4 Hal yang Sering Dilakukan Oleh Orang Narsis Menurut Penelitian

  • Bagikan
Hal yang Sering Dilakukan Oleh Orang Narsis
Hal yang Sering Dilakukan Oleh Orang Narsis

Menurut Susan Krauss Whitbourne, Ph.D., professor psikologi dari University of Massachusetts Amherst, konsep dasar narsisme adalah selalu mencari perhatian orang lain dalam berbagai bentuk misal hobi selfie untuk mendapatkan banyak like.

Sehingga Orang yang narsis bukan hanya dia yang hobi ngaca dan mengagumi dirinya sendiri. Meski anggapan itu memang tidak salah. Sedang menurut para peneliti dari Wilfrid Laurier University Kanada, ada beberapa ciri orang narsis lainnya, yang sering muncul tanpa mereka sadar dirinya sudah narsis.

Jadi buat kamu yang selama ini ngerasa bukan orang narsis. Cek lagi. Bisa saja, kamu sudah mulai narsis, tapi masih belum akut atau belum menyadarinya.

1. Kamu Sulit Untuk Menerima Kritikan Orang Lain.

Hal yang Sering Dilakukan Oleh Orang Narsis
Hal yang Sering Dilakukan Oleh Orang Narsis

Ciri pertama orang narsistik adalah selalu merasa terganggu dengan kritikan orang lain. Dia cenderung akan menanggapinya secara berlebihan seperti dengan marah, ngambek atau kesal.

Baca Rekomendasi :   Catat! Ini 5 Tips Menabung di Bank yang Harus Diketahui Agar Aman

Saat ada orang yang mengkritik dirinya. Baik itu kritikan tajam maupun yang membangun. Orang narsistik memang lebih sensitive terhadap kritik. Dia akan menolak penilaian negative terhadap dirinya.

Sebagaimana konsep dasar orang narsis adalah untuk mencari perhatian orang lain. Kamu yang sulit menerima kritik akan menganggap kritikan itu sama saja merendahkan harga dirimu.

Jadi buat kamu yang cenderung tidak menerima kritikan, maunya dipuji melulu. Awas, kamu sudah mulai narsis tanpa kamu sadari.

2. Kamu Sering Menganggap Peraturan Dibuat Untuk Dilanggar.

Setelah Putus Cinta
Setelah Putus Cinta

Sense of entitlement dari orang yang narsis mencegah mereka untuk merasa perlu mematuhi peraturan yang ada. Apalagi, umumnya, orang-orang yang melanggar aturan biasanya memang untuk mencari perhatian dari sekitarnya.

Baca Rekomendasi :   15 Cara Membuat Masker Alami Untuk Memutihkan Tubuhmu

Sehingga, banyak orang narsis yang menganggap peraturan itu dibuat untuk dilanggar dan menggunakan pelanggarannya menjadi euphoria untuk menarik perhatian orang lain.

Makanya tak jarang orang-orang yang narsis sengaja melakukan tindakan yang nyeleneh dan melanggar peraturan untuk mendapatkan keviralan.

3. Kamu Merasa Punya Kasta Yang Lebih Tinggi Dari Orang Lain

Dalam kehidupan bersosial, orang yang narsis biasanya juga tidak akan mudah berbaur dengan orang yang berada di sekitarnya. Sebab dia merasa dirinya lebih unggul dari orang lain sehingga malas untuk bertanya juga tidak akan mudah memahami sesuatu.

Kembali karena sense of entitlement mereka yang tinggi, membuat mereka juga merasa mempunyai kasta yang lebih tinggi sehingga cenderung mudah merendahkan orang lain.

Baca Rekomendasi :   Bukan Sosmed, 6 Tempat Terbaik Untuk Berbagi Cerita dan Mencari Solusi

4. Sikapmu Sangat Egois dan Juga Menjengkelkan

Menurut penelitian orang narsis juga merupakan orang yang egois pada dirinya sendiri. Mereka mudah untuk membatalkan janji atau meeting dengan orang lain saat dia merasa bahwa urusannya jauh lebih penting.

Selain itu, dia juga selalu ingin mendapatkan perhatian pertama dan merasa harus diutamakan. Sehingga bersikap egois dan tidak menerima penolakan saat menginginkan sesuatu.

Jadi orang narsis bukan hanya orang yang suka mengagumi diri mereka atau suka pamer di sosial media. Saat kamu punya 4 ciri-ciri diatas bisa jadi kamu termasuk orang narsis hanya saja masih belum akut dan masih bisa dikontrol kembali.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page