7 Tips Agar Kamu Jadi Orang Asyik Saat Ngobrol Dengan Orang Lain

  • Bagikan
Tips Agar Kamu Jadi Orang Asyik Saat Ngobrol
Tips Agar Kamu Jadi Orang Asyik Saat Ngobrol

Pernah, gak? kamu ketemu dengan beberapa teman. Tapi, merasa sulit untuk berbaur. Sulit pula, saat kamu mencoba untuk memulai obrolan dan ikut nimbrung bersama mereka.

Padahal, saat kamu perhatikan. Mereka terlihat asyik saja dengan pembahasannya. Namun, setiap kali kamu ingin ikut, kamu merasa dirimu sendiri tak asyik, boring dan gak pede aja untuk ikutan.

Nah, tips dibawah ini akan membantumu untuk menjadi orang yang lebih asyik, ketika ngobrol dengan orang lain. Sebab ternyata, ada lho ilmunya supaya kamu lebih pede saat ingin berkomunikasi dengan orang lain.

1. Upgradelah Dirimu Dengan Ilmu, Berita Atau Apapun Yang Menjadi Bahan Obrolanmu Nanti.

Tips Agar Kamu Jadi Orang Asyik Saat Ngobrol
Tips Agar Kamu Jadi Orang Asyik Saat Ngobrol

Kemungkinan besar, kamu malu untuk berbaur atau ikutan ngobrol dengan teman-temanmu. Karena kamu tidak punya bahan obrolan atau gak ngerti pula apa yang mereka omongkan.

Sehingga, sebisa mungkin kamu juga harus mengubah gaya hidupmu, jika ingin bersosialisi.

Mulailah dengan mengupgrade diri lewat banyak pengetahuan, informasi dan berita terupdate atau pengalaman-pengalaman hidup yang menyenangkan baik dari dirimu ataupun orang lain. Dengan begitu kamu tidak akan kehilangan bahan untuk mengobrol.

2. Perhatikan Pembahasan Atau Karakter Temanmu Sebelum Ikut Dalam Obrolan.

Pemeran Utama Golden Blood Series
Pemeran Utama Golden Blood Series

Diam dulu, perhatikan dulu, dan tahu kemana arah pembicaraan adalah tips kedua saat kamu ingin terlihat asyik di hadapan orang lain.

Baca Rekomendasi :   Kenali Tipe Manipulatif Semua Zodiak dan Mulailah Waspada!

Tidak apa-apa, tidak usah terburu pula ingin ikut nimbrung saat belum mengerti dan paham isi pembicaraan.

Dengarkan dulu apa yang mereka bicarakan dan sedikit banyak pahami karakter temanmu. Sehingga, kamu juga dapat memperhatikan apa yang akan kamu ucapkan dan tidak kamu ucapkan nantinya.

3. Jadilah Low Profile. Dengan Tidak Pernah Membedakan Teman Bicara.

Ciri-Ciri Teman Toxic
Ciri-Ciri Teman Toxic

Gak perlu jadi sok eksklusif, yaitu dengan hanya berbicara bersama orang yang kamu suka, orang menurutmu bermanfaat atau orang yang sefrekuensi sama kamu.

Saat kamu ingin mencoba bersosialisasi. Praktekkanlah dengan berteman dengan siapa saja. Jadikan dirimu low profile dengan tidak mudah membedakan orang lain.

Siapapun itu, akan menjadi teman yang asyik saat kamu berusaha berbaur dengan mereka. Bahkan, banyak pula kisah dan pelajaran yang lebih bermakna, yang akan kamu dapatkan dari obrolan itu.

4. Jadilah Sepenuh Hati. Maksudnya Jangan Hanya Tubuhmu Saja Yang Mengobrol, Sedang Pikiranmu Di Tempat Lain.

Yang Sekedar Baik Tidak Akan Pernah Bisa Menggantikan Yang Tulus
Yang Sekedar Baik Tidak Akan Pernah Bisa Menggantikan Yang Tulus

Akan menjadi hal yang percuma saat kamu tidak sepenuh hati dalam obrolan yang sedang kamu lakukan. Pertama teman-temanmu akan merasa tidak kamu hargai. Kedua, kamu tidak akan menangkap sepenuhnya isi pembicaraan, sehingga tidak mengerti.

Baca Rekomendasi :   5 Tips Mudah Mengatur Keuangan untuk Kamu yang Bekerja Freelance

Oleh sebab itu, saat melakukan apapun, lakukanlah dengan sepenuh hati. Baik itu saat bekerja hingga saat ngobrol dengan teman.

5. Jangan Mendominasi Obrolan Dengan Membandingkan Kisah Kamu Dengan Mereka.

He's coming to mee
He’s coming to mee

Ok. Kamu memang punya bahan untuk obrolan dan lancar pula dalam menyampaikannya. Tapi, isi bahan obrolanmu cenderung tidak ada faedahnya untuk orang lain.

Kamu terlalu fokus curhat pada masalahmu atau saat orang lain curhat, kamu justru membandingkannya dengan masalahmu.

Dan percaya, deh! itu gak asyik banget. Mereka yang menjadi pendengar akan merasa bosan, hingga tidak mempedulikan dirimu.

Sehingga dalam obrolan yang sehat dan menyenangkan, beri jeda dan kesempatan teman untuk berbicara juga. Lalu, seperti tips nomor dua. Dengarkan dulu dan pahami dulu arah pembicaraannya.

6. Praktek dan Belajar Bagaimana Komunikasi yang Baik, Juga Memperhatikan Apa Yang Harus dan Tidak Kamu Ucapkan

Komunikasi itu sebenarnya kemampuan kamu dalam berstory telling. Ada saatnya kamu menceritakan pembuka yang umum, memyampaikan klimaks, sampai pada makna atau pelajaran yang bisa diambil dari kisah itu.

Ada banyak tekniknya kok di google. kamu bisa belajar dari sana. Sekaligus mencoba mempraktekkannya dengan teman-temanmu.

Baca Rekomendasi :   Tak Bisa Mencium Belum Tentu Covid, Bisa Jadi Dianggap Cuma Teman

Percayalah, dengan sering berlatih dan belajar, kamu bisa menyusun dulu apa saja yang akan kamu katakan di otakmu. Dan tidak menyampaikan beberapa hal yang memang tidak perlu untuk disampaikan.

7. Berpikir Positif dan Percaya Dirilah. Cobalah Dulu Untuk Ikut Nimbrung Dalam Obrolan Teman.

Kamu udah punya bahan obrolan, sudah mengerti arah pembicaraan dan sedikit banyak sudah mengerti karakter teman-temanmu dalam obrolan itu. Kamu juga sudah mulai menyusun cerita atau omongan yang sekiranya tidak akan membuat orang lain ngerasa bosan.

Sehingga tidak ada tips lain, selain mulailah! cobalah terlebih dahulu dan yakin pada dirimu sendiri.

Kamu tidak akan tahu hasilnya sebelum memulai, kamu tidak akan bisa belajar kalau belum mau mencoba. Meski awalnya masih canggung dan ragu, tetap santai aja dulu.

Karena pasti lama-kelamaan kamu akan berbaur di dalamnya dan cerita yang kamu sampaikan juga akan mengalir, nyambung dan enak didengarkan. Apalagi, jika kamu punya teman-teman positif yang menghargai usahamu dalam obrolan itu. Tentu saja itu adalah modal awal agar kamu tak ragu untuk berbaur dan bergabung dengan mereka.

Semangat MencobaTeman!

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page