4 Makanan Indonesia yang Mendunia, Apakah Ada yang Jadi Favoritmu?

  • Bagikan
rendang
rendang via factsofindonesia.com

Makanan menjadi salah satu bahan eksplorasi tiap wisatawan ketika berkunjung ke suatu daerah. Tak terkecuali wisatawan yang berkunjung ke Indonesia. Beberapa dari mereka menyoroti makanan terenak yang ada di Indonesia bahkan ketagihan mencobanya.

Bahkan ada beberapa makanan khas Indonesia yang terkenal hingga sepak terjangnya ke dunia. Warga dunia semakin menyoroti makanan khas Indonesia ketika kunjungan Mantan Presiden Obama ke Indonesia menyebutkan beberapa makanan khas Indonesia.

Obama selaku Presiden Amerika Serikat pada saat itu menyebutkan makanan Indonesia kesukaannya ketika menyampaikan pidatonya.

Makanan khas Indonesia yang mendunia juga bisa kita lihat ketika ada beberapa daftar makanan favorit di seluruh Indonesia. Beberapa dari makanan tersebut ternyata berasal dari Indonesia.

Karena itulah kemudian begitu banyak orang dari luar Indonesia yang menyoroti makanan itu. Bahkan chef terkenal asal Inggris, Gordon Ramsay pernah memasak makanan Indonesia yang enaknya mendunia ini. Lantas apa saja makanan terenak Indonesia yang ada di dunia?

1. Rendang.

rendang
rendang via factsofindonesia.com

Makanan khas Sumatera Barat yang terdiri dari bahan daging sapi ini terkenal dengan nama Rendang. Rendang bahkan pernah dinobatkan sebagai 50 Makanan Terbaik Dunia versi CNN pada tahun 2017.

Baca Rekomendasi :   Kumpulan Menu Takjil Murah dan Enak Untuk Berbuka Puasa

Setelah itu popularitasnya melonjak naik. Bahkan banyak respon masyarakat dunia yang setuju dengan hasil tersebut. Adapun cara untuk membuat rendang cukup memakan banyak waktu.

Mulai dari rebusan daging sapi yang tercampur santan serta bumbu rempah-rempah lainnya. Tak heran Indonesia sangat unggul dalam sektor rempah-rempah.

Campuran serai, lengkuas, bawang putih, kunyit, jahe dan cabai menjadi rempah untuk memasak rendang. Rebusan daging itu harus berlangsung selama beberapa waktu tertentu. Lamanya rebusan daging ini akan sebanding dengan empuk dan aroma wangi yang nantinya akan timbul.

Chef terkenal asal Inggris, Gordon Ramsay pernah datang langsung ke Sumatera Barat untuk memasak rendang dengan bumbu yang tepat. Ia mengatakan bahwa memang rendang termasuk kaya rasa. Rasanya sangat kuat dan hal itu yang menjadikannya mampu menjadi makanan yang khas.

Baca Rekomendasi :   Jajanan Khas Minang dari Beberapa Kota di Sumatera Barat Ini Wajib Kamu Coba

2. Nasi Goreng

Posisi kedua makanan terenak Indonesia yang mendunia adalah nasi goreng. Tentu aja nasi goreng asal Indonesia juga tidak terlepas dari bumbu rempah yang memiliki rasa kuat. Rasa yang kuat ini menjadikan Indonesia berhasil meraih runner-up.

Tidak ada yang lebih enak dari paduan nasi goreng khas Indonesia. Nasi goreng ini mencampurkan nasi dengan telur, ayam, dan udang. Ketika semua kegurihan bahan pangan hewani itu bersatu dengan rasa rempah khas Indonesia menjadi karya kuliner spektakuler.

Nasi goreng juga dijadikan makanan andalan khas Indonesia versi Kementerian Pariwisata.

3. SateĀ 

Sate disebut sebagai makanan favorit Obama ketika berkunjung ke Indonesia pada tahun 2010. Obama secara langsung memberitahu hal tersebut pada khalayak ramai saat sedang berpidato.

Sate sendiri adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari potongan daging kecil lalu ditusukkan pada lidi bambu. Sate tiap masing-masing daerah di Indonesia beragam. Seperti halnya campuran bumbu pada sate khas Madura dan sate khas Padang.

Baca Rekomendasi :   Selain Batiknya, 5 Kuliner Khas Pekalongan yang Nikmat dan Mengenyangkan

Daging sate sendiri termasuk beragam seperti daging ayam, daging sapi, daging kambing, daging babi, dan lainnya. Variasi dari sate sangatlah banyak. Kamu tinggal memilih mana yang paling pas menurut lidahmu.

4. Bakso

Selain sate, Obama juga menyebutkan bakso. Bakso adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka. Namun sama seperti sate, ada juga ragam variasi bakso yang terbuat dari daging ayam, daging ikan, daging udang bahkan daging kerbau.

Bakso biasanya memadukan gorengan, bihun putih, atau siomay lalu disiram kuah panas. Untuk membuat rasa kuahnya jadi lebih sesuai dengan lidah kita, kita bisa menambahkan saos, kecap, bahkan sambal.

Nah, itu dia beberapa makanan terenak khas Indonesia yang mendunia. Apakah makanan favoritmu ada dalam daftar? Atau adakah yang belum pernah mencobanya? Jika belum mencobanya, kalian harus mencobanya, ya! Tentunya semua makanan tersebut enak dan menggiurkan.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page