5 Cara Menghadapi Pasangan yang Ngebet Menikah Bila Kamu Tak Siap

  • Bagikan
Ngebet Menikah
Ngebet Menikah

Bapemulu.com – Menikah itu bukan hanya soal kesiapan materi atau karena sudah ada pasangannya saja. Tapi, juga butuh kesiapan mental pada tanggung jawab dan beban baru yang akan dipikul. Belum lagi soal kebiasaan atau kegiatan selama lajangmu yang akan berubah 180 derajat, setelah menikah nanti.

Sehingga, meski telah punya pacar atau pasangan. Banyak yang masih merasa ragu dan takut, serta belum siap saat diajak menikah oleh pasangannya. Sebenarnya hal itu bisa dimengerti kok. Tapi sebagai pengingat saja. Pasanganmu ngebet nikah biasanya dengan alasan yang baik pula.

Soalnya, jika terus-terusan pacaran sampai bertahun-tahun itu akan berakibat buruk, bahkan kemungkinan berpisah jauh lebih besar. Sehingga, saat pasanganmu ngebet ingin mengajak menikah tapi kamunya belum siap bahkan terkesan menunda. Jangan salahkan saat dia berhenti berharap padamu dan berpaling pada yang lebih serius dan siap.

Nah, jika kekasihmu masih bisa menunggu, coba terapkan 5 cara ini untuk menghadapi pasangan yang ngebet ingin menikah dan bisa membuatnya mengerti akan kondisimu.

1. Jujur Apa Yang Membuatmu Belum Siap Menikah Itu.

Ngebet Menikah
Ngebet Menikah

Jangan berbohong! Pasti ada alasan saat kamu bilang belum siap untuk menikah dengannya. Entah karena alasan itu dari dirimu sendiri, seperti kamu masih belum siap dan sanggup melepas masa lajangmu, tidak yakin mampu menghidupi pasanganmu secara layak, atau ketika kalian sudah mempunyai buah hati nanti, segala kebutuhan akan semakin banyak dan ribet.

Baca Rekomendasi :   Semua Kesalahan Bisa Aku Maafkan Tapi Tidak Dengan Perselingkuhan

Atau bisa juga alasan itu hadir dari pasanganmu, dimana kamu selama ini yang memang belum yakin bahwa pasanganmu siap untuk diajak menikah. Kamu masih meragukan dirinya, belum sepenuhnya legowo menerima kurang lebihnya, atau kamunya yang br*ngs*k sebab sejak awal tidak punya niat menikahi setelah pacaran.

2. Meminta Waktu Untuk Berpikir dan Berkomunikasi Dengan Keluarga.

Tips Memulai Komunikasi yang Baik Dengan Pasangan
Tips Memulai Komunikasi yang Baik Dengan Pasangan

Cara selanjutnya agar membuat pasanganmu lebih mengerti adalah meminta waktu bagimu untuk berpikir dan berkonsultasi dengan keluarga. Sebab, bagaimanapun menikah bukan hanya perkara dua orang saja, tapi menyangkut dua keluarga besar yang berbeda.

Sehingga saat kamu merasa dirimu belum mantap atau siap, segera konsultasikan dengan keluargamu masalah itu. Alhamdulillah, jika keluargamu juga mendukung dan semakin membuat kamu mantap untuk segera meminangnya. Sehingga, keraguan atau ketidak siapan dalam hatimu bisa pudar.

Baca Rekomendasi :   Yang Kuberi Hanyalah Hal Sederhana, Tetapi Semoga Kamu Tetap Bisa Bahagia

Hal ini sekaligus menjadi catatanĀ  untuk kamu yang masih dalam masa penjajakan, sangat penting pula untuk mendekatkan pasangan dengan keluarga besar. Hal ini, selain untuk kelancaran hubungan kedepannya, kamu dan pasanganmu bisa mendapatkan restu keluarga untuk mencapai keluarga yang SAMAWA nantinya.

3. Yakinkan Pasangan Bahwa Menikah dan Memulai Rumah Tangga Butuh Banyak Persiapan.

Menyesal Saat Sudah Ditinggalkan
Menyesal Saat Sudah Ditinggalkan

Lebih dari mental, umumnya perkara ini lebih ke masalah materi, sih. Belum lagi gengsi jika menikah tanpa resepi yang cukup wah. Ketika kamu hidup dalam masyarakat yang masih saling menjudge, jika ada pernikahan tanpa resepsi yang meriah.

Kamu bisa menggunakan alasan ini untuk meyakinkan pasanganmu. Katakan saja bahwa tabunganmu belum siap. Mahar yang diminta keluargamu belum bisa terpenuhi atau alasan lainnya soal pernikahan dan rumah tangga yang membuatmu belum siap untuk menikah dengannya.

4. Jujur Bahwa Menikah Bukan Menjadi Prioritas Kamu Sekarang.

Kesalahan Fatal Pasangan
Kesalahan Fatal Pasangan

Contoh kamu masih ingin menyelesaikan pendidikan dahulu, ingin mencari pekerjaan yang cukup mapan dahulu atau ingin membangun usaha terlebih dahulu. Jujur saja pada pasanganmu, bahwa menikah bukan menjadi prioritas atau tujuanmu di waktu yang dekat ini.

Baca Rekomendasi :   Fakta, Selingkuh itu Terjadi Ketika Pelakor Ketemu Lelaki Hidung Belang

Kamu masih mempunyai mimpi yang ingin kamu capai dan usaha yang ingin kamu kembangkan. Mungkin, hal ini agar kamu tidak diremehkan oleh orang-orang di sekitarmu atau keluarga pasanganmu

5. Beri Ketegasan Bahwa Kamu Belum Siap Menikah Dengannya.

Berhentilah Membicarakan Masa Lalu
Berhentilah Membicarakan Masa Lalu

Terakhir, cara yang paling umum dilakukan adalah beri ketegasan pada pasanganmu, bahwa kamu memang belum siap menikah terlebih dahulu. Selain masih banyak hal yang belum dipersiapkan, banyak hal pula yang membuatmu ragu dan tak yakin.

Mintalah secara baik-baik padanya untuk menunggu dan jangan terburu-buru. Pastilah, jika dia sangat takut kehilanganmu, dia akan berupaya untuk menurut dan tetap menunggumu.

Namun sekali lagi, saat kamu bersikap seperti ini. Maka jangan salahkan saat dia berpaling dan memilih yang telah siap untuknya.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page