5 Hal Sepele Yang Bisa Menjadi Awal Perselingkuhan Secara Emosional

  • Bagikan
penyebab selingkuh
penyebab selingkuh

Selingkuh itu bisa dimulai dari mana saja, bahkan dari sesuatu yang sering kita sepelekan yang terjadi dalam hubungan. Sehingga, sedini mungkin, kita harus segera menyadarinya, mencegahnya dan kembali memikirkan komitmen yang sedang dijalani bersama pasangan.

Apalagi, selingkuh bukan hanya dilihat dari kuantitas suatu pertemuan atau sentuhan fisik dengan orang lain, selain pasangan. Melansir Healthline, berdasarkan studi tahun 2017 yang dimuat dalam The Journal of Sex Research, ada beberapa penyebab seseorang selingkuh salah satunya merasa bahwa kebutuhannya tidak diterpenuhi.

Kebutuhan yang dimaksudkan disini, bukan hanya soal kepuasan secara seksual namun juga kebutuhan emosional atau istilah lainnya, kebutuhan batiniah seseorang.

Bahayanya, perselingkuhan seperti ini, awalnya samar dan tanpa disadari sudah terjadi. Namun, seiring dengan waktu, kemungkinan perselingkuhan secar fisik dan nyata juga akan terjadi. Sehingga tentu saja, kemungkinan berpisah juga akan lebih besar.

Bagaimanapun secara naluriah, saat kebutuhannya tidak didapatkan dari pasangan. Maka seseorang akan mencari orang lain. Hal inilah yang akan memicu perselingkuhan terjadi. Sebenanrya ada juga tanda-tanda pacar kamu selingkuh. Nah, berikut 5 Hal Sepele yang Bisa Menjadi Awal Perselingkuhan Secara Emosional

1. Lebih Senang Curhat Masalah Dengan Orang Lain Daripada Pasangan Sendiri

Salah satu tanda perselingkuhan secara emosional, yaitu hilangnya kenyamanan saat berkomunikasi dengan pasangan sendiri dan lebih nyaman curhat dengan orang lain. Hal ini bisa terjadi, karena pasangan terlalu cuek atau menganggap masalah yang terjadi adalah masalah yang sepele.

Baca Rekomendasi :   Istri Bukanlah Orang Lain Yang Kebetulan Kamu Nafkahi. Jadi Penuhi Haknya Dan Bahagiakanlah Dia

Padahal dia tak tahu, bahwa pasangannya sendiri sedang tertekan dan butuh tempat untuk curhat, juga mencari solusi bersama.

Akhirnya, pasangan lebih senang curhat bersama dengan orang lain. Lebih merasa nyaman saat menyampaikan masalahnya kepada seseorang. Bahayanya, apabila orang yang dijadikan teman curhat itu, adalah lawan jenis. Tentu saja, akan memungkinkan tumbuh rasa nyaman dan ketergantungan.

2. Mulai Membanding-Bandingkan Hubungan Atau Pasangan Dengan Orang Lain

Ciri kedua dari perselingkuhan secara emosional, yaitu kurangnya rasa syukur pada pasangan dan hubungan yang tengah dijalani. Merasa bahwa orang lain lebih baik daripada pasangan, hingga mulai membayangkan, jika hidup bersama dengan dia dan dia.

Hal ini juga, umumnya, dimulai dari perasaan tidak bisa menerima kurang lebih pasanganmu seutuhnya. Sehingga, ada perasaan seharusnya kamu bisa mendapatkan yang lebih baik daripada dia.

Tentu saja, meskipun baru dimulai dengan membandingkan pasangan dengan orang lain, baik secara terbuka ataupun hanya dipikiran semata. Akan mengurangi rasa nyaman dan gairah dalam hubungan.

Baca Rekomendasi :   "Kamu Terlalu Baik Untukku" Adalah Alasan Konyol Untuk Sebuah Penolakan

3. Mulai Berani Menumpahkan Segala Curhat, Hingga Mengeluhkan Kekurangan Pasangan Pada Orang Lain

Tahap selanjutnya, yang lebih berani adalah bukan hanya membandingkan pasangan atau menjugde kekurangan pasangan dalam otak atau pikiran sendiri. Tapi, juga mulai mengeluhkan atau mencurhatkan kekurangan pasangan dan hubungan dengan orang lain.

Kamu sudah berani mengatakan bahwa kamu tidak bahagia dalam hubunganmu, mempreteli satu persatu kekurangan pasanganmu di hadapan orang lain. Bahkan tidak canggung dan ragu untuk mengatakan bahwa kamu berharap untuk bisa berpisah dan mendapatkan seseorang yang menurutmu lebih baik darinya.

Tentu saja, hal ini, sama saja kamu sudah membuka aib pasangan dan hubunganmu sendiri. Bukan hanya sudah menunjukkan bahwa kamu tidak bisa menghargai pasangan, tapi juga memang dirimu sudah tak layak untuk dipertahankan.

4. Berharap Dipuji Oleh Orang Lain Melebihi Pasangan. Biasanya Di Tandai, Dengan Keinginan Tampil Lebih Menawan Di Luar Rumah

Seharusnya, masalah penampilan di dalam maupun di luar rumah, tetap harus kamu perhatikan. Saat di dalam rumah, usahakan untuk tampil menarik di hadapan pasangan, begitu pula saat di luar rumah untuk menjaga marwah pasanganmu.

Namun, tentu saja, dalam hal ini diperlukan kerja sama dalam mewujudkannya. Tidak ada yang over melayani dan berjuang, hingga lupa untuk peduli pada penampilan dan mencintai dirinya sendiri. Selain itu, bagaimanapun, tampil menarik di hadapan orang lain, atau ketika masih adanya keinginan untuk dipuji oleh orang lain melebihi pasangan sendiri.

Baca Rekomendasi :   Jangan Merasa Telat Menikah, Meski Umurmu Sudah Pantas

Tentu saja, akan mempertanyakan komitmen yang kamu bangun dalam hubunganmu. Percaya deh, justru sangat aneh, jika kamu ingin dipuji orang lain saat kamu sudah bersumpah setia dengan pasangan.

5. Memberikan Lebih Banyak Perhatian Pada Orang Lain, Seakan Bukan Pasanganmu Yang Menjadi Prioritas Utama Dalam Hidupmu

Perselingkuhan secara emosional, juga bisa dilihat dari kapasitas perhatian yang terlalu berlebihan pada orang lain. Apalagi, jika sampai membuat pasangan dinomor sekiankan atau tidak dijadikan prioritas utama dalam hidupmu.

Dia merasa kamu lebih peduli dan perhatian pada orang lain. Dia merasa bahwa kamu terlalu over protektif pada orang yang bukan siapa-siapa dalam hidupmu. Tentu saja, hal ini, akan menjadi awal keretakan dalam hubungan, sebab merasa sudah tak dianggap dan diabaikan oleh pasangan.

Dan tentu saja, jika tidak segera dicegah, maka kemungkinan pasanganmu akan segera pergi. Oleh sebab itu, kembali evaluasi dirimu dan rentetan perioritas yang kamu buat. Pastikan pasangan dan keluargamu menjadi urutan pertama yang selalu kamu dahulukan.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page