5 Hal Penting Untuk Kamu Selesaikan Sebelum Memutuskan Menikah

  • Bagikan
Sebelum Memutuskan Menikah
Sebelum Memutuskan Menikah

Menikah merupakan ibadah sepanjang masa, yang bisa membuat bahagia dan berbuah syurga. Namun ada juga yang menderita karena pernikahan dan membuat hidup serasa di siksa. Bukan hanya itu, kadang berujung pada perceraian.

Bagi kamu yang memutuskan menikah muda, perlu memperhatikan dampak buruk menikah muda apalagi kamu belum siap secara mental dan keuangan. Begitu pula dengan menikah di usia yang ideal dan matang karena umur bukanlah patokan dewasanya seseorang.

Nah, bagi kamu yang sudah mantab menikah dengan niat yang tulus karena Allah. Kamu juga harus menyelesaikan hal penting tentang dirimi sendiri. Beriku ini 5 Hal Penting Untuk Kamu Selesaikan Sebelum Memutuskan Menikah.

1. Pastikan Kamu Sudah Menyelesaikan Urusan Wajibmu Kepada Sang Pencipta.

Sebelum Memutuskan Menikah
Sebelum Memutuskan Menikah

Pernah gak kamu mendengar seletingan, bagaimana dia bisa menjaga kamu sedangkan Tuhannya saja dia tinggalkan. Atua istilah kerennya, Jika sang Penciptanya saja dia tinggalkan, apalagi kamu. Paham kan maksudnya?

Baca Rekomendasi :   Aku Lebih Memilih Terlambat Menikah Daripada Salah Pilih Pasangan

Sebelum kamu menikah, pastikan kamu sudah menyelesaikan tugas-tugasmu sebagai hamba kepada Pencipta. Setidaknya semua kewajiban kamu laksanakan meski belum seperti orang-orang yang benar berhijrah.

2. Jika Kamu Mempunyai Luka Masa Kecil, Pastikan Sudah Selesai.

Ja Phachara Suansri
Ja Phachara Suansri

Tak sedikit dari kamu yang mempunyai luka pengasuhan di masa kecil. Ada yang mendapat kekerasan dan hidup dalam kekurangan. Ada juga yang sangat membenci kedua orang tuanya karena tak pernah menginginkannya.

Nah, bila kamu memutuskan untuk menikah. Pastikan tak ada trauma dengan masa kecilmu karena hal ini akan berpengaruh terhadap cara mendidikmu kepada anak-anakmu kelak. Jangan sampai apa yang kamu rasakan justru dilampiaskan ke kerutunanmu.

3. Begitu Juga Dengan Cinta Masa Lalu, Pastikan Tak Ada Perasaan Lain Lagi Selain Kepada Dia yang Ingin Kamu Nikahi.

Jangan Bermain Dengan Perasaan
Jangan Bermain Dengan Perasaan

Semasa muda, mungkin jiwamu masih banyak terpikat ke beberapa orang. Bahkan mantan-mantanmu juga sudah tak terhitung dengan jari lagi. Kelak bila sudah memutuskan untuk menikah. Pastikan semua cinta masa lalu sudah berakhir dan tak ada perasaan cinta untuknya lagi.

Baca Rekomendasi :   Menyerah Pada Hubungan Yang Toxic, Bukti Sayang Pada Dirimu Sendiri

Karena bisa jadi, jika kamu masih mencintai yang lainnya. Bukan hanya rumah tanggamu yang hancur kelak. Namun ada hati yang sudah bersedia hidup denganmu justru merasakan sakit hati dan kecewa.

4. Perbaiki Hubunganmu Dengan Orang Tua.

Berhenti memberi harapan
Berhenti memberi harapan

Sebenarnya ini masih erat hubungannya dengan luka akibat pengasuhan. Jadi coba maafkan semua hal yang membuatmu terluka dari orang tuamu. Bagun hubungan baik dengan kedua orang tua, iklhas menerimanya dan memaafkan luka atas masa lalu. Karena justru itu akan membuat hidupmu lebih bahagia.

5. Sebelum Mencintai Orang, Pastikan Kamu Mencintai Diri Sendiri.

Don't Say No The Series
Don’t Say No The Series

Jadi sebelum kamu memutuskan untuk mencintai orang lain. Pastikan terlebih dahulu, apakah kamu sudah mencintai dirimu sendiri. Bagaimana mungkin kamu bisa membahagiakan kekasih hatimu kelak, sedangkan kamu sendiri belum bahagia.

Baca Rekomendasi :   Pada Akhirnya Satu per Satu Temanmu Akan Pergi dan Kamu Harus Tetap Berjuang Sendiri

Ini merupakan salah satu parameter seseorang sudah selesai dengan dirinya. Bisa menerima, menghargai dan menyayangi diri sendiri. Tidak lagi menyalahkan, menyesali dan memandang buruk pada diri sendiri.

Nah itu lah 5 Hal Penting Untuk Kamu Selesaikan Sebelum Memutuskan Menikah.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page