Menjauhlah! 5 Tipe Teman Toxic Yang Membuatmu Stress

  • Bagikan
Pemain secret seven
Pemain secret seven

Bapemulu.com – Faktanya, memilih-milih orang untuk dijadikan teman, memang harus kamu lakukan dan selalu kamu evaluasi. Ini penting, karena pengaruh lingkungan memang akan berakar kuat pada kehidupan yang kamu jalani, juga berpengaruh pada masa depanmu nanti.

Bertemu dengan banyak orang sepanjang waktu, berteman dengan siapa saja dengan berbagai karakter yang berbeda. Akan sangat mempengaruhi langkah dalam hidupmu. Ditambah lagi, memang tak bisa dipungkiri, akan ada teman yang membawa pengaruh baik maupun buruk.

Nah, jika kamu menginginkan lingkungan yang sehat dan positif, juga terhindar orang-orang yang akan membuatmu merasa semakin stress dan tertekan. Maka hindari 5 tipe teman yang seperti ini.

1. Teman Yang Ketika Kamu Curhatkan Masalah, Malah Mengompori Dirimu dan Masalah Itu

Biasanya, alasan berteman itu, karena kamu membutuhkan orang lain untuk mensupport, membantu, menginspirasi dan mengingatkan pula ketika kamu melakukan suatu kesalahan. Sehingga, teman pasti akan ada dalam daftar ketika kamu butuh tempat curhat dan berkeluh kesah.

Nah, saat kamu curhat, kamu sekaligus juga bisa mengevaluasi teman yang benar-benar baik dan positif untukmu. Khususnya, mereka yang tidak akan mengompori masalah dan lebih memanasi hatimu untuk semakin membenci, semakin sakit hati hingga mendendam.

Baca Rekomendasi :   Mencintaimu Dalam Diam dan Doa Adalah Caraku Memintamu Kepada Tuhan

Meski, apa yang mereka lakukan adalah bentuk support sekalipun. Namun, membuatmu menjadi lebih sakit dan stress pada masalah itu, hanya akan menjerumuskan kamu dalam masalah baru yang lebih rumit.

2. Teman Yang Mengajakmu Untuk Kepo Pada Masalah Orang Lain. Biangnya Tukang Gosip

Selanjutnya, teman yang akan semakin membuatmu stress saat berada di dekat mereka, adalah teman tukang gosip atau teman yang ember pada masalah orang lain. Hidupmu akan didorong dan diajak untuk bergibah ria, bahkan ikut membenci seseorang yang tidak kamu tahu dan kenali. Parahnya, kamu juga akan mudah termakan fitnah atau berita tak benar tentang seseorang.

Tentu saja, meski bukan kamu yang dijadikan bahan gosip. Tapi mengikuti teman seperti ini, akan membuat hidupmu terasa useless dan nambah dosa aja jadinya. Hidup kok buat ghibahin dan transfer pahala ke orang lain.

Baca Rekomendasi :   Terima Kasih Masa Lalu, Karena Darinya Kamu Bertemu Dengan Yang Lebih Baik

Padahal kita sendiri tahu, bahwa banyak dosa yang kita lakukan, namun Tuhan sudah begitu baik dengan menyembunyikannya. Belum lagi, jika suatu hari kamu tidak sengaja punya masalah dengan orang itu. jangan kaget, jika nantinya kamu sendiri yang dijadikan bahan gosip dan pembicaraan yang bukan-bukan.

3. Teman Egois Yang Seenaknya Sendiri. Bahkan Merasa Milikmu Adalah Miliknya

Ada lho orang yang senang menjadi beban hidup bagi orang lain. Merasa tidak sungkan, meski tahu bahwa kamu tak menyukai sikapnya atau merasa risih atas kehadiran dirinya. Teman yang seperti ini dijamin akan membuat kamu merasa semakin stress dan tertekan saat dia berada di dekatmu.

Kamu seakan tidak punya kebebasan atas hidup yang kamu punya. Bahkan, dia bergantung, namun seakan mendominasi kehidupanmu.

Apalagi, jika orang atau teman seperti ini, sudah berpedoman, “apa yang kamu punya, berarti juga punya”. Wes ambyar ambyar …

4. Teman Yang Terlalu Santai, Hingga Terkesan Menyepelekan Pertemanan Yang Kalian Jalin

Teman yang seperti ini bukan hanya akan membuatmu stress, tapi sikapnya yang terlalu santai akan sulit untuk menjaga kepercayaan yang kamu punya. Dia terkesan menyepelekan pertemanan yang kalian jalin dan tidak menghargaimu sebagai temannya.

Baca Rekomendasi :   7 Ciri-Ciri Teman Toxic Hingga Bermuka Dua yang Ada Di Sekitarmu

Selain itu, dengan berteman dengan orang terlalu santai, akan membuatmu menjadi ikut-ikutan malas dalam mengerjakan tugas-tugas yang kamu punya. Kamu lupa pada tujuan hidup yang ingin kamu bangun, tidak terlatih lagi untuk mandiri. Bahkan merasa semua hal yang kamu kerjakan tidak ada artinya.

5. Teman Yang Manipulatif, Pandai Memutar Balikkan Keadaan Hingga Playing Victim

Permasalahannya, jika kamu berteman dengan teman yang manipulative adalah, hidupmu akan diarahkan untuk menjadi seperti yang dia inginkan. Sehingga kamu merasa seperti boneka mainannya saja.

Selain itu, biasanya teman yang manipulative juga akan mudah memutar balikkan fakta hingga playing victim. Sehingga jangan kaget, jika kamu tiba-tiba jadi tersangka atas perbuatan yang tidak kamu lakukan atau dibenci oleh orang lain tanpa tahu penyebabnya.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page