Agar Tidak Salah Memilih Jurusan, Perhatikan 5 Hal Ini Terlebih Dahulu

  • Bagikan
Agar Tidak Salah Memilih Jurusan
Agar Tidak Salah Memilih Jurusan

Fakta, banyak sekali mahasiswa yang terhenti di tengah jalan atau perjuangan, karena baru menyadari bahwa jurusan yang mereka pilih itu salah.

Padahal sudah banyak waktu, tenaga dan biaya yang terkuras untuk melewatinya. Namun, karena gegara salah pilih jurusan itulah. Banyak yang tidak lagi bergairah melanjutkan studinya. Mereka memilih berhenti atau pindah jurusan serta memulainya dari awal.

Nah, jadi penting bagi kamu yang akan melanjutkan kuliah untuk memilih jurusan yang sekiranya tidak akan membuatmu berhenti di jalan. Bukannya kenapa? tapi kamu tahu sendiri, jika sampai menyerah banyak sekali kerugian yang kamu rasakan.

Oleh sebab itu sebelum memilih jurusan di perkuliahan. Coba tanyakan 5 hal ini pada dirimu sendiri. Lebih baik, jika kamu sudah memikirkannya saat di sekolah menengah agar nantinya tidak keteteran.

1. Apa Passion Yang Kamu Miliki.

Agar Tidak Salah Memilih Jurusan
Agar Tidak Salah Memilih Jurusan

Tanyakan pada dirimu sendiri dan kenali. Apakah yang kamu suka, ingin jadi apa kamu dan apa yang akan membuatmu menghabiskan banyak waktu. Sesuatu yang membuatmu bergairah untuk fokus di dalamnya.

Baca Rekomendasi :   Usir Kebosanan Dengan Melakukan 4 Hal Ini, Dijamin Terhibur!

Dengan mengenal diri dan passion yang kamu punya. Kamu akan membentuk suatu visi misi dan tujuan di masa depan nanti. Sehingga pilihan jurusan itu akan sesuai dengan apa yang kamu senangi dan tidak merasa rugi menghabiskan biaya, tenaga dan waktu untuk lebih mendalaminya di bangku kuliah.

2. Sudahkah Kamu Membuat Rencana Hidup dan Tujuan Masa Depan.

Setelah mengenali diri dan passion yang kamu punya. Maka buatlah mimpi atau rencana hidup di masa depan. Apakah kamu ingin menjadi ini dan itu. Siap menjalani hidup ini dan itu. Tahu dimana jalan suksesmu dan apa yang akan kamu lakukan setelah kuliah.

Jika bingung dalam merencanakan masa depan, tentu kamu bisa meminta nasehat dari orang tuamu. Orang tua pasti akan membantumu atau mengenalkanmu pada orang-orang yang telah sukses terlebih dahulu. Sehingga, kamu lebih mantap merencanakan masa depan.

3. Sudahkah Kamu Mengenal Jurusan Yang Kamu Pilih Lebih Dalam. Dan Jadi Apa Kira-Kita Kamu Nantinya

Tujuan kuliah itu memang berbeda. Namun, tujuan setiap orang itu satu yang pasti, yaitu jadi orang sukses. Tentu, kamu pun bisa sukses, asal mengenal lebih dalam bidang yang akan kamu ambil dalam jurusanmu itu.

Baca Rekomendasi :   5 Kalimat Pembuka Saat Pacaran Yang Bisa Bikin Spot Jantung

Jadi carilah info sebanyak-banyaknya peluang sukses yang akan kamu dapatkan dari jurusan itu. Jika perlu saat sudah kuliah nanti dekati pula orang-orang yang lebih berpengalaman yang telah sukses terlebih dahulu.

Sehingga kamu tidak ragu untuk memilih jurusan yang kamu inginkan. Sebab kamu pun sudah tahu mau jadi apa nanti dan bagaimana meraih sukses di dalamnya.

4. Apakah Biaya Ekonomi Yang Kamu Miliki Cukup Untuk Kuliah Di Bidang Itu?

Selain Passion, tujuan dan peluang sukses yang kamu pikirkan. Selanjutnya adalah biaya yang harus kamu habiskan selama kuliah tersebut. Tidak hanya untuk membayar semester, praktek, uang gedung, dll.

Kamu juga harus memikirkan biaya hidup, tinggal, makan dan kos. Jika memang jauh dari rumah atau keluargamu. Ini sangat penting, sebab jika tidak kamu pikirkan. Takutnya nanti, di tengah jalan kamu harus berhenti karena terbentur masalah biaya. Sehingga bersama keluarga kamu kalkulasikan secara garis besarnya terlebih dahulu.

Baca Rekomendasi :   Lakukan 6 Rutinitas Ini Jika Ingin Menjadi Pria yang Sukses!

Jika memang tidak mencukupi kamu bisa berusaha memperoleh beasiswa atau bekerja dulu sebelum kuliah atau pula ketika kuliah kamu bisa mengambil pekerjaan sambilan. Pikirkan masalah biaya ini matang-matang ya teman.

5. Apakah Kemampuan Akademik Kamu Meyakinkan dan Cukup Untuk di Kuliah Di Jurusan Tersebut

Sebenarnya untuk poin nomor 5 ini masih ada hubungannya dengan nomor satu, yaitu kenali dirimu sendiri dan passion yang kamu punya, termasuk di dalamnya kemampuan akademik.

Contohnya saja kamu ingin menjadi dokter dan mengambil jurusan kedokteran. Namun, akademikmu dalam pelajaran biologi sangat buruk, tapi kamu tak memperdulikannya.

Iya, kamu tetap bisa saja lulus, namun akan sangat merugikan dan membahayakan jika nanti kamu membuka praktek atau mengobati orang lain.

Sehingga lebih baik kenali juga kemampuan akademikmu dengan menimbang passion yang kamu punya. Sehingga kamu bisa kuliah di jurusan yang benar-benar mumpuni, sekaligus sesuai dengan kemampuan yang kamu punya.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page