5 Tips Memulai Komunikasi yang Baik Dengan Pasangan, Terapkan ya!

  • Bagikan
Tips Memulai Komunikasi yang Baik Dengan Pasangan
Tips Memulai Komunikasi yang Baik Dengan Pasangan

Bapermulu.com – Bagi pasangan yang baru menikah atau yang masih dalam proses penjajakan. Biasanya akan kaku dan bingung untuk memulai suatu percakapan yang menyenangkan saat bersama. Padahal lewat komunikasi itulah yang akan membuat hubungan menjadi dekat dan intens.

Kamu akan lebih mengenal pasangan, pemikiran dan ketertarikan yang ada diantara kalian berdua. Apalagi jika pasanganmu termasuk orang yang cuek dan dingin. Kamulah yang harus bekerja keras memulai percakapan agar terus bisa mengalir, hingga saling merasa nyaman dan percaya satu sama lain.

Nah, untuk kamu yang bingung bagaimana memulai percakapan dengan pasangan. Coba gunakan 5 tips ini. Semoga tips ini membantumu dan hubungan juga menjadi lebih romantis.

1. Cari Waktu Yang Tepat. Usahakan Percakapan Saat Kalian Berdua Sama-Sama Dalam Keadaan Yang Tidak Sibuk Dengan Pekerjaan Masing-Masing.

Tips Memulai Komunikasi yang Baik Dengan Pasangan
Tips Memulai Komunikasi yang Baik Dengan Pasangan

Mungkin kamu dan pasanganmu bisa membuat jadwal hanya untuk berdua saja. Tidak ada pekerjaan atau hal lainnya yang mampu mengalihkan perhatian saat saling berbincang. Bisa, saat waktu nge-teh di setiap sore, atau ketika sebelum tidur.

Dengan menjadwalkan atau saling fokus sama lain, akan membuat percakapan menjadi mengalir dan lancar. Kamu maupun pasanganmu tidak akan merasa dicuekki, sebab sedang sibuk pada hal lainnya, termasuk handphone atau pekerjaan.

Baca Rekomendasi :   Disetiap Sepertiga Malamku, Kutitipkan Cinta Lewat Doa

2. Bicarakan Apa Saja, Jika Perlu Update Informasimu Pada Segala Hal. Jangan Hanya Fokus Membicarakan Masalah Atau Problem Rumah Tangga.

Menyesal Saat Sudah Ditinggalkan
Menyesal Saat Sudah Ditinggalkan

Kadang percakapan itu menjadi membosankan, saat isinya hanya soal masalah pembayaran ini dan itu atau keluh kesah soal ini dan itu. Tetap isi selingan dengan hal-hal yang uptodate atau hal yang lucu disekitarmu.

Semisal kamu membicarakan soal teman-teman kantormu atau pekerjaanmu. Apa yang kamu lakukan seharian ini, kabar terupdate soal lingkungan tempat kamu tinggal, hingga berita nasional pun bisa menjadi wacana saat komunikasi berdua. Keberhasilan dan tumbuh kembang anak-anak, hingga rencana dan ide masa depan. Bicarakan apa saja dengan pasanganmu.

3. Jangan Mendominasi Percakapan, Buat Pasanganmu Untuk Berbincang Pula. Soal Masalahnya, Bebannya Ataupun Rencana Kalian. Bertukar Ide Dapat Membuat Komunikasi Semakin Menyenangkan.

Kesalahan Fatal Pasangan
Kesalahan Fatal Pasangan

Sebenarnya tidak masalah sih. Jika kamu ingin terus mengeluhkan soal beratnya hari yang kamu jalani dan kejadian kejadian lucu hingga menyedihkan yang kamu temukan hari itu. Tapi, usahakan stop atau jangan terlalu mendominasi percakapan.

Mungkin saja, pasanganmu terlihat biasa saja dan tetap mendengarkan dengan antusias untuk menghargai dirimu. Tapi, ingatlah, bahwa didengarkan tetap lebih menyenangkan daripada sekedar mendengarkan dan membenarkan.

Baca Rekomendasi :   Harta yang Tak Ternilai Ialah Istri Sholehah Yang Menerima Kita Apa Adanya, Setuju?

Berikan kesempatan pula pada pasanganmu untuk menceritakan apapun yang terjadi soal dirinya. Kamu bisa lebih aktif untuk memancingnya ikut berbicara dengan memperlihatkan bahwa kamu antusias mendengarkan ceritanya.

Percayalah, orang yang cuek ataupun irit bicara, bisa saja berbicara panjang lebar saat dia menemukan seseorang yang nyaman baginya. Dan tentunya itu kamu, sebagai partner dan pasangan hidup.

4. Saat Pasangan Berbicara, Bersikap Antusias Dalam Mendengarkan. Itu Penting Agar Pasangan Merasa Di Hargai.

Berhentilah Membicarakan Masa Lalu
Berhentilah Membicarakan Masa Lalu

Jangan mengantuk, ya, saat pasanganmu mulai berbicara padamu. Apalagi, sampai menunjukkan sikap seolah kamu bosan mendengarkan cerita, omongan atau keluh kesahnya. Bisa jadi, dia merasa tak dihargai olehmu, lalu besok diam sepanjang hari. Nah, bingungkan kamu jadinya?

Bersikaplah antusias, sesekali menanggapi dengan sopan saat pasangan sudah selesai berbicara. Bahkan, jika perlu, selain mendengarkan dengan seksama, berikan pula perlakuan yang romantis. Seperti mengelus rambut kepalanya, memeluknya atau membaringkan kepalanya di pangkuanmu.

Tunjukkan bahwa kamu sangat peduli padanya dan buat kalian saling nyaman satu sama lain.

5. Selain Buat Jadwal Ngobrol Berdua. Setiap Ada Kesempatan. Tidak Masalah Kok Saat Kamu Membuka Percakapan Terlebih Dahulu. Tak Perlu Merasa Gengsi.

Jangan Hanya Minta Maaf
Jangan Hanya Minta Maaf

Halah, kalian sudah bersama kok. Jadi, gak perlu pake acara malu-malu ataupun gengsi satu sama lain. Merasa bahwa si doi yang harus memulai percakapan dahulu untuk jaga image. Iya, kalau kamu punya pasangan yang peka, tapi, jika pasanganmu orang cuek. Sampai lebaran monyet pun, betah tuh kayaknya diam-diaman aja.

Baca Rekomendasi :   Jagalah Dia yang Kamu Sayang Sebelum Waktu Membawanya Pergi Darimu

Oleh sebab itu, meski bukan jadwal ngobrol berdua, setiap ada kesempatan tetap bangun komunikasi dengan pasangan. Yah, seperti saat pacaran dululah, setiap menit kirim pesan, mengingatkan sudah makan belum, sudah sholat belum, jangan lupa istirahat dan jangan terlalu capek saat bekerja.

Selain itu, saat kamu butuh bantuan, jangan malu atau ragu untuk meminta tolong pasanganmu. Seperti, meminta tolong untuk membangunkan atau memandikan anak-anak saat kamu sibuk memasak atau kegiatan apapun lainnya.

Intinya jangan nunggu pasangan peka, saat kamu tahu dia orang yang cuek setengah mati. Tidak apa-apa kok manja dan menurunkan gengsi pada pasangan sendiri itu justru pahala, bukan dosa atau aib yang akan merendahkan harga dirimu. Sehingga kalian bukan hanya saling bekerja sama, tapi juga saling membutuhkan satu sama lain.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page