5 Game Edukasi Gratis Menarik untuk Anak di Plays.Org

  • Bagikan
Plays.org
Plays.org

Kebijakan belajar di rumah untuk siswa yang diberlakukan sejak pandemi, membuat orang tua mau tak mau ikut turun tangan. Mulai dari membantu anak menggunakan aplikasi panggilan video untuk kelas online, membantu mengerjakan tugas, hingga mendorong anak agar tetap bersemangat belajar.

Namun, ada kalanya anak-anak bosan dengan cara belajar yang dijalankan sehingga orang tua mesti kreatif mencari metode yang lebih menyenangkan. Nah, salah satu cara yang dapat Anda coba ialah mengajak anak belajar melalui game-game asyik yang ada di Plays.org.

Plays.org merupakan sebuah situs untuk bermain game online yang dapat dijalankan gratis tanpa batas. Bermain di sini, pengguna tidak perlu membayar untuk menaikkan level dan tidak perlu mendaftar untuk mengakses situs. Pengguna dapat memainkan berbagai genre game langsung dari peramban tanpa harus mengunduh aplikasi terlebih dahulu. Menarik bukan?

Berikut ini ulasan beberapa game edukasi gratis di situs ini yang kami rekomendasikan. Atau kamu bisa langsung mengunjungi websitenya di https://plays.org/.

Plays.org
Plays.org

1. Guardians Defenders of Mathematica

Anak susah belajar matematika? Game ini dapat menjadi media mengajarkan mereka memecahkan soal-soal matematika sederhana sambil bermain. Sebelum memulai permainan, pemain dipersilakan memilih karakter yang diinginkan dari 24 karakter yang tersedia. Selanjutnya, pemain dibawa masuk ke arena training sebelum menuju ke permainan yang sesungguhnya.

Baca Rekomendasi :   15 Cara Membuat Masker Alami Untuk Memutihkan Tubuhmu

Dalam game ini, pemain dapat memilih bentuk soal dari 16 kategori yang tersedia, seperti;  pengurangan dan penambahan, kelipatan, pecahan, pembagian, serta perkalian. Untuk memenangkan permainan, setidaknya pemain harus menjawab benar 7 dari 10 pertanyaan.

Permainan dimulai ketika karakter yang dipilih pemain berhadapan dengan musuh. Ketika pemain berhasil menjawab dengan benar, musuh akan terluka. Begitu pun sebaliknya. Jika berhasil memenangkan satu level, maka pemain berhak menuju ke arena permainan selanjutnya.

Selain melatih kemampuan dalam mengerjakan soal matematika, game ini juga melatih kemampuan dan ketelitian membaca soal. Oleh sebab itu, game ini cocok untuk anak usia 9 – 11 tahun.

2. Zombie Typing Practice for Kids

Khusus untuk meningkatkan kecepatan dan ketepatan mengetik, Plays.org menyediakan game seru ini. Game ini memiliki tampilan yang sederhana dan instruksi yang mudah dipahami. Untuk memainkannya, pemain harus mengetik kata yang ada di bawah zombie yang berjalan. Jika kata yang diketik betul, zombie akan mati. Begitu seterusnya.

Setelah berhasil membunuh semua zombie, pemain akan masuk ke level selanjutnya yang disebut Wave. Mulai dari Wave 1, 2, 3,  dan seterusnya, kecepatan berjalan zombie meningkat dan kata yang keluar pun semakin kompleks. Tak hanya untuk anak, game ini juga cocok untuk orang dewasa yang sedang belajar mengetik cepat.

Baca Rekomendasi :   Jadilah Perempuan Yang Tegas, Apalagi Saat Berada Dalam 4 Kondisi Ini

3. Poddle Weigh In: Weight Measuring Balance Game

Game edukasi ini cocok untuk anak-anak usia pra sekolah. Permainan yang disajikan sederhana dan terdiri dari satu level saja. Dalam game ini, pemain harus memberikan nomor pada karakter yang naik ke atas timbangan dengan cara memilih anak timbangan dengan nomor 1, 2, 3, dan 4.

Di sini terdapat 10 karakter kartun memiliki berat berbeda-berbeda. Tugas pemain ialah memastikan anak timbangan yang dipilih sama beratnya dengan karakter kartun tersebut. Jika anak timbangan terlalu berat, pemain harus mengurangi dan mengganti anak timbangan lain sampai beratnya sama. Game ini cukup efektif untuk mengajarkan anak berhitung dan mengira-ngira berat sebuah benda ketika ditimbang.

4. Learn With Smurfs: Letter and Number Learning Game

Game edukasi ini cocok untuk anak usia 4-5 tahun, terutama untuk anak yang baru mengenal huruf dan angka. Sebelum memulai permainan, pemain dapat memilih mode yang tersedia yaitu huruf, penambahan bilangan, dan berhitung.

Baca Rekomendasi :   5 Bukti Bahwa Kamu Jatuh Cinta Pada Teman Lelakimu

Permainan yang sederhana dengan karakter Smurfs yang lucu ini cocok dijadikan selingan dari belajar melalui buku atau belajar secara langsung. Tentunya anak tidak akan jenuh dan lebih semangat belajar, bukan?

5. Elinor Wonders Why: Elinor Backyard Life

Permainan ini diciptakan untuk mengenalkan lingkungan alam kepada anak-anak. Dalam petualangan di belakang rumah, Olive si Gajah akan mengajak pemain mengenal tanaman dan hewan yang ditemukan di sana.

Pemain diarahkan untuk membuat sebuah ekosistem sendiri yang terdiri dari batu, kayu, tanaman, dan binatang. Pemain juga diajak mengenal tanaman dan hewan melalui petunjuk yang ada di dalam buku yang dibacakan oleh Olive. Olive juga memberikan informasi menarik dari hewan-hewan yang ditemui oleh pemain. Melalui petualangan bersama Olive ini, anak dapat lebih mengenali alam sekitar dan makhluk hidup yang ada di dalamnya.

Masih banyak game edukasi lain yang dapat Anda temukan dari Plays.org. Cukup ketikkan kata kunci education di kolom pencarian, maka berbagai jenis game untuk belajar akan muncul. Situs game online ini juga memiliki menu New Games berisi game-game terbaru, My Faves berisi game-game favorit Anda, dan Random Plays yang menyuguhkan permainan secara acak untuk dimainkan.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page