7 Cara Menggali Bakat dan Potensimu, Jangan Bingung Lagi ya!

  • Bagikan
Cara Menggali Bakat dan Potensi
Cara Menggali Bakat dan Potensi

Pencarian jati diri atau potensi serta bakat itu bukanlah hal yang mudah. Kadang, harus melewati proses yang menyakitkan serta butuh jangka waktu yang lama. Bahkan, perasaan insecure dimana merasa diri ini tidak berharga, tidak berguna dan tidak berpotensi juga seringkali menghantui.

Oleh sebab itu, penting bagi siapapun termasuk kamu untuk lebih mengenali dirimu sendiri. Tahu potensi dan bakat yang kamu punya. Apa yang membuatmu nyaman dan berkembang serta menjadi lebih baik.

Sehingga, kamu akan lebih mencintai dirimu dan hidupmu. Kamu akan lebih nyaman dan mensyukuri hidup yang kamu punya. Jadi, kamu mau tahu apa bakat dan potensimu? Coba kenali dulu dengan 5 cara ini;

1. Mengingat Kembali Nilai Terbaikmu Selama Masih Sekolah.

Cara Menggali Bakat dan Potensi
Cara Menggali Bakat dan Potensi

Sekolah itu bukan hanya sekedar proses pembelajaran dan menambah ilmu pengetahuan semata. Namun, juga tempat, kamu untuk memperdalam serta mengenali potensi, pengetahuan dan bakat yang kamu punya.

Cobalah untuk mengingat kembali bidang pelajaran apa yang kamu suka dan mendapatkan nilai terbaik di sana. Misal, ternyata nilai bahasamu bagus, bisa jadi ada potensi di bidang bahasa yang kamu miliki. Nilai matematikamu tertingggi, bisa jadi kamu mempunyai potensi dibidang algoritma atau matematikawan.

Misal, bidang seni atau olahraga yang selalu mendapatkan nilai terbaik. Mungkin kamu punya potensi di bidang tersebut. Sekali lagi, ini bukan masalah peringkat yang kamu dapatkan selama bersekolah. Tapi bidang pelajaran apa yang kamu gemari dan mendapatkan nilai terbaik, karena bisa saja, potensimu terpendam di situ.

Baca Rekomendasi :   Kerjaan Bikin Stres? Ikuti Tips-tips Ampuh Kurangi Stres di Kantor Ini!

2. Jangan Takut Untuk Mencoba Hal Baru.

Tanda Ketergantungan Pada Pasanganmu
Tanda Ketergantungan Pada Pasanganmu

Kedua, setelah kamu tahu arah mana yang harus kamu tuju. Jangan takut untuk mencoba hal baru dan mengeksplor diri dalam berbagai kegiatan baru tapi juga bermanfaat untukmu. Misal, karena kamu merasa yakin dirimu cukup bagus dibidang bahasa inggris, cobalah untuk menjadi guide, translator atau penerjemah.

Misal, karena kamu merasa senang untuk berkomunikasi, jangan takut untuk mencoba menjadi public speaking atau pembicara. Kegemaran melukis, menulis atau berolahraga, jangan takut pula mencoba hal baru di bidang itu.

Dengan syarat, kamu mempunyai pondasi yang kuat, semisal dukungan baik dari keluarga dan teman, kamu terus dan mau belajar dalam menekuni bidang yang kamu inginkan. Mencoba hal baru, akan membuatmu mempunyai banyak pengalaman sekaligus lebih mengasah potensi yang kamu miliki.

3. Kenali Hobi dan Memperdalam Minat

Perlu kamu ketahui, bahwa hobi itu biasanya seiring dengan potensi yang kamu miliki. Misal, kamu punya hobi bernyanyi atau bermusik, berarti kamu juga punya bakat dan potensi dalam bidang tersebut. Oleh sebab itu, penting untuk menekuni hobimu yang positif dan memperdalam minatmu dengan terus belajar serta mencoba hal-hal yang baru.

Baca Rekomendasi :   Allah Membenci Orang yang Menguap dan Setan pun Tertawa, Benarkah?

Maka tanpa kamu sadari, potensi dan bakatmu juga akan berkembang dengan sendirinya. Karena hobi itu juga cerminan dari potensi terpendam yang kamu miliki.

4. Tanya Orang Sekitar dan Terdekat

Jika kamu masih saja bingung. Sudah mencoba berbagai macam hal namun masih merasa belum menemukan potensi yang kamu punya. Kamu juga bisa bertanya pada orang terdekatmu. Khususnya orang tua yang mengiringi perjalanan hidupmu.

Apalagi orang tua yang baik pasti akan benar-benar memperhatikan perkembangan anak-anaknya, bahkan mengarahkan mereka pada potensi dan bakat yang dimiliki.

Kamu bisa berdiskusi dengan orang yang kamu percaya dan sayang itu. minta pendapatnya, saat ingin terjun atau mencoba sesuatu. Kamu bisa menanyakan pada mereka “Menurut kalian, hal positif apa saja yang aku punya?”

Lalu catat semua jawaban yang kamu dapatkan dan cobalah jawaban yang paling banyak kamu dapatkan.

5. Berhenti Merasa Insecure Pada Diri Sendiri dan Mulailah Melakukan Hal Yang Membuatmu Nyaman

Terkadang kamu tidak segera menemukan bakat dan potensimu, karena kamu sendiri yang membuatnya seperti itu. kamu merasa takut, ragu dan tidak yakin pada dirimu sendiri. Kamu merasa gagal, bahkan sebelum kamu mencoba sesuatu.

Baca Rekomendasi :   5 Kelebihan dan Kekurangan Zodiak Capricorn, Setuju Gak?

Maka, untuk mengenali potensi yang kamu punya. Berhentilah untuk merasa insecure pada dirimu sendiri. Gali motivasi dan keyakinan bahwa kamu pasti memiliki bakat serta kemampuan hebat dalam dirimu. dan mulailah melakukan kegiatan atau pekerjaan yang membuatmu nyaman.

6. Tinggalkan Lingkungan Toxic

Lingkungan sangat berpengaruh pada cara berpikir bahkan tujuanmu di masa depan nanti. Oleh sebab itu, saat kamu ingin menemukan potensi dan hal positif yang bisa kamu lakukan, maka tinggalkanlah lingkungan yang menghambat kreativitas yang kamu punya.

Apalagi, lingkungan yang toxic juga sangat berpengaruh pada perasaan insecure pada dirimu sendiri. Sehingga, kamu harus segera menghindarinya, membangun aura positif yang kamu punya dan menggali potensi dan bakatmu.

7. Konsultasi Dengan Ahli

Terakhir kamu bisa menggunakan jasa ahli untuk mengetahui bakat dan potensi yang kamu punya. Kamu bisa menceritakan perjalanan hidupmu pada mereka, sehingga mereka bisa menganalisis potensi apa yang kamu miliki. Bahkan merekomendasikan beberapa bidang yang mungkin cocok untuk kamu jalani.

Para ahli tidak hanya akan memberikan advice, tapi dengan tools yang akan menunjukkan hasil dari potensi terbaik yang kamu miliki. Kamu bisa mencoba saran dan petunjuk dari mereka, lalu menggali potensimu sebaik mungkin.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page