6 Cara Mengontrol Emosi Saat Sedang Marah Menurut Ajaran Islam

  • Bagikan
Cara Mengontrol Emosi
Cara Mengontrol Emosi

Marah itu adalah salah satu bentuk luapan emosi yang wajar terjadi terhadap siapa saja. Sesabar apapun orang itu, pasti pernah merasakan marah, jengkel maupun kesal. Bedanya ada yang mampu mengontrol amarah, ada pula yang melepaskannya begitu saja.

Padahal, marah jika dilampiaskan, kebanyakan akan membuat masalah baru dan tidak akan menyelesaikan masalah yang sedang terjadi. oleh sebab itu, saat ada masalah dan hati ingin marah. Belajarlah untuk menahannya dan meredamkannya. Kamu bisa menggunakan 6 cara ini untuk membantumu

1. Bila Kamu Marah Dalam Keadaan Berdiri, Duduklah Terlebih Dahulu. Tarik Napas Perlahan Lalu Hempaskan Pelan-Pelan Untuk Bisa Mendinginkan Hati Dan Pikiranmu.

Komunikasikan Berdua Ketika Ada Masalah
Komunikasikan Berdua Ketika Ada Masalah

Pertama adalah dengan menenangkan diri dan hatimu terlebih dahulu. Sebab ketika marah, degub jantung berdetak lebih cepat dan kamu sulit untuk berpikir lebih jernih.

Jika kamu sedang marah sedang posisi berdiri, maka segera dudukkanlah badanmu. Ambil sebanyak mungkin oksigen untuk memenuhi rongga paru-parumu (aliran darah yang lancar akan membuatmu berpikir lebih tenang), lalu hempaskan perlahan bersama semua amarah yang tadinya ingin kamu keluarkan.

Baca Rekomendasi :   Hal yang Perlu Diperhatikan Untuk Pengembangan Minat dan Bakat Anak.

2. Jauhi Hal Atau Tempat Yang Membuatmu Marah. Lebih Baik Mengalah Saja

Saat amarah mulai merasuki hati, maka segera langkahkan kaki menjauhi tempat, hal atau siapapun yang membuat marah tersebut. Buat pikiranmu teralihkan oleh hal lainnya, sehingga amarahmu tidak jadi tersalurkan.

Tidak apa kok mengalah, toh itu sama sekali tidak menurunkan harga dirimu. Justru saat kamu mengalah dan menjauhi seseorang yang toxic, tandanya kamu berusaha untuk menang melawan emosimu sendiri.

Lagipula menghadapi orang toxic itu dengan amarah hanya akan membuang waktu dan energy saja.

3. Berwudhu Atau Membasuhkan Air Dingin Ke Kepala Hingga Wajah, Juga Akan Sangat Membantu Mendinginkan Hati dan Kepala Yang Emosi.

Air itu menyegarkan dan sejuk. Walau memang tidak secara langsung bisa mengurangi amarahmu. Setidaknya segar dan dinginnya air mampu membuat pikiranmu kembali lebih jernih. Emosi yang sudah mencapai ubun-ubun pun juga bisa mereda kembali.

Kamu lebih rileks, sebab amarah yang ada di pikiranmu sudah didinginkan oleh air. Jadi sangat disarankan, ketika kamu marah, justru segera ambil wudhu atau cukup basuh kepala hingga wajahmu menggunakan air.

Baca Rekomendasi :   Tidak Ada Yang Lebih Baik Dari Berbagi Kebahagiaan Dengan Sesama, Setuju?

4. Alihkan Energi Marahmu Pada Hobi Atau Kegiatan Positif. Banyak Orang Yang Menggunakan Makanan Dan Minuman Kesukaan Untuk Meredakan Amarahnya.

Makan coklat, makan banyak, minum minuman kesukaan atau air dingin juga bisa menjadi alternative untuk mengalihkan energy marah yang kamu punya. Apalagi makan dan minum enak, juga bisa mengembalikan moodmu untuk menjadi lebih baik.

Namun, jika kamu sedang diet atau menghindari makan, kamu juga bisa mengalihkan energy kemarahanmu dengan aktivitas lain yang menyenangkan. Melakukan hobi atau olahraga, jalan-jalan ataupun camping. Kegiatan-kegiatan yang mampu menenangkan hati dan membuatmu moodmu semakin membaik.

5. Saat Marah Usahakan Kamu Bersama Seseorang Yang Mampu Meredakan Amarah Kamu Tersebut. Bukan Yang Justru Mengompori Lho Ya.

Tanda Mantan Masih Sayang
Tanda Mantan Masih Sayang

Punya teman baik yang selalu support kamu dalam segala keadaan itu memang baik. Tapi lebih baik lagi, jika kamu punya teman yang selalu mampu menentramkan jiwamu yang gersang ataupun sedang marah.

Baca Rekomendasi :   Percayalah, Jika Dekatmu Dengan Allah Sudah Dijaga, Masalah Apapun Pasti Selesai

Dia tidak akan mengomporimu untuk semakin membenci atau marah, justru mengingatkanmu dan berusaha mengalihkan energy marahmu pada hal yang positif.

Jadi ketika sedang marah, jangan salah mendatangi teman atau sahabat. Datangilah orang yang tepat, yang membuatmu kembali bisa berpikir jernih dan tidak semakin terhasut oleh emosi.

6. Saat Kamu Sangat Mudah Marah dan Kesal Tidak Jelas, Mungkin Itu Tanda Kamu Perlu Break dan Rehat Sejenak.

Tubuh manusia itu bisa memberikan kode ketika dia sudah merasa lelah dan capek, namun kamunya masih belum peka. Bisa dengan mudah marah, mudah mengantuk, mudah lupa, mudah lelah dan mudah jengkel atau kesal pada orang lain.

Itu  bisa menjadi tanda untuk kamu agar rehat sejenak dalam menjalani rutinitas. Itu mungkin pertanda bahwa otak dan tubuhmu perlu refreshing sejenak.

Jadi, ketika kamu merasa mudah marah-marah, hingga kamu merasa sulit untuk mengontrol dan menyesalinya. Lebih baik hindari diri segala aktivitas yang melelahkan, atau coba hobi baru yang mungkin menyenangkan.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page