghindari agar tidak adanya salah paham, jika kamu sedang bersama mereka.

5. Jaga Perasaan Pasanganmu Agar Tidak Sampai Cemburu Pada Teman-temanmu

Tidak hanya memberi pengertian, juga saling memperkenalkan. Selanjutnya kamu juga harus menghindari untuk tidak membuat pasangan merasa cemburu pada teman-temanmu. Hal ini dengan cara saling terbuka atas segala masalah dan hubungan kamu dengan mereka.

Jujur pada pasangan, jika kamu memang harus terlambat pulang dan hal remeh lainnya. Intinya jangan sampai membiarkan adanya cela, pasanganmu merasa cemburu dan salah paham pada sikap kamu dan temanmu.

6. Hindarilah Teman Yang Tidak Disukai Pasanganmu Ataupun Membuat Pasangan Merasa Tak Nyaman

Hubungan yang saling mengikat juga berimbas pada perasaan emosional dan feeling yang kuat. Kadang, kamu akan menemukan pasanganmu tak menyukai temanmu dengan alasan yang tak jelas, bahkan cenderung dibuat-buat.

Baca Rekomendasi :   Luruskan Niatmu, Jangan Menikah Hanya Karena Kesepian dan Ingin Bahagia

Nah, semisal hal ini terjadi, maka akan lebih baik untuk kebaikan hubungan. Kamu menghindari dulu teman yang tidak disukai pasanganmu atau membuatnya merasa tak nyaman itu. Bukan apa-apa, hal itu bisa jadi pertanda, bahwa hubunganmu sedang tak sehat atau feeling pasanganmu yang kuat, sehingga berpraduga yang bukan-bukan.

Lebih baik kamu fokus kembali meraih kepercayaan pasanganmu, dan memperbaiki masalah yang terjadi. Kadang feeling pasangan bisa benar, lho. Jadi, saat pasanganmu tak suka pada temanmu. Cobalah untuk menahan diri agar tak emosi dan mencari tahu penyebab ketidak sukaan itu terlebih dahulu.

7. Belajar Untuk Berkomitmen dan Memberi Batasan Pada Dirimu Sendiri Dalam Pertemanan

Sebenarnya semuanya kembali kepada dirimu sendiri. Sadar bahwa kamu punya komitmen yang harus kamu jaga, sadar kamu bukan lagi seseorang yang single lagi, dan sadar pula kamu punya keluarga dan pasangan yang harus kamu prioritaskan.

Dengan semua kesadaran itu, maka kamu secara sendirinya akan belajar untuk menjaga komitmen hubungan dan membatasi dirimu dalam berteman dengan siapa saja, khususnya lawan jenis. Kamu menyadari bahwa kamupun akan merasa cemburu, jika pasanganmu lebih dekat dengan orang lain daripada kamu. Sehingga kamupun juga membatasi diri berteman dengan orang lain.

Nah, yakinlah dengan mengikuti 7 tips di atas, kamu akan mampu menjaga hubunganmu dengan baik. Termasuk, sillaturahmi dengan teman-temanmu, khususnya yang lawan jenis. Sebab teman baik memang merupakan sesuatu yang penting. Jadi, meski setelah menikah usahakan untuk tidak melupakan dan kehilangan orang-orang baik itu, ya …

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page