5 Tanda Kamu Sedang Depresi, Segera Periksakan Dirimu

  • Bagikan
Tanda Kamu Sedang Depresi
Tanda Kamu Sedang Depresi

Beberapa orang menganggap bahwa depresi selalu berkaitan dengan perasaan tidak bahagia. Depresi sebenarnya merupakan suatu istilah yang sering orang pakai untuk menggambarkan suasana hati yang buruk.

Namun ternyata depresi bukanlah hanya sebatas itu saja. Depresi mayor lebih komprehensif dan jauh lebih rumit. Gejala yang harus dapat dibedakan adalah apakah hal itu merupakan depresi atau hanya sekedar kesedihan dalam hidup.

Beberapa tanda dapat menjadi pedoman pasti apakah seseorang benar-benar mengalami depresi atau tidak. Terkadang perasaan dan suasana hati yang sangat buruk menjadi proses untuk penyembuhan dan pemulihan.

Tanda-tanda peringatan ini berfungsi untuk melihat apakah sudah waktunya bagi kamu pergi berkonsultasi mengenai masalah kesehatan mental atau tidak. Berikut adalah tanda-tanda yang bisa menandakan depresi, antara lain:

 1. Tidak memiliki harapan.

Tanda Kamu Sedang Depresi
Tanda Kamu Sedang Depresi

Depresi berat adalah gangguan suasana hati yang sangat mempengaruhi cara pandang kamu melihat kehidupan. Kehidupan yang tergambar ketika depresi sangatlah kosong. Sebab kamu menjadi sangat putus asa atau tidak berdaya dalam hidup. Kamu akan menjadi orang yang tidak punya gairah dalam hidup.

Baca Rekomendasi :   Asam Urat Bikin Kamu Ga Bisa Jalan-jalan Sama Si Dia? Coba Makan Buah-buahan Ini

Selain itu gejala depresi yang paling umum adalah kamu merasa tidak akan berhasil dalam melakukan apapun. Rasanya ingin untuk meninggalkan semuanya dan berlari entah kabur kemanapun. Belum lagi merasa tidak berharga, membenci diri sendiri dan rasa bersalah yang tidak pantas. Semua pemikiran seperti itu terjadi secara berulang dalam kepala dan tidak bisa terkendali apalagi berhenti.

2. Kehilangan minat dengan apapun

Jika dulu kamu sangat bersemangat ketika melakukan hal-hal yang kamu suka, maka depresi membuatmu menjauhi itu semua. Tidak perduli seberapa senang kamu melakukannya, kesenangan dan kenikmatan untuk melakukannya tidak ada lagi. Semua minat atas suatu hal hilang menguap begitu saja.

Penarikan diri juga terjadi ketika berkaitan dengan hobi yang dulu. Kamu tidak akan merasa senang lagi melakukan kegiatan positif yang cenderung membawa kebahagiaan. Contohnya seperti olahraga, hobi melukis, gemar membaca, atau jalan-jalan menghabiskan waktu dengan teman-teman. Hal ini juga terkadang terjadi pada gairah seks.

Baca Rekomendasi :   Manisnya Buah Naga Bisa Ngalahin Janji Manis Si Dia, Yuk Intip Khasiatnya!

3. Peningkatan kelelahan dan masalah tidur.

Zodiak Paling Bahaya
Zodiak Paling Bahaya

Ada alasan mengapa kamu mungkin berhenti melakukan hal-hal yang kamu suka. Hal ini berkaitan dengan ketika melakukannya kamu merasa sangat lelah. Depresi seringkali datang dengan tanda kekurangan energi.

Tidak hanya itu, perasaan berlebihan yang membuat kita menjadi lemah juga jadi salah satu gejala depresi. Ketika depresi melanda, ada dua pilihan bagi setiap orang.

Mereka akan memilih antara melelapkan diri mereka dengan tertidur sehingga tidak perlu menghadapi kenyataan. Selain itu ada juga yang insomnia alias suasana hatinya tidak bisa membuatnya tertidur. Berbagai macam pikiran yang negatif juga membuatnya tidak bisa tertidur. Kurangnya kualitas tidur, tidur nyenyak juga dapat menyebabkan kecemasan.

4. Kecemasan tiada henti

Gejala depresi yang sangat berat dapat menyebabkan kecemasan. Rasa sangat cemas dan depresi seringkali terjadi secara bersamaan.

Gejala kecemasan dapat berupa kegugupan, kegelisahan, atau perasaan tegang, perasaan bahaya, panik, atau takut, detak jantung cepat, pernapasan cepat, berkeringat meningkat atau berat, gemetar atau otot berkedut, kesulitan fokus atau berpikir jernih tentang apapun. Semua gejala cemas tersebut tentunya terasa sangat tidak nyaman ketika beberapa orang rasakan.

Baca Rekomendasi :   Efek Samping Penggunaan Hairdryer Sebagai Pengering Rambut

5. Emosi tidak terkendali bahkan berpikir bunuh diri

Ketika kamu mengalami depresi berat, rasa emosional akan meledak begitu saja. Kamu tidak akan bisa mengatur atau mengontrol perasaan kamu. Emosi kamu naik turun begitu saja.

Bahkan dalam tahap paling parah, kamu bisa memikirkan untuk menyerah dengan kehidupan dan bunuh diri. Orang dengan gejala depresi berat akan melukai diri mereka sendiri dan menyakiti orang lain.

Nah itu dia beberapa gejala depresi yang harus kita perhatikan bersama. Jika kamu sedang mengalami beberapa dari poin tersebut atau bahkan semuanya, maka segera putuskan untuk menemui ahli kesehatan mental. Kamu bisa pergi ke psikolog terlebih dahulu. Ayo mulai peka dan peduli dengan kesehatan mental kita!

Nah itu lah 5 Tanda Kamu Sedang Depresi, Segera Periksakan Dirimu ya!

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page