6 Alasan Suami Dilarang Membentak dan Menyakiti Istri Dalam Islam

  • Bagikan
Suami Dilarang Membentak dan Menyakiti Istri
Suami Dilarang Membentak dan Menyakiti Istri

Kamu seorang muslim dan belajar agama dari kecil ‘kan? Maka seharusnya kamu tahu bahwa islam melarang suaminya untuk membentak istri. Bahkan, ketika istri salah sekalipun, suami harus berusaha membimbing dan mengingatkan istri dengan cara yang baik. Bukan dengan bentakan apalagi kekerasan.

Jadi, Jika kamu mengaku seorang muslim yang baik dan hamba yang taat. Maka pelajarilah kembali ilmu dalam berumah tangga dengan baik. Jangan membentak dan menyakiki istrimu, karena sebaik dirimu biasanya sebaik pasanganmu.

Jika kamu menyerah untuk membimbingnya, maka pulangkan saja dengan cara yang ma’ruf. Itu lebih baik dari menyakiti istri baik secara fisik maupun batin.

1. Membentak Istri Itu Bertentangan Dengan Sunnah Rasululloh SAW.

Suami Dilarang Membentak dan Menyakiti Istri
Suami Dilarang Membentak dan Menyakiti Istri

Sebagaimana hadits yang disampaikan

Sebaik-baik kalian, (adalah) yang terbaik bagi istrinya dan aku adalah orang terbaik di antara kalian terhadap istriku. (HR. Tirmidzi)

Sunnah Rasululloh bukan hanya poligami yang biasanya oleh digaungkan oleh para suami, ya. Tapi, juga memperlakukan istri dengan baik, memenuhi nafkah dan tanggung jawab serta membahagiakan istri lahir batin adalah perilaku Rasululloh SAW yang harus lebih dahulu dan wajib untuk diteladani.

Jadi ketika kamu seorang muslim, mengaku muslim dan mengaku pula ingin mengikuti Sunnah Rasululloh SAW, sudahkah kamu benar-benar memperlakukan istrimu dengan baik?

Baca Rekomendasi :   Karenamu, Aku Rela Kembali Terluka, Lupa Bahwa Perih Adalah Niscaya Dari Cinta

2. Doa Istri Sangat Mustajabah Untuk Suaminya.

Working Mom
Working Mom

Banyak artikel maupun ilmu yang telah mengajarkan bahwa, membahagiakan istri adalah salah satu ikhtiar untuk melancarkan rezeki. Doa istri pada suaminya itu mustajabah. Doa orang yang didzalimi pasti diijabah oleh Allah SWT.

Jadi, ketika kamu menyakiti hati istrimu, membentak dan membuatnya menangis, hingga mendzaliminya dengan ketidak adilan.

Jangan kaget, jika rezekimu seret, usahamu hancur dan jalanmu terasa semakin sulit. Sedang untuk kamu yang memperlakukan istri dengan baik serta mengutamakan kebahagiaannya. Maka insyaAllah rejekimu lancar dan berkah.

3. Menyakiti Istri Sama Seperti Kamu Menyakiti Anak-Anakmu.

Lelaki Tanpa Tujuan Masa Depan
Lelaki Tanpa Tujuan Masa Depan

Benar, mungkin ada mantan istri. Namun, tidak ada namanya mantan anak dan mantan orang tua. Sehingga, ketika kamu menyakiti istrimu dan ibu dari anak-anakmu. Maka, kamu sama saja telah menyakiti hati anak-anakmu pula.

Saat kamu membentak istrimu di hadapan anak-anakmu. Kamu tidak hanya sekedar mengajari mereka hal buruk. Kamu juga telah menanamkan rasa sakit yang sangat mungkin mempengaruhi perkembangan psikologis anak-anakmu di masa depan.

4. Istrimu Adalah Tanggung Jawabmu Sepenuhnya Dan Pengorbanannya Padamu Sangatlah Luar Biasa.

Cara Mengontrol Emosi
Cara Mengontrol Emosi

Sebelum kamu membentak maupun menyakiti istrimu, cobalah ingat bahwa dia adalah perempuan yang sangat berjasa dalam hidupmu selain kedua orang tuamu. Dia yang rela meninggalkan segala kenyamanan dalam rumahnya untuk hidup denganmu.

Baca Rekomendasi :   Kala Takdir Berkata Kita Tak Bisa Bersama, Aku Hanya Bisa Pasrahkan Pada Ilahi

Menerima kamu apa adanya. Merusak tubuhnya untuk melahirkan anak-anakmu. Terkadang membantumu dalam mencari nafkah. Melayanimu sepenuh hati dan menjadi pakaian yang menutupi segala permasalahan rumah tangga bersamamu.

Begitu banyak pengorbanannya, yang tidak mungkin kamu balas, meski dengan bekerja keras seumur hidupmu. Ingatlah! Ketika kamu mengucap ijab Kabul di hadapan kedua orang tuanya, sepenuhnya dia akan menjadi tanggung jawabmu. Dan memang sudah menjadi tugasmu untuk membahagiakannya.

5. Wanita Itu Tercipta Dari Tulang Rusuk Yang Bengkok. Jangan Membentak Atau Memanjakan Dirinya.

Tanda Mantan Masih Sayang
Tanda Mantan Masih Sayang

Ketika istrimu membuatmu marah. Maka bersabarlah dalam menghadapinya. Wanita memang diciptakan dengan emosi yang lebih labil daripada pria. Selain itu, wanita juga diciptakan dari tulang rusuk yang bengkok.

Saat kamu terlalu memaksa meluruskannya, maka dia akan patah dan terluka. Namun, jika terlalu membiarkan dan memanjakannya, dia bisa tersesat dan seenaknya.

Oleh sebab itu, bimbinglah istrimu dengan baik dan dengan cara yang baik pula. sebab, jika kamu berperilaku kasar dan suka membentak. Itu bisa menjadi penyebab perpisahan, yang akan kamu sesali sendiri.

Baca Rekomendasi :   Resolusi 2020: Datanglah, Kamu Ditunggu Ayah dan Ibu di Rumah

6. Perempuan Itu Makhluk Yang Kuat. Namun Sekali Bentakan Dan Amarahmu Bisa Membuatnya Lemah.

Alasan Mendiamkan Pasangan
Alasan Mendiamkan Pasangan

Lihatlah istrimu dengan seksama. Sesekali tataplah wajahnya yang begitu lelah ketika sedang tertidur. Bagaimana dia menyelesaikan semua pekerjaan dalam satu waktu. Mengurus rumah, anak dan dirimu dengan sebaik mungkin.

Tidak pernah mengeluh walau selelah apapun pekerjaannya. Bahkan, ketika dia lupa mengurus dirinya sendiri. Dia tetap tegar dan kuat menjalani segala aktivitas. Dia sebenarnya tidak butuh bantuanmu. Namun, dia sangat berharap kamu mau memberikan bantuan dan perhatian tanpa diminta terlebih dahulu.

Dia akan memastikan semuanya mendapatkan yang terbaik dan bisa mendukung suaminya dalam segala keadaan. Namun, ketika dibentak oleh suami runtuhlah segala pertahanan dan kekuatannya selama ini.

Perempuan itu makhluk kuat, apalagi untuk keluarga, suami dan anaknya. Tapi, ketika kamu tidak menghargai dan membentaknya, maka dia akan terluka. Parahnya, bentakan itu bukan hanya melukai hatinya, namun juga meremuk redamkan seluruh jiwanya.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page